Minggu 27 Juni 2021, 11:00 WIB

Khasiat Minyak Cengkeh, Lindungi Gigi, hingga Redam Penuaan Kulit

Zubaedah Hanum | Humaniora
Khasiat Minyak Cengkeh, Lindungi Gigi, hingga Redam Penuaan Kulit

Antara
Proses penyulingan minyak cengkeh di Batang, Jawa Tengah.

 

MINYAK cengkeh adalah minyak esensial yang diekstrak dari kuncup bunga pada pohon cengkeh, dan potensi manfaat kesehatan dari penggunaan minyak cengkeh ini telah dikenal sudah sejak lama.

Pohon cengkeh berasal dari tanaman hijau dari keluarga Myrtaceae dan tunas kecil berwarna coklat kemerahan biasanya dikeringkan dan digunakan sebagai rempah-rempah.

Dalam bentuk minyak, cengkeh sebenarnya memiliki khasiat lainnya. Apa saja itu?

1. Sebagai anestesi lokal
Dilansir dari Thelist, tunas cengkeh juga mengandung minyak hingga 20%, yang sering diekstraksi dan digunakan sebagai anestesi lokal untuk sakit gigi, germisida, obat kumur, dan pemanis.

2. Cegah erosi gigi
Minyak cengkeh paling dikenal karena manfaat kesehatan untuk gigi. Menurut laporan dalam International Journal of Dentistry, minyak cengkeh kaya akan kandungan eugenol dan eugenyl asetat yang merupakan dua bahan yang telah terbukti dapat mencegah dekalsifikasi dan erosi gigi.

Erosi gigi adalah terkikisnya permukaan gigi akibat proses yang terjadi secara kimiawi, di mana lingkungan mulut bersifat asam dengan pH di bawah 5.

3. Lawan gigi berlubang
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research, para peneliti juga menemukan minyak cengkeh sebagai produk alami paling efektif dalam melawan gigi berlubang.

4. Obati jerawat
Sebuah studi rinci di National Library of Medicine juga menemukan bahwa minyak cengkeh mengandung sifat anti-inflamasi, antioksidan, antijamur, dan antimikroba, sehingga membantu dalam merawat kondisi kulit seperti jerawat dan meningkatkan kekebalan terhadap penyakit.

5. Kurangi peradangan
Pharma Innovation Journal menerbitkan sebuah penelitian pada tahun 2019 yang menunjukkan bahwa minyak cengkeh mampu mengurangi peradangan sebanyak 35,7% dalam percobaan laboratorium.

Minyak cengkeh juga berhasil diberikan untuk mengobati penyakit inflamasi seperti asma, fibrosis, dan edema.

6. Meredam penuaan kulit
Menurut Science Direct, minyak cengkeh juga telah digunakan dalam krim kulit karena sifat anti-penuaannya.

Eugenol dan eugenyl acetate terikat dengan membran sel, melindungi  kulit dari serangan radikal bebas penyebab kanker dan pemicu penuaan di dalam tubuh.

7. Antialergi
Bahan-bahan ini juga dapat menghambat pelepasan histamin yang dipicu oleh respons imun alergi, sehingga bermanfaat bagi penderita alergi musiman.

8. Mengatasi mual
Orang dengan masalah pencernaan juga dapat merasa lega dengan menambahkan minyak cengkeh ke makanan mereka. Studi menunjukkan bahwa minyak cengkeh dapat membantu dengan mual, mabuk perjalanan, dan iritasi usus.

9. Terapi pasien covid-19
Di masa pandemi ini banyak orang yang mengalami anosmia atau kehilangan indera penciuman sebagai gejala awal covid-19.

Sejumlah praktisi dan spesialis aromaterapi merekomendasikan pasien covid-19 untuk mencoba pelatihan penciuman, yaitu mencium empat minyak esensial yang berbeda, termasuk minyak cengkeh selama 20-40 detik, masing-masing dua kali atau tiga kali sehari. Tiga minyak esensial lainnya ialah minyak mawar, lemon, dan kayu putih. (H-2)

Baca Juga

 MIANDRI WIDIYANTO

Vaksinasi Rabies Tekan Risiko Kematian 'Anak Bulu'

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 27 November 2021, 06:00 WIB
Hewan peliharaan yang terinfeksi rabies dapat menularkan virus itu kepada pemiliknya lewat gigitan yang membuat...
MI/Dok Kristana Parinters Makur

Orangutan Jantan Terekam Makan Kukang di Kalimantan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 27 November 2021, 04:30 WIB
Orangutan Jantan Terekam Makan Kukang di...
MI/Ist

Gobel Minta Ada Kesamaan Standar Halal Internasional

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 04:07 WIB
"Harus diakui, saat ini, masih ada perbedaan-perbedaan di antara negara-negara atau lembaga-lembaga pemberi sertifikat halal tentang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya