Rabu 03 Maret 2021, 11:30 WIB

BIN Cermati Dinamika Mutasi Virus Korona B117 di Indonesia

Ferdian Ananda | Humaniora
BIN Cermati Dinamika Mutasi Virus Korona B117 di Indonesia

ANTARA/ JUSTIN TALLIS
Polisi menutup akses pelabuhan di Kent, Inggris untuk mencegah penyebaran mutasi virus covid-19 B117, (22/12/2020).

 

Adanya laporan mutasi virus korona berkode B117 telah masuk ke Indonesia. Di mana varian baru yang diduga berasal dari Inggris ini diketahui jauh lebih menular dibandingkan dengan virus asalnya

Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia terus mencermati dinamika varian baru mutasi virus korona yang terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk varian baru mutasi virus korona di Inggris B117.

"Temuan dua kasus mutasi B117 di Indonesia berdasarkan hasil riset tentang mutasi virus dari 462 spesimen di Indonesia beberapa bulan terakhir menggunakan metode whole genome sequence (WGS)," kata Juru bicara BIN Wawan Hari Purwanto dalam keterangan resmi, Rabu (3/3).

Baca juga:

Berdasarkan penemuan ini, sebut Wawan ke depan perlu pengembangan riset untuk mencari model penanganan lebih baik karena proses mutasi B117 sudah ada di sekitar masyarakat.

BIN juga terus melakukan berbagai langkah-langkah strategis sesuai kewenangannya, seiring munculnya kasus mutasi virus korona B117 yang terjadi di beberapa negara tetangga seperti Singapura (23 Desember 2020), Malaysia (12 Januari 2021), Vietnam (2 Februari 2021), Thailand (Januari 2021), dan Filipina ( 13 Januari 2021). Salah satu upaya antisipasi Pemerintah adalah memperketat masuknya WNA ke Indonesia dan melarang penerbangan dari Inggris.

Sebagaimana diketahui, varian baru virus korona B117 yang terjadi di Singapura datang dari seorang pelajar berusia 17 tahun yang telah belajar di Inggris.

Sementara, Thailand menemukan kasus pertama B117 pada empat warga negara asing asal Inggris. Adapun di Filipina kasus B117 ditemukan pada seorang agen properti berusia 29 tahun yang baru saja melakukan perjalanan ke Uni Emirat Arab.

BIN dan berbagai stakeholder lainnya terus berkoordinasi dan meningkatkan kerja sama, termasuk dalam pengembangan berbagai riset untuk menghadapi mutasi virus ini. "Masyarakat juga diimbau untuk tetap tenang dan meningkatkan disiplin Prokes 5M guna mengantisipasi virus ini," jelasnya.

Beberapa upaya tersebut diantaranya, meningkatkan disiplin ketat protokol kesehatan 5M, meningkatkan upaya penelitian untuk memutus rantai penularan covid-19, termasuk dengan mendorong lahirnya obat maupun vaksin karya anak bangsa, memperketat penerapan PPKM Mikro.

"Mengimbau seluruh elemen dan komponen bangsa bergotong royong berpartisipasi mengatasi pandemi covid-19 dan optimis menang lawan corona dan mengimbau masyarakat mengikuti program vaksinasi," pungkasnya. (H-3)

Baca Juga

IPB University

Rektor IPB Ungkap Plus Minus Peleburan Kemenristek ke Kemendikbud

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 18 April 2021, 08:05 WIB
REKTOR IPB University, Arif Satria mengungkap plus minus penggabungan Kemenristek ke Kemendikbud, sesuai keputusan rapat paripurna...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Pemerintah Jerman Tawarkan Bantuan untuk Organisasi Budaya

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 18 April 2021, 06:56 WIB
Di Indonesia, proses pendaftaran untuk Dana Bantuan Internasional sudah dibuka dan akan berlangsung sampai 7 Mei...
MI/Seno

Zaman Ruwaibidhah

👤Nasaruddin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal 🕔Minggu 18 April 2021, 05:25 WIB
Ciri-ciri orang Ruwaibidhah yang diadopsi generasi penghancur, yaitu merasa sok pintar padahal dungu, tidak mau mendengarkan nasihat dari...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya