Selasa 24 Agustus 2021, 23:57 WIB

Tarif PCR di Indonesia Salah Satu yang Termurah di Asia, Faskes Jamin Akurasi

Ghani NUrcahyadi | Humaniora
Tarif PCR di Indonesia Salah Satu yang Termurah di Asia, Faskes Jamin Akurasi

Dok. Bumame Farmasi
Fasilitas PCR Drive-Thru di BUmame Farmasi

 

PENURUNAN harga Swab Test PCR memiliki dampak yang sangat baik bagi masyarakat Indonesia. Hal ini berkaitan dengan kebijakan pemerintah baru-baru ini, mengenai pembatasan sosial secara berkala dan penyesuaian tarif untuk membantu meningkatkan angkat testing dan tracing yang diharapkan dapat menekan penurunan angka penularan Covid-19 di Indonesia. 

Dengan penurunan harga Swab Test PCR yang saat ini menjadi lebih terjangkau, kesadaran masyarakat untuk melakukan pengecekan secara mandiri melalui Swab Antigen maupun Swab Test PCR tampaknya kian meningkat, terutama di kota-kota besar.

Melalui instruksi pemerintah, harga yang ditetapkan berkisar mulai Rp495.000-Rp525.000, dan Indonesia menjadi salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dengan biaya termurah untuk melakukan Swab Test PCR, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan tracing dengan tarif yang cukup terjangkau, hasil cepat dan akurat.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan, Indonesia memiliki tarif yang lebih murah dibandingkan beberapa negara Asia seperti Thailand dengan kisaran Rp1,3 juta Rp2,8 juta untuk sekali Swab Test PCR dan Singapura dengan SGD 160 atau Rp1,5 juta untuk layanan Swab Test PCR.

Hal ini berbeda dengan India yang mendapatkan subsidi penuh oleh pemerintah negaranya, serta alat Swab Test PCR, reagen yang digunakan hingga obat-obatan yang diproduksi dalam negeri bollywood itu sendiri. Sehingga tidak heran, tarif untuk Swab Test PCR di negeri tersebut jauh lebih murah dari Indonesia dan bahkan negara-negara berkembang lainnya. 

Baca juga : Esok, Anies Serahkan Penghargaan Lomba Jurnalistik Mohammad Husni Thamrin

Untuk menekan harga PCR di Indonesia lebih jauh, diakui sulit karena ada beberapa komponen yang masih diimpor, seperti reagen. 

Meski demikian, fasilitas kesehatan penyedia PCR di Indonesia berkomitmen untuk menyediakan tes dengan akurasi tinggi, salah satunya adalah Bumame Farmasi. 

Direktur Utama Bumame Farmasi James Wihardja menegaskan, sebagai penyedia jasa, pihaknya berusaha memaksimalkan solusi agar masyarakat bisa menggunakan layanan Swab Test PCR dengan mudah, aman, cepat dan dengan tarif yang lebih terjangkau. 

"Kami juga menjamin tingkat akurasi terbaik bagi masyarakat melalui layanan dan laboratorium mandiri yang dilengkapi komponen-komponen berkualitas terbaik," katanya dalam keterangan tertulis. (RO/OL-7) 

Baca Juga

ANTARA

BMKG: Waspadai Dampak Bibit Siklon Tropis 92W di Laut Filipina

👤Widhoroso 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:51 WIB
BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini untuk mewaspadai dampak tidak langsung dari bibit siklon...
Dok. Long Rich Bioscience Indonesia

Resveratol Bantu Menjaga dan Maksimalkan Imun Tubuh

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:13 WIB
Resveratrol ditemukan dalam sejumlah makanan dan minuman, termasuk anggur, kacang tanah, kakao, anggur...
Antara

30,9 Juta Masyarakat Rentan dan Umum Rampung Divaksin Booster

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:09 WIB
Sebanyak 1.617.507 tenaga kesehatan (nakes) rampung menerima vaksin booster per hari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya