Jumat 03 September 2021, 17:20 WIB

Aksi Kemanusiaan Komando untuk Terdampak Covid-19 di Tangsel

mediaindonesia.com | Humaniora
Aksi Kemanusiaan Komando untuk Terdampak Covid-19 di Tangsel

dok.pribadi
Aksi kemanusian mahasiswa yang tergabung dalam Komando berbagi sembako untuk warga terdampak covid, Jumat (3/9)

 

RATUSAN mahasiswa yang tergabung dalam Konsolidasi Mahasiswa Nasional Indonesia (KOMANDO) kembali menggelar aksi kemanusian pembagian paket sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Presidium Komando Jakarta Selatan (Jaksel), Misbahul Anwar, mengatakan, pendistribusian dilakukan di 20 RT yang tersebar di 6 RW yang ada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) serta tenaga pendidik (guru)

Misbah menuturkan, dalam melakukan distribusi sembako, pihaknya juga berharap mampu membangkitkan semangat gotong royong seluruh komponen dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Selain itu ini merupakan upaya kita dalam membangkitkan dan menjemput gotong royong ditengah masyarakat," kata Misbah, Jumat, (3/9).

Adit menyebut, ratusan mahasiswa, dalam proses pendistribusian sembako juga keterlibatan pemuda dan pelajar merupakan warga dari lingkungan itu sendiri yang kuliah di UMJ, UNPAM, UIN, ITI, UPN begitu pula para pelajar yang terlibat adalah warga itu sendiri.

"Ratusan mahasiswa yang saat ini terlibat dari berbagai macam kampus, ada UMJ, Unpam, UIN, UPN Veteran Jakarta, Universitas Pakuan, dan ITI (Institut Teknologi Indonesia, red) Selain itu kita juga menggandeng pemuda dilingkungan atau tempat pendistribusian sembako," kata Adit.

Sementara itu, Presidium Komando Tangsel, Febriditya, mengungkapkan, mahasiswa memiliki peran strategis dalam lingkungan masyarakat.

Dikatakan Adit, mahasiswa memiliki tanggung jawab atas dasar Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat.

"Bahwa peran mahasiswa bukan hanya sebatas administrasi (tukang catat dan ngumpulin orang) ini yang kami sayangkan  karena berdasarkan Tridharma perguruan tinggi. Mahasiswa adalah intelektual, analisis data, menejamen, edukasi dan leadership," jelasnya.

Selain itu, lanjut Adit, dalam kegiatan tersebut pihaknya juga menggalang doa untuk mewujudkan gagasan Pancasila sebagai hierarki tertinggi dalam kepastian Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum.

"Kita juga meminta doa dan restu dari orang tua kita yaitu masyarakat Indonesia untuk mendukung gagasan kita mewujudkan Pancasila menjadi hierarki tertinggi," tuturnya.

"Pancasila sebagai falsafah Bangsa Indonesia harus menjadi landasan dalam membuat peraturan perundang-undangan," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga:Pacu Herd Immunity, GP NasDem Luncurkan Program PSP Bervaksin

Baca Juga

dok.Angkasa Pura

Total Vaksin Covid-19 di Indonesia Lebih 400 Juta dengan 11 Merek

👤Muhamad Fauzi 🕔Kamis 09 Desember 2021, 10:05 WIB
TOTAL sudah 400 juta dosis lebih vaksin COVID-19 yang didatangkan, baik dalam bentuk bulk atau bahan baku maupun vaksin ke...
ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Musim Hujan Datang, Ayo Waspada ISPA

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 09 Desember 2021, 09:45 WIB
Salah satu penyakit yang sering terjadi di musim hujan adalah terkait dengan sistem...
ANTARA/ADWIT B PRAMONO

Waspada Gelombang Sangat Tinggi Hingga 6 Meter di Perairan Indonesia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 09 Desember 2021, 09:42 WIB
Gelombang yang sangat tinggi kisaran 4,0 - 6,0 meter berpeluang terjadi di Laut Natuna...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya