Rabu 18 Agustus 2021, 23:45 WIB

PPKMB UNJ Digelar Bersama Pekan Sains-Teknologi-Akuntansi Mahasiswa UNJ

Mediaindoensia.com | Humaniora
PPKMB UNJ Digelar Bersama Pekan Sains-Teknologi-Akuntansi Mahasiswa UNJ

Dok. UNj
Pembukaan PPKMB UNJ

 

MAHASISWA baru Universitas Negeri Jakarta kini sedang menjalani masa  Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PPKMB) pada 9-21 Agustus, 

PKKMB UNJ 2021 dimulai dari Pra event Festival Minat dan Bakat yang sudah diselenggarakan pada 9-13 Agustus 2021. Lalu kegiatan pembuka PKKMB UNJ 2021 pada 16 Agustus 2021. Kegiatan selanjutnya yaitu upacara bendera secara virtual dan senam sensi pada  17 Agustus 2021. Sedangkan pada 18-19 Agustus 2021 diisi dengan PKKMB Fakultas dan Kelas Online; kemudian pada 20 Agustus 2021 diisi dengan PKKMB Prodi; dan untuk penutupan PKKMB UNJ 2021 pada 21 Agustus 2021.

PKKMB UNJ 2021 mengusung tema “PKKMB Mewujudkan Mahasiswa UNJ Unggul dan Bereputasi di Kawasan Asia”. Kegiatan ini juga disemarakan dengan Pekan Sains, Teknologi, dan Akuntansi Mahasiswa (PESTA) Daring UNJ Tahun 2021. 

Kegiatan PKKMB UNJ 2021 diselenggarakan secara luring dan daring. Secara luring kegiatan PKKMB UNJ 2021 dilaksanakan di Aula Gedung Bung Hatta lantai 2, Kampus A UNJ. Kegiatan luring ini hanya dihadiri oleh para pimpinan UNJ, panitia dan tamu undangan secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Acara luring dihadiri oleh rektor dan para wakil rektor, ketua dan sekretaris senat, para ketua lembaga, dekan dan direktur pascasarjana, kepala badan dan kepala biro dan para pejabat lainnya di lingkungan UNJ. Terdapat juga tamu undangan yakni Pimpinan Perguruan Tinggi LPTK dan Perguruan tinggi lainnya, Kepala Dinas Provinsi DKI Jakarta, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, dan Ketua Umum KONI DKI Jakarta, Sedangkan secara daring untuk peserta (mahasiswa baru UNJ) dan beberapa panitia PKKMB UNJ 2021 melalui zoom live streaming.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ Abdul Sukur mengatakan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru UNJ 2021. Lebih lanjut Abdul Sukur menjelaskan, kegiatan PKKMB UNJ 2021 diikuti 6.433 mahasiswa baru. Abdul Sukur berpesan kepada seluruh mahasiswa baru UNJ untuk selalu membawa nama baik UNJ dan meningkatkan prestasi positif bagi diri sendiri, dan khususnya UNJ.

Staf Ahli Pengembang Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ Shandy Aditya menjelaskan, perjalanan pandemi dari tahun lalu sampai sekarang menjadi tantangan untuk segenap civitas akademi UNJ agar terus berkreasi dan berinovasi. 

Baca juga : Sekolah Vokasi UGM dan SUN Energy Sinergi Kembangkan Teknologi Panel Surya

"Pembukaan PKKMB UNJ tahun ini berjalan jauh lebih smooth dibandingkan tahun kemarin, ini menandakan kami terus mengevaluasi diri dan menyesuaikan kondisi tanpa mengurangi esensi PKKMB," ujar Shandy Aditya.

Lebih lanjut Shandy menambahkan, 6.000 lebih mahasiswa dapat di akomodir dengan baik dengan metode hybrid, di hadiri hanya oleh pimpinan universitas, dan perwakilan mahasiswa sesuai protokol kesehatan, dan diikuti mahasiswa lain secara daring. 

“Satu kata. Puas, untuk kerja sama apik dari para panitia, tim pustikom, serta para pimpinan yang memberikan ruang kepada kami untuk berkreasi," kata Shandy.

Rektor UNJ Komarudin mengatakan, ada 4 poin penting diselenggarakannya PKKMB, disamping sebagai agenda rutin tahunan, yaitu, sebagai pengenalan dunia kampus kepada mahasiswa baru, agar mahasiswa baru mampu beradaptasi secara akademik-non akademik.

Kemudian pengenalan visi dan budaya kampus, yang merupakan Perguruan Tinggi unggul dan salah satu LPTK terbaik di Indonesia yang mempunyai visi menjadi “Kampus Bereputasi di Kawasan Asia”. Poin ketiga, pengenalan wawasan kebangsaan, diharapkan mengungatkan kesadaran dan kecintaan mahasiswa baru kepada tanah air dan NKRI.

Terakhir, pengenalan wawasan global, diharapkan mahasiswa baru harus mampu menjadi global citizen yang memiliki global mindset, dan dapat bergaul di tingkat global.

Komarudin berharap kegiatan PKKMB UNJ 2021 dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan sekalipun terbatasi dimasa pandemi saat ini. 

"Semoga PKKMB UNJ 2021 berjalan dengan sukses dan selamat datang mahasiswa baru UNJ, serta selamat mengukir prestasi demi nama baik UNJ," ujar Komarudin. (RO/OL-7)

Baca Juga

Ist

Dukung Industri Fesyen Tanah Air, Oppo Bazaar Fashion Festival Digelar

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 11:03 WIB
Peragaan busana ini pun menggandeng beberapa tokoh ternama seperti Adrian Gan & Sonderlab, Tangan & Anton Ismael, serta Lulu...
ANTARA /Nyoman Hendra Wibowo

BMKG Dukung Petani dan Nelayan Antisipasi Cuaca Ekstrem

👤 Atalya Puspa 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:45 WIB
Salah satu upaya yang dilakukan BMKG adalah dengan membuat sekolah lapang sebagai platform yang didesain untuk memfasilitasi literasi...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Presien Minta BMKG Identifikasi Ancaman dan Dampak Perubahan Iklim secara Menyeluruh

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:45 WIB
Presiden Joko Widodo memerintahkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengidentifikasi risiko perubahan iklim dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya