Rabu 16 Juni 2021, 11:01 WIB

Ini Jenis Vaksin yang Dipakai untuk Vaksinasi Gotong Royong

Nur Azizah | Humaniora
Ini Jenis Vaksin yang Dipakai untuk Vaksinasi Gotong Royong

MI/Susanto
Pelaksanaan vaksinasi gotong royong

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) memastikan vaksin Sinovac, AstraZeneca, Pfizer dan Novavax tidak dipakai untuk program vaksinasi gotong royong. Hal ini sudah termuat dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 18 Tahun 2021 yang disahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada 28 Mei 2021.

Aturan ini menggantikan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang vaksinasi. Dalam aturan yang baru dijelaskan vaksin untuk Vaksinasi Gotong Royong hanya Sinopharm, Moderna, dan Cansino.

"Hal ini perlu diatur mengingat 500 ribu dosis vaksin Sinopharm yang diperoleh merupakan hibah dari pemerintah Uni Emirat Arab sehingga tidak dapat diperjualbelikan," kata juru bicara covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (16/6).

Baca juga: Daihatsu Gelar Vaksinasi Gotong Royong untuk Karyawan

Nadia menyampaikan dalam aturan tersebut pemerintah diperbolehkan menerima vaksin yang sama dengan yang digunakan dalam Vaksinasi Gotong Royong. Dengan catatan, vaksin yang diterima dalam skema hibah atau bantuan gratis.

"Ada kemungkinan, Indonesia akan menerima hibah lagi dari COVAX Facility dengan merk vaksin yang juga digunakan untuk vaksin Gotong Royong. Indonesia tidak mungkin untuk pilih-pilih jenis vaksin yang dihibahkan secara gratis karena seluruh dunia masih berebut vaksin," tutur Nadia.

Vaksin yang diperoleh dari hibah tidak boleh diperjualbelikan. Vaksin hibah harus diberikan tanda khusus yang bisa dikenali secara kasat mata sebagai pembeda dengan vaksin Gotong Royong.(OL-5)

Baca Juga

FOTO/Dok.Metro TV

PB IDI: Dedikasi Dokter Selama Pandemi Covid-19 Perlu Dapat Penghargaan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 19:02 WIB
Pada Hari Kedokteran Nasional kali ini para dokter perlu mendapatkan penghargaan dan pengakuan atas perjuangan dan pengorbanan menangani...
MI/ VICKY GUSTIAWAN

Menimbang Efektivitas PTM di Masa Pandemi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 15:20 WIB
Dengan PTM ini bisa memberi waktu kepada anak-anak, juga karena tidak ada batasan waktu untuk tugas guru akan aktif mengingatkan siswanya...
ANTARA / Nyoman Hendra Wibowo

BMKG Catat Ada 32 Kali Aktivitas Gempa di Banyubiru, Ambarawa, Salatiga

👤 Atalya Puspa 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 14:45 WIB
Terjadinya fenomena gempa swarm ini setidaknya menjadikan pembelajaran tersendiri untuk masyarakat, karena aktivitas swarm memang jarang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya