Minggu 02 Mei 2021, 05:05 WIB

Dosa Berantai dari Hoaks

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Dosa Berantai dari Hoaks

Dok. MI
Ilustrasi Hoaks

 

KEMAJUAN teknologi informasi telah mengubah perilaku manusia, bahkan mengubah kebiasaan dan pola pikir. Begitu juga keberadaan media sosial yang dapat menyebarkan informasi secara cepat dan masif.

Dalam Kajian Ramadan Masjid Nursiah Daud Paloh secara virtual, dosen dari Darussunnah International Institute for Hadith Sciences, Ustaz Muhammad Ali Wafa mengingatkan, umat Islam agar jangan percaya begitu saja terhadap berita dari orang lain, apalagi dari orang yang belum dikenal.

Sikap kehati-hatian dalam mencerna berita yang didapat itu pun menjadi sangat penting. Karena berita yang benar saja bisa dipahami salah, apalagi berita yang belum jelas sumbernya.

Pernyataannya merujuk pada surah Al-Hujurat ayat 6 yang berbunyi, "Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu."

Menurut Ali, pembawa berita itu bukan hanya orang fasik, namun orang beriman pun menyebarkan berita yang salah dan tidak sesuai fakta sebenarnya (hoaks). Tugas kita, kata Ali, melakukan verifikasi secara mendalam benar atau tidak.

Sebab, jika seseorang mengabarkan satu berita yang benar, ia akan mendapatkan pahala dari setiap rantai kebenaran yang disampaikan.

"Kita bisa bikin pahala jariah dengan media atau informasi, itu pahala jariah tidak akan terputus-putus, nyambung terus jika kita berusaha untuk benar," tegasnya, pekan lalu.

Sebaliknya, Ali mengatakan, jika seseorang mengabarkan berita tidak benar, jangan harap mendapatkan ampunan Allah apalagi mendapatkan surga-Nya. Dosanya pun berantai.

Untuk mencegah maraknya hoaks, Ali mengatakan, perlu melibatkan tokoh yang tepercaya dan kredibel di bidangnya. Misalnya, jika konten hoaks berkaitan dengan muatan agama, hadirkanlah tokoh yang kompeten, kredibel, dan dipercaya untuk menjelaskan kebenarannya.

 

Dialami nabi

Jauh sebelum era medsos, hoaks juga dialami para nabi dan rasul. Ustaz Ali mengisahkan, di masa Rasulullah SAW, istrinya Aisyah menjadi korban hoaks dari kaum munafik atas tuduhan melakukan zina dengan sahabat Rasul.

Hingga akhirnya turunlah Surah An Nuur ayat 11, yang berbunyi “Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira bahwa berita bohong itu buruk bagi kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya. Dan siapa di antara mereka yang mengambil bahagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu, baginya azab yang besar.”

Begitu juga kisah Nabi Adam dan Siti Hawa dikeluarkan dari surga setelah memakan buah terlarang khuldi karena terbujuk hoaks yang dilancarkan setan. Padahal Allah telah meminta Adam untuk tidak memakannya. "Setan mengatakan, buah khuldi jika dimakan akan abadi selamanya," pungkas Ali. (H-2)

Baca Juga

DOK KEMENSOS

Ciptakan Lingkungan Bebas Sampah,Karang Taruna Cibinong Sulap Kali

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 17:54 WIB
Kemensos memberikan apresiasi dan dukungan bantuan untuk salah satu Karang Taruna di Kecamatan Cibinong sebesar...
Antara

Pemerintah Lakukan Penyaringan Pemudik di Bakauheni dan Gilimanuk

👤Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 17:05 WIB
Sebab, dua pelabuhan tersebut menjadi penghubung antarwilayah. Pemudik yang tidak bisa menunjukkan surat bebas covid-19, harus menjalani...
DOK KEMENSOS

Tahun 2021, Kemensos Targetkan Berdayakan 2.500 KK Warga KAT

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 15:12 WIB
Program perekaman data agar warga KAT mendapatkan dokumen kependudukan (KTP dan KK), sudah dimulai Kemensos sejak Juli...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya