Jumat 10 Juli 2020, 14:03 WIB

Minggu Besok, Gereja Katedral Jakarta Kembali Dibuka

Thomas Harming Suwarta | Humaniora
Minggu Besok, Gereja Katedral Jakarta Kembali Dibuka

MI/Andri Widiyanto
Suasana misa malam Natal di Gereja Katedral Jakarta.

 

KEUSKUPAN Agung Jakarta (KAJ) akan membuka kembali gereja untuk ibadah offline secara bertahap. Pada Minggu (12/7) besok, Gereja Katedral Jakarta menjadi pertama setelah sekian lama ditutup akibat pandemi covid-19.

Sekjen KAJ Adi Prasodjo menjelaskan pada tahap pertama ini sudah dikeluarkan Surat Keputusan bagi Paroki Katedral, Paroki Harapan Indah dan Paroki Gereja St. Maria Tangerang, untuk kembali mengadakan Misa Minggu dengan jumlah umat terbatas.

Baca juga: Soal Misa Tatap Muka, Gereja Katolik Pangkas Jemaat Hingga 80%

"Ketiga Paroki ini tentu sudah menjalankan prosedur pengajuan izin sesuai arahan KAJ. Sudah dilakukan pengecekan ke lokasi untuk kesiapannya. Tentu saja untuk tahap pertama ini kita akan evaluasi untuk tahap-tahap selanjutnya," ujar Adi dalam keterangan resmi, Jumat (10/7).

Akan tetapi, lanjut dia, keputusan ini tidak menjadi patokan bagi paroki lain untuk segera membuka gereja. Izin yang diberikan KAJ kepada paroki mempertimbangkan kesiapan, jumlah umat yang bisa ditangani, serta memenuhi ketentuan dalam Pedoman Umum KAJ.

"Paroki yang sudah mendapatkan izin, akan tetap dievaluasi dan ditinjau secara kontinu. Dalam rangka memastikan gereja menerima umatnya mengikuti misa dengan aman dan nyaman," pungkas Adi.(OL-11)
 

Baca Juga

Dok. Istimewa

Berisiko Terkena Varises, Lakukan USG Skrining

👤MI 🕔Rabu 02 Desember 2020, 01:05 WIB
VARISES terjadi karena pembuluh darah membengkak atau melebar akibat penumpukan darah di pembuluh...
Dok. Istimewa

Seks Bebas Penyebab Terbanyak Penularan HIV/AIDS

👤MI 🕔Rabu 02 Desember 2020, 00:45 WIB
SEBAGIAN besar pasien HIV/AIDS tidak menyangka dan sebagian kecil dari mereka sudah menebak kemungkinan menderita penyakit menular...
DOK MI

WZF Miliki Peran Penting Pulihkan Ekonomi Pascapandemi Covid-19

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 02 Desember 2020, 00:29 WIB
Ekonomi Islam dapat menjadi lokomotif dalam membantu pemulihan ekonomi global. Ia menaruh harapan pada WZF yang kini menjadi wadah bagi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya