Selasa 09 Maret 2021, 15:33 WIB

Swasta Bantu Dukung Pencapaian Target Vaksinasi Covid-19

Eni Kartinah | Humaniora
Swasta Bantu Dukung Pencapaian Target Vaksinasi Covid-19

Ist
Menkes Budi Gunadi Sadikin (tengah) pada peresmian layanan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Lippo Mall Puri, Jakarta, Selasa (9/3).

 

TARGET vaksinasi Covid-19 satu juta orang per hari diyakini bisa tercapai dengan kerja sama seluruh komponen bangsa. Peran aktif berbagai pihak, termasuk sektor swasta, sangat dibutuhkan untuk mencapai target tersebut.

“Saya yakin target vaksinasi Covid-19 satu juta orang per hari bisa dicapai. Karena Indonesia memiliki social capital (modal sosial) yang kuat,” ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pada peresmian layanan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Lippo Mall Puri, Jakarta, Selasa (9/3).

Salah satu modal sosial itu ialah semangat gotong royong seperti yang dilakukan jaringan Lippo Malls yang meyediakan layanan vaksinasi Covid-19 bagi lansia secara gratis untuk membantu program pemerintah. Menkes pun mengapresiasi langkah tersebut.

“Mal memiliki ruang yang luas dan lokasinya mudah diakses masyarakat, jadi membantu program vaksinasi,”  imbuh Menkes.

Hal senada disampaikan Wakil ketua Komisi IX DPR, Charles Honoris, pada kesempatan sama. Ia berharap mal lain juga bisa mengadakan program serupa sehingga semakin banyak pihak yang membantu menyukseskan program vaksinasi Covid-19.

“Ibarat kita sedang berperang melawan Covid-19, kita perlu gotong royong seluruh anak bangsa sehingga pandemi ini bisa kita atasi bersama,” katanya.

Lippo Malls sendiri menyiapkan area di 74 mal di seluruh Indonesia dengan tenaga medis vaksinasi dari 39 rumah sakit jaringan Siloam Hospitals Group.  “Langkah ini adalah bentuk kepedulian kami untuk turut berpartisipasi membantu pemerintah dalam mendistribusikan vaksin secara merata kepada masyarakat dan mempercepat target vaksinasi,” jelas Komisaris Utama PT Lippo Karawaci, Tbk. John A. Prasetio.

CEO PT Lippo Karawaci, Tbk, John Riady, menambahkan, penambahan lokasi layanan vaksinasi membantu percepatan proses vaksinasi kepada  masyarakat, menekan penyebaran Covid-19 di masyarakat sehingga diharapkan dapat mempercepat pemulihan perekonomian nasional.

“Mal dipilih sebagai alternatif layanan vaksin karena memiliki akses yang mudah dijangkau oleh masyarakat,” ucap John Riady.

Lippo Mall Puri yang berlokasi di Jakarta Barat merupakan tempat vaksinasi untuk Lansia. Mal ini menyiapkan area yang  mampu melayani 500 peserta vaksin dan akan ditingkatkan menjadi 1.000 peserta vaksin per hari sesuai kuota dari Kemenkes. Layanan tersebut pada Senin-Sabtu, pukul 10.00-16.00 WIB selama tiga bulan ke depan dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan.

Layanan vaksinasi di Lippo Mall Puri akan memprioritaskan masyarakat yang memiliki KTP DKI Jakarta. Sebelumnya, layanan serupa juga dibuka di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan mulai 4 Maret 2021. Kegiatan tersebut disambut antusias oleh masyarakat, terbukti dengan tingginya animo peserta setiap hari.

“Kami senantiasa mendukung pemerintah dalam upaya penanggulangan pandemi di Indonesia, mulai dari pengadaan ragam tes Covid-19 di seluruh unit RS kami, peningkatan fasilitas dan kapasitas RS khusus Covid-19, serta bersama-sama mensukseskan program vaksinasi,” ucap Deputy President Director Siloam Hospitals Group, Caroline Riady.

Sejalan dengan program pemerintah, kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok lansia tanpa dipungut biaya. Calon peserta vaksin terlebih dahulu diminta untuk mendaftarkan diri melalui situs resmi milik Kementerian Kesehatan yaitu dki.kemkes.go.id. (Nik/OL-09)

Baca Juga

ANTARA

Pemerhati Anak Soroti Bahaya BPA

👤Widhoroso 🕔Selasa 13 April 2021, 01:50 WIB
DORONGAN agar BPOM memberi peringatan akan bahaya zat BPA dalam galon air guna ulang dan plastik kemasan makanan atau minuman terus...
Dok. Pribadi

Tanah Papua Mozaik Indonesia yang Perlu Dirawat

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 12 April 2021, 23:18 WIB
Dia menjelaskan, Indonesia merupakan mozaik yang sangat beragam dari orang-orangnya serta etinisnya. Kekayaan ini tentu harus dikelola...
Ilustrasi/Ist

Waspada Gejala Long Covid-19 Bagi Penderita Penyakit Kronis

👤Eni Kartinah 🕔Senin 12 April 2021, 20:53 WIB
Gejala Long Covid adalah pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh....

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya