Selasa 03 Agustus 2021, 16:34 WIB

Cegah Klaster Keluarga, Pemerintah Gencarkan Vaksinasi Covid-19 untuk Remaja

Shinta Novita/Metro TV | Humaniora
Cegah Klaster Keluarga, Pemerintah Gencarkan Vaksinasi Covid-19 untuk Remaja

Antara
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono (kiri) berbincang dengan vaksinator COVID-19 di RSD Mangusada, Bali, Kamis (17/6/2021).

 

WAKIL Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, remaja di atas usia 12 tahun sangat penting untuk menerima vaksinasi covid-19.

Pasalnya, mereka berpotensi menjadi carrier yang dapat menciptakan klaster keluarga covid-19. 

Baca juga: Anies: Warga Belum Vaksin Tidak Boleh Berkegiatan di luar Rumah

Hal ini kerap tidak disadari karena anak-anak biasanya tidak bergejala saat terjangkit virus Sars-CoV-2. Kalaupun bergejala, sambung Dante, itu tidak berat atau masuk kategori ringan. 

"Anak-anak itu (bisa) mempunyai carrier bagi keluarga, kadang-kadang mereka tidak bergejala atau OTG," kata Dante dalam sebuah kesempatan, Selasa (3/8/2021).

Ia menambahkan, pemerintah sedang gencar menggelar kegiatan vaksinasi di berbagai sekolah. Itu merupakan salah satu ikhtiar untuk melindungi keluarga Indonesia dari serangan penyakit covid-19.

"(Cara untuk memaksimalkan vaksinasi ialah) seperti acara pada hari ini. Bisa memberikan vaksinasi di sekolah masing-masing. Tapi kita juga membuka sentra vaksin yang bisa dilakukan untuk anak-anak," terangnya.

Menurut Dante, Kementerian Kesehatan melakukan pendataan berdasarkan kartu keluarga. "Kami mengharapkan penambahan sekitar 50 juta anak usia sekitar 12 tahun sampai 18 tahun sudah divaksinasi," tutup dia. (A-3) 

Baca Juga

Antara/Asprilla Dwi Adha

Kemenag : Biaya Karantina Umrah Maksimal Rp3 Juta 

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 24 Januari 2022, 18:07 WIB
"Mengenai harga kita sudah merumuskan, secara prinsip kita akan menawarkan harga affordable atau lebih murah dari yang lain karena...
Ist

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Perlu Leadership System

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 24 Januari 2022, 17:23 WIB
Regulasi SPBE atau pemerintahan digital bilamana mau dinaikkan statusnya menjadi undang-undang maka yang harus ditekankan adalah penegakan...
ANTARA/ASEP FATHULRAHMAN

Ini Rekomendasi PDPI Hadapi Lonjakan Kasus Omikron di Indonesia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 24 Januari 2022, 17:07 WIB
Lengkasi vaksinasi covid-19, selalu menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, tidak berpergian jika...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya