Rabu 02 Desember 2020, 19:25 WIB

Beasiswa Kemendikbud Dicairkan Sesuai Jadwal

Faustinus Nua | Humaniora
Beasiswa Kemendikbud Dicairkan Sesuai Jadwal

ANTARA/BASRI MARZUKI
Mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) mempersiapkan lubang untuk penanaman pohon di Kelurahan Balaroa, Palu, Sulteng, Rabu (21/10).

 

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Nizam menegaskan bahwa beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mahasiswa tahun 2020, termasuk penerima beasiswa Bidikmisi diberikan sesuai tepat waktu.

"Selama ini beasiswa dikeluarkan sesuai jadwal, biasanya ada beberapa yang retur karena perubahan rekening, data tidak lengkap dan sebagainya," ungkap Nizam kepada Media Indonesia, Rabu (2/11).

Baca juga: BNPB : Pengungsi Bencana dari Kelompok Rentan agar Dipisah

Saat ini, beasiswa bagi mahasiswa tidak dikelola Ditjen Dikti, melainkan di Pusat Pembiayaan Pendidikan Kemdikbud. Ditjen Dikti pun terus memantau perkembangan pemberian beasiswa tersebut.

Nizam menjelaskan, bahwa berdasarkan pantauanya, hanya sedikit mahasiswa yang telat menerima beasiswa karena permasalahan data. "Sejauh pantauan saya, yang retur atau tertolak jumlahnya sangat sedikit, di bawah 2%," imbuhnya.

Dia memastikan bahwa penerima beasiswa yang mengalami permasalahan data tersebut tetap akan menerimanya. Namun, terlebih dahulu harus diperbaiki perubahan data.

Sebelumnya, ada sejumlah keluhan dari para penerima beasiswa lantaran terjadi keterlambatan pembayaran. Tidak hanya beasiswa Kemendikbud, tapi juga beasiswa dari pemerintah daerah.

Nizam menambahkan, kadang perguruan tinggi terlambat melakukan update. Sehingga, muncul permasalahan seperti yang dikeluhkan. (H-3)

Baca Juga

ANTARA/Nyoman Budhiana

Hadapi 1 Juta Kasus Covid-19, NasDem Waspadai Kegiatan Wisata

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 27 Januari 2021, 00:08 WIB
Kemenparekraf harus memastikan tempat-tempat wisata mematuhi protokol...
Ist

Inovasi New Normal untuk Industri Perhotelan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:40 WIB
Inovasi produk yang dilakukan S2i tidak ditujukan untuk menghilangkan aspek kemanusiaan pada sebuah...
Antgara/M.RIsyal Hidayat

Dukung Penerapan GeNose di Kereta, Pengamat : Praktis dan Murah  

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:04 WIB
Menurutnya, pemakaian GeNose akan menguntungkan masyarakat, karena harga yang dipatok dianggap murah sekitar Rp20 ribu per...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya