Kamis 22 Juli 2021, 08:51 WIB

Kegiatan Sosial Pegawai OJK Ringankan Beban Masyarakat

mediaindonesia.com | Humaniora
Kegiatan Sosial Pegawai OJK Ringankan Beban Masyarakat

ANTARA
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso

 

PEGAWAI Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan sejumlah kegiatan sosial untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Kegiatannya antara lain pembagian sembako, alat-
alat kesehatan, serta pembagian daging hewan kurban perayaan Idul Adha ke berbagai daerah.

Khusus untuk hewan kurban, pegawai OJK membagikan 233 sapi dan 332 kambing/domba. Hewan-hewan kurban ini antara lain diberikan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana alam. Yaitu di Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), dan di Kalimantan Selatan.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso saat penyerahan hewan kurban secara simbolis di Jakarta, mengatakan penyembelihan dan pembagian kurban diharapkan dapat membantu masyarakat yang terdampak dari pandemi Covid-19. Serta kegiatan ini juga menjadi bagian dari kegiatan sosial yang telah dilakukan OJK dan pegawainya selama ini.

“Kurban ini diharapkan bisa membawa manfaat untuk masyarakat yang membutuhkan, begitu pula kegiatan sosial lain yang kita selenggarakan. Kita akan memperbanyak kegiatan sosial OJK ini untuk kita semakin berbagi kepada masyarakat,” katanya.

Untuk membantu masyarakat, khususnya yang terdampak pandemi, pegawai OJK bekerja sama dengan Industri Jasa Keuangan (IJK) juga menghimpun dan menyalurkan bantuan sosial dalam bentuk sembako, obat-obatan, dan dana kepada masyarakat yang membutuhkan khususnya di sekitar kantor OJK di Jakarta dan 34 Kantor OJK di daerah.

Dana bantuan sosial berupa donasi Insan OJK yang dihimpun Ikatan Pegawai OJK mencapai Rp2,6 miliar. Dana ini akan digunakan membantu masyarakat dan pegawai outsourcing dan pegawai level terendah yang terdampak covid-19.

Selain itu, aksi sosial OJK juga dilakukan pada Rabu ini di Yogyakarta dengan pemberian bantuan untuk penanganan Covid-19. Kepala OJK Daerah Istimewa Yogyakarta Parjiman mewakili OJK menyampaikan bantuan kepada Rimawan selaku Ketua Gerakan Kemanusiaan yang tergabung dalam Komunitas Sambatan Jogja (Sonjo).

Bantuan senilai Rp150 juta yang merupakan donasi bersama IJK dan OJK dalam Program Peduli Bencana ini akan diberikan dalam bentuk pakaian APD, wearpack, vitamin, dan kasur serta kebutuhan lain yang diperlukan untuk tempat perlindungan bagi masyarakat yang terpapar Covid-19. Serta juga untuk mendukung program trace-test-isolate di desa/kelurahan yang terdampak Covid-19 di DIY.

Vaksinasi massal
Mengenai kegiatan OJK dalam membantu percepatan vaksinasi Covid-19, Wimboh Santoso telah meminta Kementerian Kesehatan untuk menyediakan sebanyak 1 juta dosis bagi para pelaku dan nasabah industri jasa keuangan serta masyarakat yang penyuntikannya direncanakan dilakukan pada Agustus 2021.

Sebelumnya, sejak Juni hingga Juli ini, OJK bersama Bank Indonesia dan IJK telah melakukan vaksinasi kepada 480.000 orang di seluruh Indonesia.
OJK dan IJK memiliki rencana untuk melakukan penyuntikan vaksin kepada 10 juta orang selama semester II tahun 2021. Hal ini dilakukan untuk mengakselerasi pencapaian kekebalan kelompok (herd immunity) khususnya di sektor jasa keuangan dan menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional. (RO/OL-10)

Baca Juga

AFP/Mario Tama

Jakarta Ingin Percepat Vaksin, Ini Saran Ombudsman

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 13:25 WIB
Pertama ialah memastikan ketersediaan vaksin covid-19. Selain itu, hal yang harus dipastikan juga adalah distribusi dan ketersediaan lokasi...
IPB University

Plastik dari Kitosan dan Pati Umbi Ganyong Perpanjang Umur Simpan Buah

👤Zubaedah Hanum 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 13:05 WIB
Mereka mendesain kemasan plastik biodegradable untuk memperpanjang umur simpan buah...
MI/PALCE AMALO

Ahli Gizi Sebut Pasien yang Sedang Isoman Wajib Konsumsi Makanan Berkalori Tinggi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 12:28 WIB
"Sebab, saat seseorang terkena infeksi, kebutuhan akan energi dan proteinnya lebih tinggi dari...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kenyang Janji dan Pasrah Menunggu Keajaiban

Sejak peristiwa gempa bumi disertai tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah hingga kini masih banyak warga terdampak bencana tinggal di hunian sementara.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya