Rabu 16 Juni 2021, 11:01 WIB

Ini Jenis Vaksin yang Dipakai untuk Vaksinasi Gotong Royong

Nur Azizah | Humaniora
Ini Jenis Vaksin yang Dipakai untuk Vaksinasi Gotong Royong

MI/Susanto
Pelaksanaan vaksinasi gotong royong

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) memastikan vaksin Sinovac, AstraZeneca, Pfizer dan Novavax tidak dipakai untuk program vaksinasi gotong royong. Hal ini sudah termuat dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 18 Tahun 2021 yang disahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada 28 Mei 2021.

Aturan ini menggantikan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang vaksinasi. Dalam aturan yang baru dijelaskan vaksin untuk Vaksinasi Gotong Royong hanya Sinopharm, Moderna, dan Cansino.

"Hal ini perlu diatur mengingat 500 ribu dosis vaksin Sinopharm yang diperoleh merupakan hibah dari pemerintah Uni Emirat Arab sehingga tidak dapat diperjualbelikan," kata juru bicara covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (16/6).

Baca juga: Daihatsu Gelar Vaksinasi Gotong Royong untuk Karyawan

Nadia menyampaikan dalam aturan tersebut pemerintah diperbolehkan menerima vaksin yang sama dengan yang digunakan dalam Vaksinasi Gotong Royong. Dengan catatan, vaksin yang diterima dalam skema hibah atau bantuan gratis.

"Ada kemungkinan, Indonesia akan menerima hibah lagi dari COVAX Facility dengan merk vaksin yang juga digunakan untuk vaksin Gotong Royong. Indonesia tidak mungkin untuk pilih-pilih jenis vaksin yang dihibahkan secara gratis karena seluruh dunia masih berebut vaksin," tutur Nadia.

Vaksin yang diperoleh dari hibah tidak boleh diperjualbelikan. Vaksin hibah harus diberikan tanda khusus yang bisa dikenali secara kasat mata sebagai pembeda dengan vaksin Gotong Royong.(OL-5)

Baca Juga

Antara/Dhedhez ANggara

Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah untuk Kendalikan PMK

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 18 Mei 2022, 19:14 WIB
“Mulai tanggal 7-12 Mei lalu kami sudah melakukan pengiriman logistik tahap 1 ke beberapa provinsi, “ ungkap Direktur Jenderal...
ANTARA/ASPRILLA DWI ADHA

Dirjen Dikti-Rinstek Tinjau Pelaksanaan UTBK-SBMPTN di UI dan UNJ

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 18 Mei 2022, 19:03 WIB
Nizam mengatakan bahwa pandemi telah mengajarkan untuk beradaptasi dengan perubah secara...
ANTARA/Maulana Surya

166,4 Juta Masyarakat Indonesia telah Terlindungi Vaksin Dosis Lengkap

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Rabu 18 Mei 2022, 18:13 WIB
Indonesia menargetkan 208,2 juta penduduk menerima vaksin covid-19 dari target sebelumnya 181,5 juta warga. Penambahan itu karena anak usia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya