Senin 20 September 2021, 17:03 WIB

Kemensos Targetkan 4,3 Juta Anak Yatim Terima Bantuan di 2022

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Kemensos Targetkan 4,3 Juta Anak Yatim Terima Bantuan di 2022

ANTARA/IRWANSYAH PUTRA
Menteri Sosial Tri Rismaharini (dua kanan) menyerahkan bantuan Atenis kepada anak yatim di Desa Tingkem, Aceh Besar, Aceh, Kamis (2/9/2021)

 

Melalui program Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) Anak Yatim Kemneterian Sosial (Kemensos) menargetkan pemberian bantuan untuk 4,3 juta anak di 2022.

"Adapun anggaran yang diperlukan mencapai Rp11,6 triliun. Berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dihitung per Januari 2022 ada 4.386.984 anak yatim," kata Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dalam Rapat Kerja dengan Komisi VIII di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (20/9).

Dengan rincian terdapat 4,3 juta anak yatim usia sekolah dan 933 ribu anak yatim belum sekolah. Indeks bansos yang diberikan pun berbeda, Sebesar Rp200 ribu diberikan kepada anak yatim usia sekolah.

Baca juga:  Gaji Guru PPPK Masuk dalam Alokasi DAU

Sebesar Rp300 ribu diberikan kepada anak yatim belum sekolah dengan rentan waktu per bulan selama 12 bulan. "Indeks bantuan ini kami ambil seperti yang ada di PKH persis sama unsurnya jadi sama untuk yang anak sekolah dan belum yang sekolah," ujarnya.

Risma menjelaskan bantuan Atensi ini termasuk untuk anak yatim yang orang tuanya meninggal akibat covid-19 dan bukan covid-19. Anak yatim tersebut terdata di balai-balai, lembaga, dan rumah yatim.

Di kesempatan yang sama Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto mengatakan usulan penambahan anggaran sebesar Rp11,6 triliun seharusnya wajib disahkan karena untuk membantu anak yatim.

"Untuk yang Rp11,6 triliun sepertinya wajib itu bu untuk anak yatim bu. Selama 76 tahun Indonesia merdeka belum pernah itu ketok palu untuk anak yatim jadi ini sejarah," ujarnya.

"Sehingga kalau Menteri Keuangan tidak setuju atas usulan tersebut keterlaluan menurut saya bu," pungkasnya. (H-3)

 

Baca Juga

Ant/Destyan Sujarwoko

Sejarah Berdirinya Kerajaan Majapahit

👤Farrel Ardan 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 10:15 WIB
KERAJAAN Majapahit merupakan kerajaan Hindu-Budha terakhir di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16, terbesar di...
Ist/Kemensos

Mensos Beri Perlidungan Anak Disabilitas Korban Kekerasan di Balai Kemensos

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 09:53 WIB
Mensos juga menginstruksikan jajaran terkait di Kemensos untuk mengawal kasus pidana di ranah hukum, agar pelaku mendapatkan sanksi...
Ist

Peringati Hari Guru Nasional, Para Pengajar Muda Dikirim ke Maluku Barat Daya  

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 09:43 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan mengapresiasi segala bentuk kolaborasi dan program yang dapat memberikan dampak positif...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya