Kamis 15 Juli 2021, 08:59 WIB

BPOM Setujui Ivermectin jadi Obat Covid, Irma Chaniago: Alhamdulillah

mediaindonesia.com | Humaniora
BPOM Setujui Ivermectin jadi Obat Covid, Irma Chaniago: Alhamdulillah

AFP/Luis Robayo
Ivermectin

 

POLITIKUS Partai NasDem Irma Suryani Chaniago mengungkapkan adanya persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI untuk izin penggunaan darurat ivermectine sebagai salah satu obat covid-19 yang digagas oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Hal itu termuat dalam Surat Edaran tentang Pelaksanaan Distribusi Obat dengan Persetuhuan Penggunaan Darurat.

"Alhamdulillah, ikhtiar Erick Thohir yang mengusulkan ivermectine dapat menjadi salah satu obat dengan penerbitan EUA (Emergency Use Authorization) untuk pengobatan covid-19 akhirnya mendapat persetujuan BPOM," kata Irma, Kamis (15/7).

Persetujuan tersebut tentu tidak lepas dari banyaknya informasi berbagai negara yang sudah menggunakan obat ini, juga berdasarkan testimoni para pasien yang terinfeksi dan menggunakan obat ini guna melumpuhkan virus korona.

Dalam surat edaran BPOM itu disebutkan obat-obatan pendukung  penanganan terapi covid-19 yang dimaksud yakni Remdesivir, Favipiravir, Oseltamivir, Immunoglobulin, Ivermectin, Tocilizumab, Azithromycin, Dexametason (tunggal).

Baca juga: BPOM Terbitkan Izin Darurat Obat Ivermectin hingga Favipiravir

Irma menambahkan upaya Erick Thohir tidak berhenti sampai di situ dalam mencari solusi untuk mengatasi pandemi covid-19.

"Untuk mempercepat herd immunity seluruh rakyat, beliau juga mengusulkan vaksinasi berbayar," ujar Irma.

Menurut Irma, usulan ini sebagai salah satu solusi untuk mempercepat dan mempermudah vaksinasi, sehingga WNA tidak perlu pulang ke negaranya hanya untuk mendapatkan vaksinasi, juga bagi masyarakat mampu yang ingin melakukan vaksinasi mandiri.

"Dengan adanya vaksinasi berbayar ini juga akan mengurangi antrean vaksinasi gratis yang dilakukan oleh pemerintah. Pelaksanaan vaksinasi paralel berbayar dan yang gratis dari pemerintah akan mempercepat herd immunity, sehingga target capaian vaksinasi untuk seluruh rakyat dapat dipercepat," pungkasnya.(RO/OL-5)

Baca Juga

Ist

KNPI dan FKPPI Siap Bersinergi Bantu Pemerintah Tangani Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 23:21 WIB
Saatnya pemuda menyatukan tekad guna membantu pemerintah, di antaranya menyukseskan program vaksinasi guna menekan angka penyebaran...
MI/SUMARYANTO BRONTO

Jaringan Internet BAKTI Membuat Pulau Auki tidak Lagi Kelam

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 21:35 WIB
Sayangnya, dari 19 distrik atau kecamatan yang ada di Kabupaten Biak Numfor baru 2 distrik yang terkoneksi dengan sambungan telekomunikasi...
Dok FKG Univ Moestopo

FKG Universitas Moestopo Sukses Gelar Pelatihan Dental Implan 

👤RO 🕔Sabtu 25 September 2021, 21:10 WIB
Melalui program KIT GTI di PBIKG, dokter gigi dapat memperoleh sertifikat yang berlaku lima tahun untuk bekerja melayani pemasangan gigi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya