Selasa 06 April 2021, 06:15 WIB

PP-IPTEK Jangkau Masyarakat Dengan Layanan Digital

Siswantini Suryandari | Humaniora
PP-IPTEK Jangkau Masyarakat Dengan Layanan Digital

MI/Dok PP-IPTEK
Peragaan iptek di PP IPTEK secara virtual

 

DI era digitalisasi ini, Pusat Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) mengembangkan layanan digital untuk memudahkan masyarakat mengakses program dan kegiatan di lembaga yang bernaung di bawah Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN itu.

Direktur PP-IPTEK M Syachrial Annas mengatakan, layanan digital PP-IPTEK bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah dan universitas, serta memudahkan masyarakat khususnya generasi muda untuk mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa harus datang langsung ke PP-IPTEK.

"Meski berada di masa pandemi Covid-19 di mana menjaga jarak harus dilakukan, dengan layanan digital PP-IPTEK, anak-anak tetap dapat belajar ilmu pengetahuan secara leluasa melalui virtual. Minat kunjungan terhadap PP-IPTEK masih tinggi. Ada beberapa sekolah yang menyatakan minat untuk mengunjungi PP-IPTEK melalui virtual, sehingga kita inisiasi melakukan transformasi layanan berbasis digital," jelas Direktur PP-IPTEK M Syachrial Annas saat Sosialisasi Digitalisasi Layanan PP-IPTEK di Era 4.0, di Jakarta, Senin (3/4).

Syachrial Annas berharap ke depan bahwa transformasi layanan digital dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan kapasitas dan kapabilitas generasi muda dalam bidang sains dan teknologi. Dan keberadaan PP-IPTEK sebagai science center di Indonesia dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat dan stakeholder lainnya demi memajukan SDM Indonesia yang melek iptek dan menciptakan inovasi iptek.

Aplikasi PP-IPTEK VIRTUAL merupakan layanan kunjungan galeri berbasis digital yang dapat diakses secara daring oleh seluruh masyarakat. Layanan PP-IPTEK VIRTUAL berisikan konten alat peraga dan program sains PP-IPTEK yang dikemas dalam beberapa media. Antara lain media teks, gambar, dan video pembelajaran. Untuk mengakses media-media tersebut, masyarakat dapat memilih akun biasa untuk mendapatkan informasi singkat tentang PP-IPTEK atau akun premium untuk akses konten pembelajaran yang lebih interaktif.

Fasilitas akun premium menyediakan lebih banyak fasilitas dan manfaat kepada masyarakat daripada akun biasa. Fasilitas premium menampilkan video pembelajaran alat peraga dan percobaan sains sehingga pengunjung mendapatkan informasi sains yang lebih mendalam seperti layaknya berkunjung secara langsung ke PP-IPTEK.

Selain itu, fasilitas ini menyediakan modul Lembar Kerja Siswa (LKS) bagi pengunjung yang akan mereka isi pada saat menonton video pembelajaran alat peraga. Informasi dan pertanyaan yang tercantum pada LKS ini akan memandu pengunjung yang mengisi untuk berpikir kritis pada fenomena sains yang terjadi pada sebuah alat peraga pembelajaran.

Untuk mengakses fasilitas premium ini pengunjung tidak perlu mengocek uang terlalu banyak, hanya mengeluarkan uang sebesar Rp13.750/orang/akun. Pengunjung dapat mengelilingi PP-IPTEK secara virtual selama 1 hari penuh. Pengunjung juga dapat memperpanjang kunjungannya di PP-IPTEK Virtual selama 1 minggu dengan biaya Rp27.500,-/orang/akun atau Rp55.000,-/orang/akun selama 1 bulan.

Untuk dapat mengakses PP-IPTEK VIRTUAL, pengunjung cukup mengunjungi laman PP-IPTEK di ppiptek.ristekbrin.go.id dan masuk dalam fitur VIRTUAL TOUR yang akan memperlihatkan link unggah aplikasi PP-IPTEK VIRTUAL. Masyarakat dapat mengunggah link tersebut dan mengakses melalui telepon selular. Ke depannya aplikasi ini akan dapat diakses juga melalui fasilitas komputer atau laptop.

baca juga: Jaga Marwah Iptek, Menristek Serukan Perangi Predatory Journals

Sedangkan layanan SCIENCE E-TRIP merupakan layanan kunjungan virtual yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah sebagai alternatif untuk praktik IPA. SCIENCE E-TRIP akan dibawakan oleh pemandu dari PP-IPTEK secara langsung melalui platform aplikasi pertemuan daring/virtual. Selain PP-IPTEK VIRTUAL dan SCIENCE E-TRIP, PP-IPTEK memiliki layanan peragaan digital lainnya, yaitu Wahana Digital Word, Virtual Reality, Wall Interactive,  dan Wahana Evolusi Teknologi. Dalam waktu dekat PP-IPTEK akan menggelar lomba sains dan pelatihan untuk pelajar secara daring. (RO/OL-3)

Baca Juga

Dok. Indoffod

Ketahanan Pangan Jadi Tema Beasiswa Riset IRN 2021

👤Citra Larasati 🕔Rabu 23 Juni 2021, 02:00 WIB
Program IRN adalah pemberian dana bantuan riset kepada mahasiswa S1)yang tengah melakukan penelitian sebagai syarat untuk...
MI/Syarief Oebaidillah

Program Kampus Merdeka Jadi Penilaian Kegigihan Mahasiswa

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 23 Juni 2021, 01:00 WIB
Berbagai program tersebut, di antaranya magang bersertifikat, pertukaran mahasiswa, Kampus Mengajar, dan magang dengan...
naturalpluspharma.com

Obat Herbal Asal Tiongkok Dinilai belum Beradaptasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 23:41 WIB
Ketimbang menggunakan obat herbal tersebut, lebih baik para peneliti maupun pengembang obat tradisional di Indonesia mencari dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya