Jumat 06 November 2020, 17:55 WIB

Jemaah Umrah Kena Covid-19, Kementerian Agama Langsung Evaluasi

Syarief Oebaidillah | Humaniora
 Jemaah Umrah Kena Covid-19, Kementerian Agama Langsung Evaluasi

AFP
.

 

TERDAPAT tiga jemaah Indonesia yang terdeteksi terjangkit covid-19 di Mekkah, Arab Saudi. Terkait hal itu, Kementerian Agama tengah melakukan evaluasi.

"Terkait soal ini, evaluasi masih dalam proses. Akan kami sampaikan jika sudah ada hasil evaluasi," kata Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Oman Faturahman menjawab Media Indonesia, Jumat (6/11) .

Terpisah, Konsul Haji RI di Jeddah, Arab Saudi, Endang Jumali mengatakan tiga jemaah umrah saat ini sedang menjalani karantina di Mekkah. Menurutnya, untuk pelaksanaan umrah bagi jemaah terdampak tetap akan dilaksanakan.

"Ini karena masa berlaku umrah selama 30 hari. Untuk akomodasi akan ditanggung pihak muassasah di Arab Saudi," kata Endang.

Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Umrah Haji RI (Amphuri) Zaki Galih yang juga sedang bertugas melaksanakan umrah di Arab Saudi mengemukakan tiga jemaah terdampak covid-19 dalam kondisi baik.

"Alhamdulillah dalam keadaan sehat dan masih di ruang isolasi. Tiga jemaah yang diduga positif tidak dalam keadaan sakit. Sesuai regulasi, mereka dikarantina tambahan selama 7 hari. Setelah di-swab, semoga hasil tes mereka negatif sehingga dapat kembali umrah," kata Zaky saat dikonfirmasi.

Hemat dia, prinsipnya mereka akan tetap dapat berumrah. Namun prosedurnya akann dikoordinasikan pihak muassasah.

Menyinggung tes PCR bagi tiga jemaah tersebut saat di Indonesia, Zaky menepis dugaan tes tersebut abal-abal. Menurutnya, PCR indonesia sudah bagus.

"Bisa saja jemaah umrah kita ini terkena di perjalanan. Selain itu, ini karena keseriusan pemerintah Saudi dalam melindungi jemaah," tukas Zaky. (OL-14)

Baca Juga

Dok: Humas Basarnas Bandung

28 Korban Meninggal Longsor Sumedang Berhasil Ditemukan

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 17 Januari 2021, 10:19 WIB
Data per Minggu (17/1) pukul 03.59 WIB, total korban yang berhasil ditemukan tim gabungan berjumlah 28 orang dan 12 orang masih dinyatakan...
ANTARA FOTO/Olha Mulalinda

Ini Kelompok Masyarakat yang tak Bisa Diberi Vaksin Covid-19 Sinov

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 17 Januari 2021, 07:12 WIB
Beberapa kelompok yang tak bisa mendapatkan vaksin covid-19 sinovac yakni memiliki riwayat positif covid-19, wanita hamil dan menyusui,...
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Kemendikbud Turunkan Tim untuk Bantu Korban Gempa Sulawesi Barat

👤Suryani Wandari 🕔Minggu 17 Januari 2021, 05:34 WIB
Kemendikbud mendata terdapat 10 sekolah di Kab Majene, 14 sekolah di Kab Mamuju dan 3 sekolah di Kab Mamasa yang rusak akibat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya