Rabu 03 Maret 2021, 02:20 WIB

Memberi Motivasi dan Inspirasi Melalui Buku

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Memberi Motivasi dan Inspirasi Melalui Buku

DOK Pribadi
Bowo Cahyono Nugroho

 

KEGAGALAN bukan menjadi akhir dari segalanya. Dengan kerja keras tanpa kenal lelah serta optimisme, kegagalan yang dialami pada akhirnya bisa berubah menjadi sebuah kesuksesan.

Hal itulah yang dialami Bowo Cahyono Nugriho. Pria asal Gunung Kidul, Yogyakarta kini mampu meraih kesuksesan setelah usaha yang dibangunnya mengalami keterpurukan.

"Bisnis yang saya bangun terpuruk akibat pandemi Covid-19. Utang ratusan juta harus saya tanggung. Akibatnya, saya 'dikejar-kejar' debt collector alias penagih utang," ujar Bowo, pekan lalu.

Namun, keterpurukan tersebut tidak membuat Bowo patah semangat. Dengan usaha keras, Bowo mengaku berusaha keras untuk bangkit. Belajar dari pengalaman dan kesalahan di masa lalu, Bowo akhirnya mampu bangkit dan bisa meraih kesuksesan.

Pengalaman dan segala perjuangan yang dilakukan untuk sukses, dituangkan Bowo dalam buku 'Titik Balik, Hidup Apa Adanya'. "Buku ini saya tulis hanya dalam waktu satu bulan. Buku ini benar-benar berisi pengalaman dan metode yang saya lakukan untuk bangkit di tengah keterpurukan ekonomi,” kata Bowo.

Dalam buku setebal 195 halaman tersebut, Bowo menceritakan berbagai pengalaman dalam usahanya untuk meraiah kesuksesa. Misalnya pilihan dirinya menggunakan media sosial dalam jual beli kendaraan, kisah meraih sukses tanpa berutang, kiat berbisnis dengan modal kecil, dan sebagainya.

Selain membagi pengalaman, jelas Bowo, dirinya ingin memotivasi orang lain yang pernah mengalami kegagalan untuk tidak menyerah dalam perjuangan meraih kesuksesan.

"Saya berharap, melalui buku ini mereka yang pernah mengalami keterpurukan atau kegagalan seperti saya, bisa termotivasi untuk bangkit. Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu," tegasnya. (RO/OL-15)

Baca Juga

Dok. Dyandra Promosindo

Ekosistem Teknologi Kemendikbudristek Wujudkan Lompatan Kemajuan Pendidikan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 13:50 WIB
platform yang sudah ada pada ekosistem teknologi pendidikan di Indonesia saat ini adalah Merdeka Mengajar, Rapor Pendidikan, ARKAS, SIPLah,...
Ist/DPR

Peringati Hari Pemuda Internasional, DPR Serukan Pesan Solidaritas Antargenerasi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:56 WIB
Generasi Milenial maupun Z, memiliki peran masing-masing sesuai sektornya yang tentu berkontribusi besar bagi kemajuan negara dan...
ANTARA FOTO/Rony Muharrman

BKSDA Aceh Selamatkan Harimau Sumatra yang Terkena Jerat di Gayo Lues

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:06 WIB
Berdasarkan hasil pemeriksaan dan penanganan tim medis di lapangan, kondisi Harimau Sumatra ini mengalami infeksi luka dan perlu dilakukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya