Jumat 29 Januari 2021, 12:51 WIB

Luhut: Kita Bawa Danau Toba ke Panggung Wisata Dunia Tanpa Batas

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Luhut: Kita Bawa Danau Toba ke Panggung Wisata Dunia Tanpa Batas

MI/SUMARYANTO
Danau Toba

 

MENKO Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bertekad mengembangkan Danau Toba, Sumatra Utara, menjadi wisata kelas dunia atau internasional.

Hal itu disampaikan usai penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) dengan Institut Teknologi Del dan Perjanjian Kerja Bersama Ditjen Bina Penta Kemenaker dengan PT Toba Tenun Sejahtera, Kamis (28/1).

"Kita bawa Danau Toba ke panggung wisata dunia yang tanpa batas," ujar Luhut dalam keterangan yang dikutip, Jumat (29/1).

Baca juga: Wapres Ajak Umat Islam Istighosah untuk Pandemi Covid-19

Luhut menjelaskan kerja sama tersebut dilakukan untuk mengembangkan teknologi wisata berbasis digital serta mengembangkan pelatihan masyarakat agar dapat berkontribusi dalam membangun pariwisata Danau Toba.

Menurutnya, kerja sama dengan IT Del merupakan pengembangan teknologi wisata berbasis digital yang merupakan langkah tepat untuk dilakukan di era digital saat ini.

Selain itu, kata Luhut, pendampingan dan pelatihan yang dilakukan bersama-sama dengan Toba Tenun, menjadi langkah yang tepat untuk mendorong masyarakat di Danau Toba dan sekitarnya untuk aktif berkontribusi bersama-sama.

"Saya gembira Menteri Ketenagakerjaan mengambil inisiatif menyiapkan SDM yang kompeten di bidang pariwisata, khususnya di Destinasi Wisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba," tutur Menko Marves.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menyampaikan, pariwisata di Indonesia merupakan sektor yang paling terdampak dengan adanya pandemi covid-19.

“Hampir 6,5 juta orang nyaris terpangkas pendapatannya karena dampak yang luar biasa ini," keluhnya.

Pihaknya, lanjut Ida, telah menempatkan program pelatihan tenaga kerja pariwisata untuk 2021 dan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas akan menjadi fokus interfensi mereka. (OL-1)

Baca Juga

MI/ HO

Dirjen Pendis Ajak Guru Beradaptasi dengan Kondisi Kontemporer

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:58 WIB
Ramdani mengajak agar para guru terus aktif mengikuti perkembangan...
MI/ Moh Irfan

Covid-19 Masih Menginfeksi, Hari ini 224 Kasus Positif

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:42 WIB
Dengan penambahan kasus positif hari ini, maka total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai jumlah 6.054.173...
AFP/Brian WJ Mahy.

CDC Sebut Kasus Cacar Monyet Serang Pelaku Homoseksual

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:25 WIB
CDC mendesak penyedia layanan kesehatan di AS untuk waspada terhadap pasien yang memiliki penyakit ruam yang konsisten dengan cacar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya