Selasa 20 Juli 2021, 00:40 WIB

Lebih Utama Kurban Kambing atau Sapi?

Mediaindonesia.com | Humaniora
Lebih Utama Kurban Kambing atau Sapi?

AFP/Yasser Al-Zayyat.
Para penggembala Kuwait di pasar unta daerah gurun Erhaiya, 45 km selatan Kota Kuwait, Sabtu (17/7), menjelang Iduladha.

 

MULAI Selasa (20/7) sampai dengan Jumat (23/7), umat Islam di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah kurban. Beragam hewan yang akan dikurbankan mulai dari kambing, domba, sapi, kerbau, hingga unta. Lalu di antara hewan kurban itu manakah yang paling utama?

Dalam Kitab Al Majmu' Syarah Al Muhadzab halaman 371 Juz 8, Imam Nawawi memaparkan sejumlah pandangan ulama tentang keutamaan hewan kurban. "Ada urutan keutamaan hewan kurban menurut Imam Nawawi," ujar ustaz Abdurrachman Asy Syafi'iy.

مَذْهَبُنَا أَنَّ ﺃَﻓْﻀَﻞَ اﻟﺘَّﻀْﺤِﻴَّﺔِ بِاﻟْﺒَﺪْﻧَﺔِ ﺛُﻢَّ اﻟْﺒَﻘَﺮَﺓِ ﺛُﻢَّ اﻟﻀَّﺄْﻥِ ﺛُﻢَّ اﻟﻤَﻌْﺰِ ﻭَﺑِﻪِ ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮْ ﺣَﻨِﻴْﻔَﺔَ ﻭَﺃَﺣْﻤَﺪُ ﻭَﺩَاﻭُﺩٌ

Madzhab kami (mazhab Imam Syafii) berpendapat bahwa paling utama berkurban dengan unta, kemudian sapi, kemudian domba, kemudian kambing. Dan Imam Abu Hanifah, dan Imam Ahmad, dan Imam Daud telah berkata dengan pendapat demikian.

 ﻭَﻗَﺎﻝَ ﻣَﺎﻟِﻚٌ ﺃَﻓْﻀَﻠُﻬَﺎ اﻟْﻐَﻨَﻢُ ﺛُﻢَّ اﻟْﺒَﻘَﺮُ ﺛُﻢَّ الْإِﺑِﻞُ ﻗَﺎﻝَ ﻭَاﻟﻀَّﺄْﻥُ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻦَ اﻟْﻤَﻌْﺰِ ﻭَﺇِﻧَﺎﺛُﻬَﺎ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻦْ ﻓُﺤُﻮْﻝِ اﻟْﻤَﻌْﺰِ ﻭَﻓُﺤُﻮْﻝُ اﻟﻀَّﺄْﻥِ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺇِﻧَﺎﺙِ اﻟْﻤَﻌْﺰِ ﻭَﺇِﻧَﺎﺙُ اﻟْﻤَﻌْﺰِ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦَ الْإِﺑِﻞِ ﻭَاﻟْﺒَﻘَﺮِ

Sedangkan Imam Malik berkata yang paling utama ialah kambing, kemudian sapi, kemudian unta. Beliau berkata domba lebih utama dari kambing jawa. Domba betina lebih utama dari kambing jantan. Domba jantan lebih baik dari kambing betina dan kambing betina lebih baik dari unta dan sapi.

Selanjutnya Abdurrachman Asy Syafi'iy menjelaskan bahwa Imam Nawawi dalam kitab yang sama pada halaman 368 Juz 8 menerangkan kurban sapi patungan tujuh orang dengan satu domba dari satu orang. Berikut penjelasannya.

اﻟﺘَّﻀْﺤِﻴَّﺔُ ﺑِﺸَﺎﺓٍ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻦَ اﻟﻤُﺸَﺎﺭَﻛَﺔِ ﺑِﺴَﺒْﻊٍ ﺑَﺪْﻧَﺔً ﺃَﻭْ ﺑِﺴَﺒْﻊٍ ﺑَﻘَﺮَﺓً ﺑِﺎلاِﺗِّﻔَﺎﻕِ ﻟِﻤَﺎ ﺫَﻛَﺮَﻩُ اﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ

Kurban dengan satu domba lebih utama dari pada patungan tujuh orang dengan satu unta atau patungan tujuh orang dengan satu sapi, dengan kesepakatan para ulama, sebagaimana yang dikatakan mushonnif (Imam Syairoziy).

ﻭَﺳَﺒْﻊٌ ﻣِﻦَ اﻟْﻐَﻨَﻢِ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻦْ ﺑَﺪْﻧَﺔٍ ﺃَﻭْ ﺑَﻘَﺮَﺓٍ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﺻَﺢِّ اﻟْﻮَﺟْﻬَﻴْﻦِ ﻟِﻜَﺜْﺮَﺓِ ﺇِﺭَاﻗَﺔِ اﻟﺪَّﻡِّ

Dan tujuh kambing lebih utama dari pada satu unta atau satu sapi menurut pendapat yang paling sahih dari dua pendpat, karena banyaknya menumpahkan darah kurban.

(ﻭَاﻟﺜَّﺎﻧِﻲ) ﺃَﻥَّ اﻟْﺒَﺪْﻧَﺔَ ﺃَﻭِ اﻟْﺒَﻘَﺮَﺓَ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻟِﻜَﺜْﺮَﺓِ اﻟﻠَّﺤْﻢِ

Pendapat kedua mengatakan unta atau sapi lebih utama karena banyaknya daging.

Baca juga: Perbedaan Pendapat Ulama tentang Hukum Berkurban

 

Jadi pilih yang mana? Salah satu pendapat ulama itu tentu boleh diambil. Yang penting kita ikhlas dalam berkurban. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Mohammad Ayudha.

Sosok Muhadjir Effendy di Mata Buya Syafii

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 18:35 WIB
Menurut Buya Syafii, di samping sebagai kader almarhum Malik Fadjar, Muhadjir Effendy merupakan sosok gigih dan...
Ist

Terima Hibah Oksigen Konsentrator, Kosgoro 1957 Distribusikan ke Rumah Sakit

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 18:15 WIB
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI Agung Laksono menilai oxygen concentrator HFNO ini dibutuhkan bagi para pasien yang terkena Covid-19...
Antara/HO-BNPT

BNPT dan YHPB Beri Bantuan Mahasiswa Perantauan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 17:52 WIB
BNPT bekerja sama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) menggelar gerakan bakti sosial memberikan bantuan kepada mahasiswa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencari Abdi Negara di Tengah Pandemi

Jumlah pelamar di bawah perkiraan 5 juta orang dan menurun ketimbang perekrutan sebelumnya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya