Kamis 23 September 2021, 12:58 WIB

Ada Klaster Sekolah, DPR Minta PTM Tetap Berlanjut

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Ada Klaster Sekolah, DPR Minta PTM Tetap Berlanjut

MI/Rudi Kurniawansyah
Ilustrasi

 

MUNCULNYA klaster baru covid-19 karena digelarnya pembelajaran tatap muka (PTM) tidak menghentikan proses PTM justru harus menjadi bahan evaluasi ke depannya.

"Publik dan media menanyakan klaster baru pelaksanaan PTM yang terjadi di 3 kabupaten di Jawa Tengah. Pada momentum ini Komisi X DPR pada posisi PTM harus terus berjalan," ujar Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda dalam Rapat Kerja dengan Kemendikbud-Ristek, Kamis (23/9).

Menurut Syaiful terjadinya klaster baru di sekolah itu merupakan angka presentase yang kecil dibanding dengan hampir 50 juta siswa yang menyelenggarakan PTM.

Baca juga : Puan Maharani Apresiasi Langkah Pemda Berhati-Hati Selenggarakan PTM

"Karena itu publik harus mengetahui bahwa salah satu jalan terbaik dalam mengurangi learning loss adalah PTM ini tetap dijalankan," jelasnya.

Diketahui 1.301 sekolah di Indonesia menjadi klaster covid-19 selama penyelenggaraan PTM terbatas. Jumlah tersebut merupakan 2,8% dari total sekolah yang sudah memulai PTM terbatas, yakni 46 ribu sekolah di semua jenjang.

"Itu angka presentase yang kecil dibandingkan dengan ketika ada tingkat penularan hampir 350 ribu anak-anak itu di luar PTM," jelasnya.

Karena itu, lanjut Syaiful, DPR meminta peristiwa di 3 kabupaten ini pemda melakukan langkah mitigasi dibantu dengan dinas pendidikan setempat untuk dilakukan langkah perbaikan, tapi semangatnya menunda PTM tapi perbaikan dari yang sudah terjadi klaster. (OL-2)

 

Baca Juga

Antara

Raja Ampat dan Merangin Diusulkan jadi Unesco Global Geopark

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 14:05 WIB
INDONESIA berencana mengusulkan geopark Raja Ampat di Papua Barat dan Geopark Merangin di Jambi sebagai Unesco Global Geopark...
Ist/Youtube

Saat Pandemi Kesadaran Asuransi Naik, Prinsip Dasar Asuransi Perlu Dipahami

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 13:17 WIB
Ribuan korban jiwa melayang akibat pandemi Covid-19 telah memaksa masyarakat kembali mengkaji ulang cara pandang mereka terhadap...
MI/ADI KRISTIADI

Kemendikbud-Ristek Terus Berupaya Atasi Kedaruratan Guru

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 12:57 WIB
Kemendikbud-Ristek memberikan afirmasi 100 persen pada 2 kategori yakni guru honorer yang memiliki sertifikat pendidik dan guru honorer...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya