Rabu 03 Februari 2021, 22:00 WIB

El Amry Kembali Jabat Rektor Universitas Nasional

mediaindonesia.com | Humaniora
El Amry Kembali Jabat Rektor Universitas Nasional

dok.Humas Unas
Foto bersama pejabat terkait seusai pelantikan Rektor Unas periode 2021-2025.

 

Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. resmi dilantik kembali sebagai Rektor Universitas Nasional periode 2021-2025. Ini merupakan periode ke-4 El Amry menjabat Rektor Universitas Nasional sejak 2009.

Kinerja El Amry dianggap baik dan memiliki prestasi dalam membangun Universitas Nasional, sehingga pihak Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan, memperpanjang masa jabatannya sebagai Rektor Universitas Nasional dengan persetujuan seluruh anggota senat Universitas Nasional.

"Selamat kepada Saudara Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A., yang diberikan amanah dan kepercayaan menjadi Rektor Universitas Nasional Periode 2021-2025, semoga amanah ini dapat diemban dengan baik dan sungguh-sungguh,” ujar Ketua Pengurus Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan Dr. Ramlan Siregar, M.Si, dalam pelantikan rektor Universitas Nasional, yang digelar di gedung cyber library UNAS, kemarin.

Dalam keterangan tertulis yang diterima mediaindonesia.com, Rabu (3/2), kinerja El Amry dinilai cukup baik dan mampu meningkatkan prestasi Universitas Nasional. Oleh sebab itu, pihak Yayasan memperpanjang masa jabatan El Amry selama empat tahun lagi hingga 2025.

Dalam sambutannya, Ramlan juga membacakan rekomendasi program-program kerja dalam rangka peningkatan mutu pendidikan tinggi antara lain menaikkan ranking dan prestasi Universitas Nasional, peningkatan sistem tata kelola berbasis IT, peningkatan jenjang pendidikan S3 dan jabatan fungsional dosen, peningkatan jenjang pendidikan dan keterampilan tenaga kependidikan, peningkatan jumlah penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta publikasi nasional dan internasional.

Kemudian, peningkatan fasilitas laboratorium yang bertaraf nasional maupun internasional, peningkatan anggaran Tracer Study untuk menjangkau para alumni, pembinaan integritas dan pelatihan bagi mahasiswa, penyempurnaan sistem dokumentasi dan penjaminan mutu Universitas Nasional, dan untuk mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran Universitas Nasional perlu dibuat pakta integritas bagi seluruh civitasa akademika Universitas Nasional.

Sementara El Amry Bermawi Putera, M.A. mengungkapkan terima kasih telah diberikan kepercayaan kembali untuk memimpin Universitas Nasional selama empat tahun kedepan. "Dalam menjaga amanah ini, Kami akan terus menguatkan komitmen dan jalinan kebersamaan, dengan seluruh civitas akademika Universitas Nasional, untuk terus membangun kampus ini menjadi kampus yang unggul,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan ke depan Universitas Nasional harus menjadi research-oriented university. Dengan cara mendorong ekosistem riset yang fokus pada knowledge-creation dan knowledge-transfer, riset yang hadir sebagai jembatan pembangunan ekonomi sosial, riset yang menerapkan pull-approach, dan menjadikan peneliti Universitas Nasional solution-driven yang berupaya menjawab tantangan-tantangan di masyarakat.

“Universitas harus menjadi garda terdepan dalam menyiapkan inovasi dan inovator dalam upaya menuju knowledge-base economy. Ini dilakukan dengan meningkatkan kapasitas riset sebagai fondasi Tri Dharma Pendidikan Tinggi,” ucap El Amry.

Pada kesempatan sama, Plt. Sekjen Kemendikbud Prof. Ainun Na’im, M.B.A., Ph.D. mengatakan saat ini perguruan tinggi menghadapi tantangan kedepan dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul. Menurutnya terdapat dua tantangan besar yaitu pengetahuan, teknologi dan inovasi yang berpengaruh pada industri, kemudian adalah pandemi covid-19.  Kedua tantangan tersebut telah mendisrupsi perguruan tinggi.

Dengan tantangan itu, jelas dia, memaksa perguruan tinggi untuk menggunakan teknologi semaksimal mungkin. Karena itu, katanya, kedua hal tersebut harus dikombinasikan sehingga dapat menghasilkan proses yang efektif dalam mencetak lulusan yang bisa bekerja dan berkontribusi kepada masyarakat. (OL-13)

Baca Juga

Ant/M Risyal Hidayat

Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran Tinggal 405

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 23 September 2021, 11:55 WIB
RUMAH Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat kini tinggal merawat 405 pasien covid-19, Kamis...
MI/Dok SETWAPRES

Wapres Tegaskan Penanganan Kemiskinan Ekstrem jadi Prioritas

👤Indriyani Astuti 🕔Kamis 23 September 2021, 11:50 WIB
Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, jumlah penduduk Indonesia yang berada di bawah garis kemiskinan hingga kuartal pertama 2021...
ANTARA/AMPELSA

Komisi X: Guru Kesulitan Tembus Passing Grade Seleksi PPPK

👤Ilham Pratama Putra 🕔Kamis 23 September 2021, 11:50 WIB
Guru honorer saat ini masih berharap adanya penambahan poin sebagai afirmasi. Afirmasi tambahan poin dapat mempertimbangkan lama...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sarjana di Tengah Era Disrupsi

Toga kesarjanaan sebagai simbol bahwa seseorang memiliki gelar akademik yang tinggi akan menjadi sia-sia jika tidak bermanfaat bagi diri dan orang banyak di era yang cepat berubah ini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya