Sabtu 26 Desember 2020, 10:00 WIB

Satgas: Kesiapan Daerah Distribusi Vaksin Covid-19 Sudah Baik

Humaniora | Humaniora
Satgas: Kesiapan Daerah Distribusi Vaksin Covid-19 Sudah Baik

ANTARA/ Foto Terbit
Prof Wiku Adisasmito memberikan keterangan pers

 

JURU Bicara Satgas Penanganan covid-19, Prof Wiku Adisasmito menyatakan secara umum kesiapan daerah untuk memastikan distribusi vaksin covid-19 sudah cukup baik. “Pemerintah pusat terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan distribusi vaksin covid-19 berjalan dengan lancar,” ujar Wiku dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (26/11).

Untuk distribusi vaksin akan dilakukan secara bertahap dan diutamakan pada populasi dan wilayah yang berisiko tinggi pada tingkat penularan yang tinggi. Terkait uji klinis vaksin Sinovac saat ini tengah berlangsung di Universitas Padjadjaran dan PT Bio Farma, lanjut dia, yang dilakukan melihat dosis yang aman dan efek samping yang mungkin terjadi.

Hasil uji klinis akan disampaikan kepada Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (POM) sebagai syarat untuk dikeluarkannya ermergency use of authorization (EUA).

Sementara terkait vaksin Merah Putih yang sedang dikembangkan Lembaga Biologi dan Molekuler Eijkman, adalah kandidat vaksin yang akan digunakan mengatasi pandemi covid-19 di Indonesia. Ditargetkan, setelah lulus uji klinis dan praklinis, diharapkan izin edar dapat dikeluarkan pada 2021.

“Bibit vaksin Merah Putih berpotensi akan diserahkan oleh Lembaga Biologi dan Molekuler Eijkman kepada PT Bio Farma pada triwulan pertama tahun 2021," kata Wiku.

Pemerintah saat ini tengah gencar mengedukasi masyarakat akan pentingnya vaksinasi dalam mengatasi pandemi covid-19 agar kekebalan komunitas atau herd Immunity semakin mudah tercapai.(Ant/H-1)

Baca Juga

DOK KLHK

Menteri LHK Instruksikan Jajaran Perbaiki Diri

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 21:00 WIB
Menteri Siti mengatakan pada periode triwulan pertama saat ini, KLHK juga sedang dalam masa audit kinerja dan laporan keuangan oleh Badan...
Antara

Umat Muslim Memulai Ramadan di Bawah Bayang-bayang Korona

👤Adiyanto 🕔Selasa 13 April 2021, 20:35 WIB
Melonjaknya kasus virus korona di banyak bagian dunia membayangi dimulainya bulan suci Ramadan pada tahun...
Antara/KUWADI/

Ongkos Pergi Haji Kemungkinan bakal Naik, ini Alasannya

👤Adiyanto 🕔Selasa 13 April 2021, 20:25 WIB
Kondisi pandemi covid 19 menjadi salah satu alasan terkait rencana kenaikan ongkos haji, karena akan berkonsekuensi dengan penerapan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya