Minggu 27 Desember 2020, 21:15 WIB

Presiden: Penyertaan Tuhan Memampukan Umat Lampaui Kecemasan

Faustinus Nua | Humaniora
Presiden: Penyertaan Tuhan Memampukan Umat Lampaui Kecemasan

Medcom/Setpres
Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan Perayaan Natal Nasional 2020.

 

PERAYAAN Natal tahun ini yang dirayakan di tengah pandemi memang menjadi beban berat bagi semua umat Kristiani. Pasalnya, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Natal selalu dirayakan dalam suasana meriah.

Meski demikian, sebagai umat beriman hal itu tidak boleh membuat masyarakat Indonesia, khususnya umat Kristiani cepat putus asa. Di setiap perayaan Natal selalu ada cahaya lilin-lilin kecil yang mengingatkan akan kehadiran Tuhan yang bekerja untuk memulihkan umat manusia.

"Saya mengajak seluruh umat Kristiani untuk tidak kehilangan harapan. Penyertaan Tuhan yang Maha Pengasih memampukan seluruh umat untuk melampaui segala kecemasan dan kekhawatiran, bertransformasi untuk menghadapi masa-masa yang sulit," ungkap Presiden Joko Widodo dalam Perayaan Natal Nasional 2020, Minggu (27/12) malam.

Dalam krisis akibat pandemi ini, Presiden meminta semua masyarakat untuk tidak berdiam diri. Semua warga Indonesia harus bahu-menbahu berusaha, baik lahir maupun batin, menjalankan protokol kesehatan dengan sepenuh hati, penuh kedisiplinan menjaga diri, keluarga, dan para sahabat agar terhindar dari virus korona.

"Perayaan Natal harus menjadi puncak bagi tumbuhnya kesadaran baru, momentum untuk introspeksi, untuk selalu ingat cahaya sang terang bahwa manusia haruslah saling mencintai, saling menjaga, dan saling mengasohi sesamnya," tutur Jokowi.

Natal, lanjutnya, harus menjadi momentum untuk mewujudkan kasih Tuhan kepada sesama yang menderita. Saling tolong-menolong, saling peduli, dan saling berbagi beban dan senantiasa menghadirkan kebaikan bagi bangsa dan negara.

Presiden berharap umat Kritiani di mana pun berada untuk terus menyalakan lilin-lilin dalam hati. Lilin-lilin kebaikan memberi cahaya dalam kegelapan, membawa semangat baru bahwa kita bisa pulih dan bangkit kembali.

"Selamat Hari Natal dan Tahun Baru. Semoga cahaya sang terang selalu menuntun langkah kita," tutupnya. (OL-14)

Baca Juga

Dok Tanoto Foundation

Tanoto Foundation Latih Ribuan Guru Percepat Digitalisasi Pembelajaran

👤Media Indonesia 🕔Senin 18 Oktober 2021, 21:25 WIB
Menurut Satrijo, transformasi pembelajaran menggunakan teknologi harus dimulai dari diri guru-guru dan tenaga pendidik yang akan menjadi...
Dok Markoding

31 Remaja Menampilkan Solusi Inovatif untuk Masalah di Dunia Nyata

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 21:20 WIB
Banyak remaja merasa bahwa mereka tidak mengembangkan keterampilan ini melalui pendidikan...
http://www.halal.go.id/

Wajib Sertifikasi Halal Bagi Obat dan Kosmetik Dimulai, BPJPH Janji Percepat Layanan

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Senin 18 Oktober 2021, 20:49 WIB
Aqil mengatakan terobosan yang hendak dilakukan, yakni menerapkan digitalisasi layanan. BPJPH harus menerapkan pelayanannya secara digital...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya