Rabu 23 Desember 2020, 18:50 WIB

Wury Ma'ruf Amin Berharap Pelaku Kriya, Seni, dan Budaya Adaptif

Indriyani Astuti | Humaniora
Wury Ma

Setwapres RI
Istri Wakil Presiden RI Wury Ma'ruf Amin

 

PANDEMI Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) turut berdampak pada sektor pariwisata dan seni kreatif. Istri Wakil Presiden RI Wury Ma'ruf Amin menyampaikan agar para pelaku kriya, seni, dan budaya dapat beradaptasi dengan teknologi digital sehingga bisa memasarkan produknya.

“Pelaku Kriya, seni, dan budaya juga dituntut untuk mampu melakukan berbagai penyesuaian selama pandemi ini, termasuk peralihan aktivitas usaha ke ruang-ruang digital,” tegas Wury Ma’ruf Amin pada acara Peringatan Hari Ibu yang diselenggarakan secara virtual oleh Mitra Seni Indonesia, Rabu (23/12)

Wury menyampaikan, bahwa kondisi pandemi Covid-19 ini hendaknya tidak menjadi penghalang untuk terus berkreasi, berinovasi, bertransformasi, menggali potensi diri dan menciptakan peluang-peluang baru. Sebab, kreasi yang konsisten tersebut merupakan salah satu modal utama pelestarian budaya Indonesia yang secara langsung dapat mendukung pergerakan sektor ekonomi kreatif Indonesia.

“Dengan kreatifitas dan inovasi, saya percaya ibu-ibu Mitra Seni Indonesia dapat mendukung dan menggerakkan kembali seni pertunjukan tradisional, seni kerajinan, seni kuliner dan seni budaya lainnya, yang pada akhirnya dapat membawa dampak terhadap perkembangan ekonomi kreatif Indonesia,” ungkap Wury.

Pada acara peringatan Hari Ibu yang bertajuk “Ibu Tangguh Hadapi Masa Pandemi” ini, Wury pun mengajak kepada para ibu untuk terus memaksimalkan perannya dalam mengelola dan mengatasi segala permasalahan yang terjadi akibat pandemi Covid-19, terutama di lingkungan terdekat yaitu keluarga dan sekitarnya.

"Saya percaya, ibu-ibu di organisasi Mitra Seni Indonesia ini adalah perempuan yang tangguh, yang tidak hanya berperan sebagai Ibu Rumah Tangga, tetapi juga berkiprah di luar rumah dengan berbagai karya dan usaha," tuturnya.

Menutup sambutannya, secara khusus, Ia memberikan apresiasi kepada Mitra Seni Indonesia atas berbagai kiprahnya dalam pelestarian dan pengembangan seni budaya di Indonesia. Salah satu contohnya adalah pelaksanaan Pagelaran Amal Ludruk Mitra Seni Indonesia yang telah diselenggarakan secara virtual pada 30 Agustus 2020 lalu. (H-2)

Baca Juga

MI/Koresponden

KLHK Tingkatkan Antisipasi Karhutla di Sejumlah Wilayah

👤 Atalya Puspa 🕔Senin 16 Mei 2022, 11:54 WIB
BMKG mengungkapkan bahwa cuaca panas akan terjadi sepanjang Mei 2022. KLHK akan meningkatkan kewaspadaan munculnya kebakaran...
MI/ MOH IRFAN

Bali Bisa Jadi Percontohan Implementasi Pembanngunan Berkelanjutan

👤Atalya Puspa 🕔Senin 16 Mei 2022, 11:39 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya mengungkapkan bahwa Provinsi Bali bisa menjadi percontohan dalam aktualisasi sustainable developement dan...
Ist/Kemendes PDTT

Kejar Ketertinggalan, Gus Halim: Pengelolaan RSNU Harus Profesional

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 10:16 WIB
Pengelolaan Rumah Sakit Nadhlatul Ulama (RSNU) selama ini relatif tertinggal dibandingkan dengan penyelenggara layananan Kesehatan milik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya