Rabu 15 September 2021, 15:58 WIB

Vaksin Tahap Ke-62 Tiba, Pemerintah Dorong Vaksinasi Lansia dan Remaja

Mediaindonesia.com | Humaniora
Vaksin Tahap Ke-62 Tiba, Pemerintah Dorong Vaksinasi Lansia dan Remaja

DOK Kemenkominfo.
Realisasi vaksinasi untuk kelompok masyarakat lansia baru sekitar 26,43% untuk dosis 1 dan 18,73% untuk dosis 2.

 

RABU (15/9) siang ini, pemerintah kembali kedatangan vaksin covid-19. Kedatangan kali ini merupakan kedatangan tahap ke-62 berupa vaksin Pfizer dalam bentuk jadi sejumlah 274.950 dosis.

"Dengan kedatangan ini membuat total vaksin yang sudah tiba di Indonesia dalam bentuk bulk dan Jadi sekitar 240 juta dosis," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong, Rabu (15/9).

Menurutnya, ketersediaan vaksin covid-19 dipastikan aman dan dapat mendukung percepatan vaksinasi dengan target 2 juta orang per hari. Dia memastikan pemerintah terus berupaya keras untuk mendatangkan vaksin dan segera menyalurkannya ke seluruh lokasi vaksinasi di Indonesia.

Usman melanjutkan pemerintah akan berfokus untuk menggenjot vaksinasi untuk kelompok lansia dan remaja. Tercatat, realisasi vaksinasi untuk kelompok masyarakat lansia baru sekitar 26,43% untuk dosis 1 dan 18,73% untuk dosis 2. Realisasi vaksinasi kelompok remaja mencapai 11,83% untuk dosis 1 dan 8,12% untuk dosis 2.

Dirjen IKP itu menjelaskan, vaksinasi untuk kelompok lansia sangat penting karena kelompok tersebut memiliki tingkat kematian akibat covid-19 cukup tinggi. "Adapun vaksinasi untuk kelompok masyarakat usía 12-17 tahun juga perlu dipercepat untuk mendukung kelancaran pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas secara aman," ujarnya.

Baca juga: Sentra Vaksinasi Covid-19 Universitas Budi Luhur Diikuti Lebih Dari 50 Ribu Orang

Usman juga mengingatkan, selain vaksinasi, memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan, serta penguatan 3 T (testing, tracing, dan treatment) merupakan langkah penting mempercepat pemulihan kesehatan, membangkitkan produktivitas, dan mengakhiri pandemi. "Ayo tetap disiplin memakai masker. Bagi yang belum segera divaksinasi. Jika sudah, ajak orangtua, keluarga, saudara, orang di lingkungan sekitar untuk divaksinasi," kata Usman. (RO/OL-14)

Baca Juga

Mi/Briyanbodo Hendro

Rerie : Ledakan Positif Covid-19 masih Rawan Terjadi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 September 2021, 17:40 WIB
''Ancaman ledakan kasus positif Covid-19 masih sangat besar tanpa kepatuhan penerapan prokes dan 3T dalam keseharian," kata...
Mi/Supardji Rasban

Kemendikbudristek Jelaskan Kekeliruan Data Klaster PTM

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 24 September 2021, 17:15 WIB
Data tersebut didapatkan dari laporan 46.500 satuan pendidikan yang mengisi survei dari...
Antara

Literasi Masyarakat Indonesia Rendah karena Kurangnya Akses dan Waktu

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 24 September 2021, 17:05 WIB
Literasi masyarakat masih lemah karena kurangnya akses kepada buku bacaan dan waktu, bukan karena rendahnya minat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

El Diablo Waspada Sodokan Pecco

Trek lurus sepanjang 1,2 kilometer di Circuit of The Americas, Austin, AS, dapat dimanfaatkan Pecco dengan tunggangan motor Ducati Desmosedici yang kian tangguh di beberapa seri terakhir.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya