Sabtu 19 September 2020, 14:00 WIB

Sambut Mahasiswa, Unas Kenalkan Kampus secara Virtual

mediaindonesia.com | Humaniora
Sambut Mahasiswa, Unas Kenalkan Kampus secara Virtual

Istimewa
Pembelajaran jarak jauh bukan hal asing bagi Unas.

 

PADA semester ganjil tahun akademik 2020/2021, Universitas Nasional (Unas) menyambut mahasiswa baru lewat Pengenalan Lingkungan Kampus dan Budaya Akademik (PLBA) secara virtual. Hal ini sesuai imbauan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang menegaskan masa orientasi studi tidak boleh dilakukan tatap muka di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

“Kegiatan PLBA di Unas ini pertama kalinya dilaksanakan virtual dengan menggunakan aplikasi video conference. Sekitar 2.400 mahasiswa baru dari setiap program studi mengikuti kegiatan ini, baik kelas reguler maupun karyawan,” ujar Ketua Panitia PLBA Unas Prof Iskandar Fitri, ST, MT dalam pembukaan kegiatan secara virtual, kemarin.

Dalam keterangan tertulisnya, Iskandar menjelaskan terdapat 5 materi PLBA yakni akademik terkait perkuliahan, hak kewajiban dan kemahasiswaan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, norma kehidupan kampus, dan narkoba.

“Kelima materi disampaikan dosen agar mahasiswa baru bisa menyiapkan motivasi, mental, dan pikiran dalam rencana strategi perkuliahan. Harapannya, mahasiswa bisa mencapai semua proses perkuliahan secara optimal dan lulus tepat waktu dengan kompetensi baik,” jelas Wakil Rektor bidang Akademik Unas itu.

Rektor Unas Dr El Amry Bermawi Putera, MA mengatakan PLBA virtual bukan tantangan besar bagi Unas. Sejak 2015, Unas sudah menggunakan metode perkuliahan berbasis blended learning yang menggabungkan antara perkuliahan online dan tatap muka.

"Saat Kemendikbud mewajibkan aktivitas kuliah dan orientasi secara daring, dosen dan mahasiswa Unas sudah terbiasa mengikutinya. Dengan metode virtual, kami masih bisa belajar, berkarya, beraktivitas, dan berkreativitas dengan baik,” ucap Rektor.

Terlebih, saat ini pembelajaran berbasis teknologi harus dikembangkan. Ia berharap, di era industri 4.0 dan society 5.0 mahasiswa baru mampu menjadi pribadi mandiri dan menciptakan banyak peluang untuk berkarya di tengah permasalahan yang nyata di masyarakat.

Salah satu instruktur PLBA, Dr Tatang Mitra Setia, MSi mengatakan penerapan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) ialah bentuk kesiapan Unas dalam menyongsong era digital. "Meski sebelum pandemi, Unas sudah menerapkan kuliah online, PJJ ialah salah satu solusi permasalahan untuk physical distancing di new normal sehingga kampus tetap memperhatikan protokol kesehatan,” katanya saat menjelaskan materi mengenai Akademik.

Kepala Program Studi S2 Biologi Unas itu berharap mahasiswa baru dapat mulai beradaptasi dengan metode PJJ, agar ke depannya dapat melakukan perkuliahan secara baik dan lancar yakni pada pertengahan September.

Sambutan hangat bagi mahasiswa baru ini juga disampaikan Mendikbud Nadiem Anwar Makarim, melalui rekaman video. Nadiem berharap pandemi memberikan hikmah pembelajaran kepada mahasiswa. Kondisi ini diharapkan dapat memicu kreativitas dan inovasi semua pihak, selain menguatkan implementasi adaptasi kebiasaan baru.

Pesan virtual pun datang dari Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Ia berharap mahasiswa memiliki sikap dan perilaku yang berlandaskan nasionalisme, serta kesadaran berbangsa dan bernegara.

Kegiatan PLBA ini diakhiri dengan pengumuman pemenang doorprize secara virtual oleh Kabiro Administrasi Umum Unas Dr. (Cand) Ian Zulfikar, M.Si. Doorprize berupa tablet diberikan kepada 9 mahasiswa baru dari tiap fakultas dengan resume materi terbaik saat kegiatan berlangsung. (OL-13)

Baca Juga

MI/VICKY GUSTIAWAN

Membuka Nesowi dari Kepulan Kabut Ketertinggalan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 11:10 WIB
Jarak tempuh dari kota menuju Desa Nesowi menjadi lebih jauh lantaran aksesnya yang...
DOK KEMENSOS

Percepat Pengentasan Masalah Sosial di Indonesia, Mensos Luncurkan Program Pejuang Muda

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 10:33 WIB
Mensos memaparkan Program Pejuang Muda adalah laboratorium sosial bagi para mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu dan...
DOK KEMENDIKBUDRISTEK

Mendikbudristek Mendengar dan Mengajak BEM Berkolaborasi Sukseskan Merdeka Belajar

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 09:00 WIB
Mendikbudristek menjelaskan dua hal utama yang ingin diwujudkan melalui berbagai program dan kebijakan, yaitu sekolah dan perguruan tinggi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya