Kamis 01 Juli 2021, 14:57 WIB

Kreativitas Tanpa Batas dan Biaya Kuliah Terjangkau di FT Universitas Pancasila

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Kreativitas Tanpa Batas dan Biaya Kuliah Terjangkau di FT Universitas Pancasila

DOK UNIVERSITAS PANCASILA

 

BAGI calon mahasiswa atau lulusan SLTA yang ingin melanjutkan kuliah, ada informasi menarik dan menyenangkan yang ditawarkan oleh Universitas Pancasila (UP), Jakarta. Salah satunya dengan memilih Fakultas Teknik Universitas Pancasila.

Dekan Fakuktas Teknik Universitas Pancasila Budhi Muliawan Suyitno mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian tak terpisahkan dari program-program Fakultas Teknik Universitas Pancasila dalam rangka memperkenalkan FTUP dan Universitas Pancasila keseluruhan kepada masyarakat terutama calon mahasiswa.

"Inshaa Allah apa yang kita lakukan ini merupakan suatu perbuatan baik yang membawa kebaikan. Oleh karena itu kita berada dalam rangka promosi FTUP memperkenalkan kepada seluruh sivitas akademika dan juga seluruh keluarganya dan masyarakat," kata Budhi dalam keterangan pers secara virtual Rabu (30/6).

Apalagi semua pihak yang mempunyai kepedulian terhadap pendidikan, pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan perguruan tinggi atau univesitas di seluruh Indonesia. Sehingga promosi menjadi kewajiban agar Univesitas Pancasila lebih dikenal luas.

Baca Juga: Universitas Pancasila Buka Layanan Vaksinasi Covid-19 Gratis

"Univesitas Pancasila yang sudah lama menekuni berbagai kegiatan, tentunya sebagai pertanggungjawaban kita kepada para wali murid, para orangtua mahasiswa. Inilah yang dijalankan dan inilah yang menjadi konsen kita bersama untuk memajukan FTUP dengan program-program yang kita masukkan dalam rencana strategis 5 tahunan FTUP," sebutnya.

Dia menyambut baik program promosi yang dimotori oleh para alumni yang juga didukung oleh semua pimpinan fakultas, pimpinan program studi dan seluruh tenaga kependidikan dalam memberikan gambaran secara utuh bawah FTUP siap untuk menerima para mahasiswa baru agar bisa menjadi calon-calon entrepreneur di masa yang akan datang. "Saya sebagai dekan tentunya berharap bahwa semua pihak saling membantu, dan kolaborasi yang baik di tingkat fakultas, antarfakultas maupun dengan rektorat UP," jelasnya.

Dosen FT UP Ilhamsyah Akbar menyebut bahwa prestasi mahasiswa FTUP telah sampai hingga tingkat internasional. Bahkan pihaknya mengusung tema kreativitas tanpa batas. "FT UP ingin menempatakan diri bagi setiap insan muda dan mengajak untuk berkarya tanpa batas di bidang dan minatnya masing-masing tentu saja dengan biaya terjangkau," sebutnya

Dia menambahkan FTUP juga didukung dengan berbagai fasilitas, tidak hanya fasilitas fisik, tetapi juga kerja sama-kerja sama yang dilakukan dengan berbagai institusi dan elemen untuk meningkatkan prestasi mahasiswa. Adapula program unggulan, yakni Edu Techno Park adalah sebuah etalase produk teknologi dan inovasi hasil karya dari mahasiswa FTUP. "Kampus tentu saja akan terus kami melakukan kewajibannya di bidang riset dan berbasis EDGE dan Green Campus," imbuhnya.

Untuk mendukung proses Tridharma Perguruan Tinggi UP juga konsisten melakukan pengajaran penelitian dan pengabdian masyarakat. Didukung 122 dosen tetap yang memiliki keahlian di bidangnya dan termasuk 4 guru besar akan menambah bobot FTUP di ranah nasional maupun regional hingga internasional.

Untuk diketahui Fakultas Teknik Universitas Pancasila saat ini terdiri dari 6 Program Sarjana (S1) meliputi Teknik Mesin, Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Serta Program Diploma Tiga (D-III) : Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Program Magister (S2) : Teknik Mesin.

Dalam mendukung seluruh bidang keilmuan, FTUP didukung oleh berbagai fasilitas diantaranya adalah Laboratorium Komputer, Ruang Multimedia, Ruang perkuliahan ber-AC. Sarana pembelajaran dengan laptop, LCD dan OHP, juga terdapat Perpustakaan Jurusan dan Fakultas, Fasilitas Wireless Hot Spot dan Internet, Terdapat Ruang Seminar dan Diskusi, Instant Messenger Berbasis Jabber (Red5 dan Openfire), dan Laboratorium serta Software License.

"Kami mengadakan pembelajaran hibrid yaitu gabungan dari pembelajaran daring dan pembelajaran daring sendiri kami sudah memiliki Universitas Pancasila di mana dalam satu kelompok itu sudah mencakup seluruh kegiatan akademik," paparnya.

Adapun alur pendaftaran, kepada calon mahasiswa baru seluruhnya dilakukan secara online di tengah kondisi pademi. Sehingga penerimaan berjalan, 100% dilakukan dengan online, dan web pembayaran dilakukan melalui virtual account.

Testing juga dilakukan dengan atau computer based test, wawancara dilakukan via telepon dan hasil sudah bisa dilihat 3 hari kerja setelah tes dilaksanakan. Maka alur jadwal tes seluruhnya bersifat daring sehingga mendukung mahasiswa untuk bisa mendaftar meskipun di tengah suasana pandemi covid-19.

FTUP juga memahami bahwa ada beberapa kesulitan keuangan di dalam masa pandemi ini sehingga menawarkan 4 skema pembayaran bagi calon mahasiswa. Pembayaran lunas paket 1 semester pertama diberikan diskon 10% khusus untuk 50 orang mahasiswa di pembayaran tes pada gelombang pertama, skema 2 paket lunas 1 semester pertama diskon 5% khusus 50 mahasiswa di pembayaran sampai dengan Agustus, skema ketiga adalah pembayaran lunas paket 8 semester diskon 15% dan skema ke-4 mengajukan program metode angsuran sebanyak 6 kali.

"Untuk membantu mahasiswa kami juga mengadakan program beasiswa untuk mahasiswa baru. Di UP juga ada program BERSINAR atau Seleksi Berdasarkan Prestasi Nilai Rapor. Ada juga beasiswa Merdeka Belajar beasiswa prestasi olahraga dan seni dan juga Kartu Indonesia Pintar (KIP). Untuk beasiswa mahasiswa berjalan kami menyediakan beasiswa akademik dan non akademik, karena ada mahasiswa yang memiliki kelebihan sesuai dengan prestasi mereka masing-masing," pungkasnya.(OL-10)

Baca Juga

Ilustrasi

Lawan Perubahan Iklim, Indonesia Butuh Rp3.500 Triliun

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 23:10 WIB
anggaran pendanaan yang ada di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) diakui tak akan mampu menopang pembiayaan agenda...
Ist

Sumpah Pemuda Momentum Kaum Muda Perkuat Kontribusi Untuk Bangsa

👤Widhoroso 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 23:01 WIB
PERINGATAN Sumpah Pemuda menjadi momentum bagi kaum muda untuk terus memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan...
Antara

Luhut Bahas Kesiapan RI Atasi Perubahan Iklim Bersama Tony Blair

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 22:47 WIB
Isu ini akan diangkat dalam Konferensi Internasional tentang Perubahan Iklim atau Conference of the...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kebut Penyelesaian Sanksi WADA

Satgas Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA akan bekerja lebih cepat mengingat jadwal kompetisi internasional yang padat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya