Kamis 22 Oktober 2020, 16:01 WIB

Pondok Pesantren Institusi Teladan Perangi Covid-19

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
Pondok Pesantren Institusi Teladan Perangi Covid-19

ANTARA/Syaiful Arif
.

 

DALAM peringatan Hari Santri yang diperingati setiap 22 Oktober, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar menginginkan pondok pesantren menjadi institusi teladan dalam memerangi covid-19 yang sekarang masih melanda Indonesia.

"Mari kita menjadikan pondok pesantren ini sebagai institusi teladan dalam kesehatan masyarakat, terutama dalam rangka memproteksi diri dari covid-19," kata KH Nasaruddin Umar dalam diskusi Santri Sehat Indonesia Kuat dari Media Center Satgas Covid-19, Graha BNPB Jakarta, Kamis (22/10).

Hal itu terwujud dengan banyaknya pesantren yang berhasil melawan pandemi covid-19. Menurutnya, tradisi kedisiplinan yang selama ini diajarkan kepada para santri serta keteladanan dan sikap kehati-hatian kiai serta pengasuh pesantren menjadi modal utama dalam mewujudkan iman, aman, dan imun.

Misalnya, menjaga jarak dalam salat berjamaah, makanan harus steril, area kantin steril, dan ada pembatasan antara masyarakat luar dengan warga pondok pesantren.

Ia juga mengingatkan untuk terus berusaha melawan virus karena semua penyakit datang dari Allah. "Segala sesuatu itu, termasuk penyakit berasal dari Allah SWT. Tetapi kita diperintahkan oleh Allah untuk senantiasa berikhtiar ya kan. Segala penyakit itu pasti ada obatnya,” kata Nasaruddin. (OL-14)

Baca Juga

Dok. Istimewa

Galon Plastik Sekali Pakai Disebut Mudah Didaur Ulang

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 02 Desember 2020, 21:02 WIB
Kode plastik daur ulang Nomor 1 tergolong mudah didaur ulang dan dapat digunakan...
MI/Rommy Pujianto

Data Komprehensif Penyandang Disabilitas Mendesak Diwujudkan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:07 WIB
Pemanfaatan data secara komprehensif itu untuk kepentingan penanganan para penyandang disabilitas yang juga merupakan bagian dari warga...
Dok. LAPAN

Ternyata, Indonesia Negara Kedua di Asia yang Luncurkan Roket

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:40 WIB
Tipe roket yang dikembangkan antara lain RX-100, RX-120, RX-360, RX-450, RX-550. Roket RX-450 yang mengemban misi sebagai roket peluncur...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya