Rabu 27 Januari 2021, 23:52 WIB

Sinergi Pentahelix Bangun SDM Unggul Indonesia  

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Sinergi Pentahelix Bangun SDM Unggul Indonesia  

Dok. Pribadi
Dies Natalis STP Trisakti

 

DIREKTUR Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam mengingatkan saat ini perguruan tinggi harus bergandengan tangan dan bergotong royong, dengan pemerintah, swasta, masyarakat industri, dan media atau disebut sinergi pentahelix. Hal ini demi membangun sumber daya manusia unggul dengan semangat kemerdekaan dan semangat Kampus Merdeka. 

“Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul yang kreatif dan inovatif, perguruan tinggi harus bergotong-royong, seperti semangat Indonesia untuk melahirkan republik tercinta Ini, yang dimulai dengan rakyat dan seluruh kekuatan elemen bangsa bergotong-royong mewujudkan kemerdekaan tersebut,” kata Nizam saat menghadiri Dies Natalis ke-55 Yayasan Trisakti, di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti dengan tema "Bersama Kita Kuat, Membangun Institusi yang Berdaya Saing Global", Rabu (27/01). 

Nizam yang juga Guru Besar Universitas Gajah Mada (UGM) menegaskan, saat ini semua cepat berubah dengan dinamika zaman yang ditandai dengan kemajuan teknologi sangat pesat. Dampaknya mengharuskan beradaptasi dengan cepat. Ditambah lagi seluruh dunia juga masih dihadapkan pandemi Covid-19, situasi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. 

"Kita tidak mungkin menghasilkan manusia unggul hanya berdasarkan dari satu sisi akademik atau dari vokasi. Kita harus bersama-sama dengan perguruan tinggi, dengan pemerintah, dengan masyarakat, dengan dunia kerja dengan dunia industri dan dengan media massa membangun manusia unggul," lanjut Nizam. 

Nizam pun mengajak untuk mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa, dengan kebersamaan, saling mengisi, menopang dan bergotong royong. 

Untuk peringatan ulang tahun Yayasan Trisakti yang ke-55, Nizam mengucapkan selamat kepada seluruh keluarga besar Trisakti, dengan kekuatan dan semangatnya selama ini telah berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia melalui pendidikan, serta memberikan yang terbaik untuk anak bangsa. 

Baca juga : Rektor USU Terpilih tidak Terbukti Plagiat akan Dilantik Besok

"Selamat dan mudah-mudahan perjalanan Trisakti semakin kuat dan semakin sakti mewujudkan Indonesia yang menunjukkan kebersamaan," tutupnya. 

Pada kesempatan sama, Ketua STP Trisakti Fetty Asmaniati mengapresiasi Dirjen Dikti yang telah menghadiri acara Dies Natalis Yayasan Trisakti Ke-55. Fetty juga mengapresiasi stakeholder Yayasan Trisakti dari struktural, dosen, mahasiswa serta industri yang bekerja sama dengan Yayasan Trisakti, yang hadir secara virtual yang dihadiri sekitar 200 peserta.

Ia pun berharap di ulang tahunnya yang ke-55 ini, Yayasan Trisakti dapat lebih berkontribusi dan bermanfaat bagi NKRI. 

STP Trisakti ,kata Fetty mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Trisakti yang selalu memberikan arahan serta bimbingan, sesuai visi misi yang dicanangkan, sehingga kami dapat meraih prestasi di dalam negeri maupun luar negeri.

“Seluruh Civitas STP Trisakti berharap, Yayasan Trisakti dapat mendukung, mengawal dan mendampingi kami, sesuai dengan tema HUT Yayasan Trisakti ke-55, "Bersama Kita Kuat, Membangun Institusi Yang Berdaya Saing Global", pungkas Fetty

Turut hadir pada acara tersebut Ketua Umum Badang Pengurus Yayasan Trisakti Bimo Prakoso, Rektor dan Ketua perguruan tinggi di bawah Yayasan Trisakti. Acara berlangsung semarak dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat serta dilaksanakan secara luring dan daring melalui aplikasi telekonferensi. (OL-7)

Baca Juga

MI/Tosiani

PBNU Tegaskan Tolak Perpres Investasi Miras

👤Akhmad Mustain 🕔Senin 01 Maret 2021, 17:19 WIB
Said Aqil Siroj secara tegas menolak rencana pemerintah yang menjadikan industri minuman keras keluar dari daftar negatif...
Antara/Asep Fathulrahman.

Kemendikbud Lanjutkan Bantuan Kuota Data Internet Tahun Ini

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 01 Maret 2021, 16:41 WIB
Peserta didik PAUD mendapat 7 GB per bulan serta peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 10 GB per...
Ist

Dorong Makan Sehat untuk Cegah Stunting di Festival Isi Piringku

👤Eni Kartinah 🕔Senin 01 Maret 2021, 16:24 WIB
Menurut Riskesdas 2018, proporsi anak dengan status gizi pendek atau sangat pendek (stunting) sekitar 30.8%, masih lebih tinggi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya