Rabu 13 Januari 2021, 11:58 WIB

Bertemu Bupati Banyuwangi, Sandiaga Bahas Pengembangan Desa Wisata

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Bertemu Bupati Banyuwangi, Sandiaga Bahas Pengembangan Desa Wisata

Instagram @sandiuno
Menparekraf Sandiaga Uno (kiri) berfoto bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menuturkan, pertemuan dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Selasa (12/1), membahas pengembangan desa wisata di tengah pandemi covid-19.

"Dalam pertemuan dengan Bupati Banyuwangi, Bapak Azwar Anas, salah satu yang menjadi pembahasan kami adalah terkait pengembangan desa wisata, termasuk bagaimana usaha-usaha milik masyarakatnya bisa terberdayakan," tulis Sandiaga di akun media sosialnya, Rabu (13/1).

Mantan Wakil Gubernur DKI itu juga mengatakan membahas tentang program rencana Dana Alokasi Khusus (DAK) yang akan memberikan ruang bagi para pelaku seni budaya dan desa wisata untuk bertahan selama pandemi.

Baca juga: Presiden Sebut Vaksinasi adalah Ikhtiar Besar

Sandiaga menyebut, dengan membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat membuka potensi lapangan kerja yang lebih luas.

"Semoga dengan kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah, dan seluruh pemangku kepentingan, termasuk masyarakat, kita semua bisa membangkitkan kembali pariwisata dan ekonomi kreatif, dan kita garap lagi semua potensi lapangan kerja," jelasnya.

Dalam keterangan pers, Sandiaga menyebut Anas mampu menumbuhkan geliat UMKM di Banyuwangi, dari semula sebanyak 500 ribu menjadi sebanyak 5,3 juta pelaku UMKM.

Anas sendiri mengungkapkan, Kemenparekraf akan mengalokasikan SAK dan berupaya memberdayakan desa wisata dan pelaku seni budaya.

"Beliau tadi menyampaikan bagaimana program rencana DAK yang akan memberikan ruang bagi pelaku seni budaya dan wisata desa untuk bisa bangkit dan hidup. Tentu ini angin segar bagi daerah, dan mudah-mudahan ke depan bisa dieksekusi oleh Pak Menteri," pungkas Anas. (OL-1)

Baca Juga

AFP/Al Bello

Enam Obat Gaya Hidup untuk Panjang Umur

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 01:00 WIB
Diet tinggi dengan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan lebih rendah produk hewani dan makanan olahan telah dikaitkan dengan pencegahan...
Antara

GeNose akan Dipakai Deteksi Korona di Transportasi Publik

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 24 Januari 2021, 22:00 WIB
GeNose merupakan alat pendeteksi covid-19 buatan Indonesia, yang diinisiasi oleh tim peneliti dari Universitas Gadjah Mada...
Ist

480 Paket Bubur Bayi untuk Korban Gempa Sulbar

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 24 Januari 2021, 21:12 WIB
Sebanyak 480 paket bubur bayi disalurkan untuk korban gempa bumi di Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), sejak Selasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya