Kamis 24 September 2020, 12:22 WIB

41 Desa Masuk ke Destinasi Wisata Super Prioritas

Insi Nantika Jelita | Humaniora
41 Desa Masuk ke Destinasi Wisata Super Prioritas

ANTARA/Yusuf Nugroho
Wisatawan menikmati wisata River Tubing atau menyusuri sungai menggunakan ban di Sungai Logung, Desa Tanjungrejo, Kudus, Jawa Tengah.

 

MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengungkapkan ada 41 desa yang masuk ke destinasi wisata super prioritas.

"Ada 41 desa di lima daerah super prioritas yang ditugaskan kepada Kementerian Desa untuk melakukan penanganan," kata Abdul dalam keterangan resmi, Rabu (23/9).

Ke-41 desa yang masuk dalam Destinasi Wisata Super Prioritas itu berada di Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Baca juga: DPR RI Tegaskan Lagi Dukungannya atas Anggaran Kemensos Rp92,817 T

Di Labuan Bajo, misalnya kata Abdul, ada delapan desa. Lalu di kawasan wisata Mandalika ada 13 desa dan di Kawasan Borobudur disiapkan 10 desa.

"Kawasan Danau Toba ada delapan desa dan destinasi wisata Likupang ada dua desa. Semua titik ini sudah siap," kata Menteri Desa PDTT.

Abdul juga mencontohkan, di Kabupaten Simalungun, titik desa terletak di Desa Pariksabungan, kemudian di Kabupaten Samosir titiknya di Desa Sosotdolok, Kabupaten Toba Samosir, titik di Desa Wisata Farabunga dan Parparean I.

Ia menuturkan, titik di desa wisata itu telah dikoordinasikan oleh Kemendes PDTT dengan Kementerian Pariwisata.

"Hal ini sudah didetaikan dan tinggal melangkah," kata Abdul.

Ia secara tegas menyatakan jika titik-titik yang ditentukan sudah siap untuk dilaksanakan dan akan turun langsung ke lapangan untuk mengecek langsung persiapan desa wisata tersebut. (OL-1)

Baca Juga

Antara/Demas Reviyanto

Ada RS Promosikan Vaksin Mandiri, Persi : Sabar, Tunggu Kebijakan 

👤SuryaniWandari Putri Pertiwi 🕔Selasa 19 Januari 2021, 01:38 WIB
Beberapa rumah sakit telah melakukan preorder atau pre-registrasi vaksin virus korona. Hal tersebut nampak dari beberapa postingan di media...
Dok. Pribadi

Santunan Korban Kecelakaan Bukan Bentuk Ganti Rugi

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 19 Januari 2021, 00:59 WIB
"Santunan diberikan bukan sebagai ganti nyawa yang hilang, tetapi agar keluarga yang ditinggalkan dapat tetap memenuhi kebutuhan...
Dok. Octa Investasma

Octa Investama Luncurkan Inisiatif Bantu Korban Bencana Alam

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 19 Januari 2021, 00:56 WIB
Sebelumnya, , Octa Investama Berjangka juga telah  menyalurkan bantuan kepada 700 keluarga  kurang beruntung di daerah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya