Selasa 14 Juli 2020, 17:35 WIB

Pemerintah Terus Dorong Penyediaan Vaksin Covid-19

Emir Chairullah | Humaniora
Pemerintah Terus Dorong Penyediaan Vaksin Covid-19

MI/ADAM DWI
Wakil Presiden Ma'ruf Amin

 

PEMERINTAH terus mendorong dan mendukung upaya riset untuk penyediaan vaksin maupun obat untuk mengatasi infeksi akibat virus Covid-19. 

“Kita sepenuhnya mendorong dan mendukung upaya tersebut sehingga target tersedianya vaksin pada pertengahan tahun depan dapat terealisasi, bahkan kita doakan bisa lebih awal lagi,” kata Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam Dialog Virtual Nasional Lintas Iman dengan tema ‘Peran dan Tantangan Agama di Masa dan Paska Pandemik’ yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Masjid Istiqlal, Selasa (14/7).

Wapres mengakui, upaya yang dilakukan sejumlah negara untuk menemukan vaksin maupun obat virus Covid-19 bukan sesuatu yang mudah. Apalagi, tambahnya, setiap negara membutuhkan waktu tambahan agar obat maupun vaksin bisa tersedia secara luas. 

“Untuk itu pemerintah juga telah menyiapkan protokol pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru (AKB) agar masyarakat aman Covid-19 dan produktif,” jelasnya.

Baca juga: Covid-19 Hari Ini Bertambah 1.591, Sembuh 947

Menghadapi AKB, ungkap Wapres, pemerintah mengajak para tokoh agama untuk terus menyemangati masyarakat agar tidak mudah berputus asa atau menyerah, serta mau memahami dan mematuhi protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah. 

“Saya yakin peran para tokoh agama sangat penting untuk memastikan keberhasilan kebijakan ini. Saya juga ingin mengajak para tokoh agama untuk membangkitkan semangat umat agar bekerja keras dalam rangka memulihkan kembali keadaan seperti sebelum Covid-19 serta mengejar ketertinggalan yang terjadi akibat Covid-19,” ujarnya.

Ma’ruf juga mendorong semangat umat untuk mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi guna mewujudkan kemaslahatan atau kemanfaatan bagi umat manusia. 

“Kemajuan Iptek di tengah arus globalisasi yang cepat saat ini adalah suatu keniscayaan yang tidak mungkin dihindari. Selain berbagai manfaat yang telah dirasakan, kemajuan Iptek juga membawa dampak disruptif atau perubahan mendasar yang telah dan akan mengubah cara dunia beraktivitas, berbisnis, berproduksi, bertransaksi, dan berinteraksi,” pungkasnya. (A-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Sulawesi, Pusat Lokasi Penemuan Spesies Baru

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 28 Januari 2022, 08:47 WIB
Dari keseluruhan penemuan tersebut, hampir sebagian besar spesies baru yang ditemukan merupakan endemik flora dan fauna dari lokasi...
dok.ist

Ringankan Beban Mitra GRP Bagikan 5.500 Paket Sembako

👤mediaindonesia.comWika Salurkan Paket Sembako ke Jemaat HKBP Jatisampurna 🕔Jumat 28 Januari 2022, 07:43 WIB
KALI ini produsen baja nasional di Cikarang, Jawa Barat tersebut, memberikan bantuan sembako kepada sekitar 5.500 karyawan dan...
freepik

Ini Empat Langkah untuk Terapkan Self Love

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 28 Januari 2022, 07:30 WIB
Konsep self love tampak mudah ketika dibicarakan namun lebih sulit dan menjadi tantangan tersendiri ketika dijalankan setiap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya