Rabu 03 Maret 2021, 02:20 WIB

Memberi Motivasi dan Inspirasi Melalui Buku

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Memberi Motivasi dan Inspirasi Melalui Buku

DOK Pribadi
Bowo Cahyono Nugroho

 

KEGAGALAN bukan menjadi akhir dari segalanya. Dengan kerja keras tanpa kenal lelah serta optimisme, kegagalan yang dialami pada akhirnya bisa berubah menjadi sebuah kesuksesan.

Hal itulah yang dialami Bowo Cahyono Nugriho. Pria asal Gunung Kidul, Yogyakarta kini mampu meraih kesuksesan setelah usaha yang dibangunnya mengalami keterpurukan.

"Bisnis yang saya bangun terpuruk akibat pandemi Covid-19. Utang ratusan juta harus saya tanggung. Akibatnya, saya 'dikejar-kejar' debt collector alias penagih utang," ujar Bowo, pekan lalu.

Namun, keterpurukan tersebut tidak membuat Bowo patah semangat. Dengan usaha keras, Bowo mengaku berusaha keras untuk bangkit. Belajar dari pengalaman dan kesalahan di masa lalu, Bowo akhirnya mampu bangkit dan bisa meraih kesuksesan.

Pengalaman dan segala perjuangan yang dilakukan untuk sukses, dituangkan Bowo dalam buku 'Titik Balik, Hidup Apa Adanya'. "Buku ini saya tulis hanya dalam waktu satu bulan. Buku ini benar-benar berisi pengalaman dan metode yang saya lakukan untuk bangkit di tengah keterpurukan ekonomi,” kata Bowo.

Dalam buku setebal 195 halaman tersebut, Bowo menceritakan berbagai pengalaman dalam usahanya untuk meraiah kesuksesa. Misalnya pilihan dirinya menggunakan media sosial dalam jual beli kendaraan, kisah meraih sukses tanpa berutang, kiat berbisnis dengan modal kecil, dan sebagainya.

Selain membagi pengalaman, jelas Bowo, dirinya ingin memotivasi orang lain yang pernah mengalami kegagalan untuk tidak menyerah dalam perjuangan meraih kesuksesan.

"Saya berharap, melalui buku ini mereka yang pernah mengalami keterpurukan atau kegagalan seperti saya, bisa termotivasi untuk bangkit. Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu," tegasnya. (RO/OL-15)

Baca Juga

AFP/CHAIDEER MAHYUDDIN

IDI: Efikasi di Atas Ambang Batas, Vaksin Asal Tiongkok Layak

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 14 April 2021, 08:36 WIB
"Nanti masalah efektivitas kan sambil berjalan. Kalau perlu nanti diulang, jadi enggak perlu diributkan. Yang penting dari WHO bisa...
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Indonesia Perkuat Kepemimpinan Perempuan di Sektor Swasta

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Rabu 14 April 2021, 06:14 WIB
Indonesia akan jadi tuan rumah G20 Empower yang bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan mendukung kemajuan kepemimpinan perempuan di...
Dok Webinar PIBK UMJ

Xpooz Jadi Pioner Marketplace UMKM Kampus Muhammadiyah

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 06:14 WIB
Pusat Inkubator dan Bisnis Kewirausahaan Universitas Muhammadiyah Jakarta berhasil menciptakan inovasi e-commerce bernama Xpooz ...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya