Rabu 09 Juni 2021, 13:31 WIB

DKI Libatkan Orangtua Dalam Persiapan Uji Coba PTM

Putri Anisa Yuliani | Humaniora
DKI Libatkan Orangtua Dalam Persiapan Uji Coba PTM

MI/VICKY GUSTIAWAN
Sejumlah murid kelas 5 mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di SDN Gandaria Utara 11, Jakarta, Rabu (9/6/2021).

 

SDN 17 Kebayoran Lama Selatan termasuk menjadi salah satu sekolah yang melakukan uji coba pembelajaran tatap muka tahap 2 mulai hari ini bersama 225 sekolah lainnya.

Kepala SDN 17 Kebayoran Lama Selatan Papuani M memastikan izin orangtua turut menjadi elemen utama dalam pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tahap 2.

Baca juga: Jajal LRT Jabodebek, Jokowi: Tanpa Suara, Nyaman Sekali

Ia menyebut, orangtua tidak hanya menyetujui tetapi dilibatkan untuk mengedukasi anak-anaknya agar siap melaksanakan uji coba PTM yang berlangsung hingga 28 Juni mendatang.

Dalam persiapan pelaksanaan PTM, izin orangtua sangat penting. Orangtua yang memberikan persetujuan didata. Setelah jumlahnya lebih dari 50%, Dinas Pendidikan DKI akan melangsungkan pengarahan kepada orangtua melalui webinar.

"Misal yang setuju 112 orangtua. Nah, yang hadir bener nggak nih ada 112. Kemungkinan kalau yang hadir tidak sampai 50%, nggak lolos juga. Jadi ini kan ada tiga pihak, sekolah, anak, dan orangtua. Kalau orangtua nggak siap, anak nggak siap, meskipun sekolah sudah siap, ya nggak jalan juga," kata Papuani saat ditemui Media Indonesia, Rabu (9/6).

Orangtua yang setuju mengizinkan anaknya mengikuti uji coba PTM harus mengisi formulir yang disediakan Disdik DKI. Dalam formulir itu juga sekaligus berfungsi sebagai asesmen kesiapan orangtua dalam mengedukasi anak-anaknya terkait protokol kesehatan serta mengenali kondisi kesehatan keluarga secara keseluruhan.

"Ada untuk minta data ya. Jadi Google Form itu diisi tentang kesiapan orangtua apakah mengizinkan. Begitu diisi akan langsung nge-link ke dinas. Apakah anak sehat atau nggak. Pokoknya banyaklah," jelasnya.

Sementara itu, di SDN 17 Kebayoran Lama Selatan hari ini terjadwal kelas 5 melaksanakan uji coba PTM. Selain itu, lusa adalah jadwal kelas 4A dan 4B yang akan melaksanakan PTM. Total ada 107 siswa kelas 4 dan kelas 5 di sekolah tersebut yang mengikuti uji coba. Jumlah ini 89,16% dari total 120 siswa. (OL-6)

Baca Juga

CDC

UGM: 82% Spesimen asal Kudus Terdeteksi Varian Delta B1617

👤Zubaedah Hanum 🕔Rabu 16 Juni 2021, 23:25 WIB
Sebanyak 28 dari 34 sampel virus pasien asal Kudus, Jawa Tengah, merupakan varian Delta (B.1.617) yang 40% lebih...
ANTARA FOTO/Saiful Bahri/

Gaya Hidup Aktif Bisa Hindari Nyeri Sendi dan Otot

👤Eni Kartinag 🕔Rabu 16 Juni 2021, 21:59 WIB
Menuut dr.Edo Adimasta, duduk secara terus menerus selama lebih dari 40 menit, akan menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar dan pada...
Ilustrasi

Sertifikasi untuk Sarjana yang Siap Kerja

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 16 Juni 2021, 21:00 WIB
‘’Bahkan kedepannya seluruh mahasiswa wajib mengambil program sertifikasi ini sesuai dengan program studi yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghitung Ancaman Megathrust Pesisir Selatan Jatim

Analisis mengenai potensi gempa dan tsunami harus dijadikan pengingat untuk memperkuat mitigasi kegempaan dan tsunami di wilayah Jawa Timur.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya