Rabu 08 September 2021, 23:31 WIB

Bahan Polikarbonat Diklaim Aman untuk Kemasan Air Minum

Abdillah M Marzuqi | Humaniora
Bahan Polikarbonat Diklaim Aman untuk Kemasan Air Minum

Antara
Air minum kemasan

 

PRODUSEN kemasan plastik mengklaim memproduksi plastik melalui standar produksi dan keamanan yang ketat dan harus lolos dari uji keamanan BPOM sebelum digunakan sebagai kemasan pangan.

“Sebagai produsen pemasok kemasan galon, kami tidak bisa sembarangan dalam memproduksi kemasan galon Policarbonat (PC) yang akan digunakan untuk air minum. Untuk bisa diperdagangkan ke konsumen, galon-galon PC itu harus diuji terlebih dulu keamanannya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” kata staf perusahaan produsen kemasan plastik Marfun.

Dia menyampaikan semua jenis plastik memiliki zat aditif yang memiliki dampak jika terkonsumsi. Sebab itu, menurutnya, untuk bisa digunakan untuk tempat makan atau minum, semua bahan plastik itu harus melalui uji BPOM yang telah menetapkan berapa batas toleransi zat aditif yang aman untuk tubuh manusia. Sebelum produk dipasarkan, terlebih dahulu dilakukan pengecekan migrasi BPA-nya.

“Kita melakukan cek migrasi untuk bisa melihat bahan yang kita gunakan itu aman atau tidak. Dalam hal ini, kita wajib memberikan sampelnya ke BPOM untuk diuji berapa migrasi BPA-nya jika diisi air minum. Artinya, tetap ada pengawasan dari BPOM-nya sebelum kita pasarkan,” tuturnya.

Bukan hanya itu, menurut Marfun, produsen juga tidak sembarangan setiap kali  menjual galon PC itu ke perusahaan air minum. “Mereka juga akan minta surat migrasi BPA yang sudah dinyatakan aman oleh BPOM, apalagi yang untuk perusahaan-perusahaan besar. Karena, mereka tidak sembarangan dalam mengeluarkan produknya. Ada standar ISO, halalnya,” pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

MI/John Lewar

NTT Dorong Pariwisata Sebagai Motor Pembangunan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 10:00 WIB
Pemerintah daerah NTT terus menonjolkan ragam kebudayan adat dan wisata alam untuk meningkatkan pariwisata...
Dok. McDonald’s Indonesia

Tingkatkan Literasi, McDonald’s Indonesia Berikan Beasiswa Pelatihan untuk 1.200 Guru SD

👤Indrastuti 🕔Minggu 26 Juni 2022, 09:15 WIB
Pelatihan akan diselenggarakan pada 27 Juni-1 Juli 2022 secara online, dengan dua tema yaitu kelas Pedagogik Sains dan kelas Asesmen...
ANTARA/AMPELSA

Pendidikan dalam Keluarga Faktor Utama Pencegahan Anak pada Narkotika

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:50 WIB
Fungsi pendidikan dalam keluarga tidak bisa berjalan dengan baik jika komunikasi antara anak dan orang tua macet atau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya