Selasa 21 April 2020, 06:00 WIB

Bantu Paramedis, Pengusaha Fesyen Jahit Sendiri Baju Hazmat

mediaindonesia.com | Humaniora
Bantu Paramedis, Pengusaha Fesyen Jahit Sendiri Baju Hazmat

Istimewa
Penyerahan bantuan APD untuk Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat I Said Sukanto, Jakarta.

 

HINGGA 5 April 2020, sebanyak 24 dokter dan 11 perawat meninggal dunia karena terinfeksi virus korona baru atau covid-19 di Tanah Air.  Minimnya alat pelindung diri (APD) berupa baju hazmat yang berkualitas bagi tenaga medis menjadi salah satu alasannya gugurnya mereka saat bertugas.

Hal itu membuat pemilik usaha fesyen muslim Ana Sofa Yuking merasa terpanggil dan memutuskan menghentikan sementara produksi pakaian muslimnya berlabel Dehawa. "Saya fokus memproduksi ribuan APD berupa baju hazmat yang disalurkannya secara gratis melalui program Dehawa Berbagi kepada tim medis di seluruh Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Media Indonesia, kemarin.

Hingga kemarin, Dehawa Berbagi telah menyalurkan APD berupa baju hazmat dan masker kepada tenaga medis di Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat I Said Sukanto, Jakarta, sebagai salah satu RS rujukan covid-19. Ana menyerahkan bantuan itu secara langsung kepada Kepala Tata Usaha RS Bhayangkara Tingkat I Said Sukanto Bapak Sumaryono didampingi Dokter Peter Andreas Lumbaraja di Jakarta, Senin 14 April 2020.

Selanjutnya, kata Ana, bantuan APD juga akan diserahkan ke seluruh Puskesmas di wilayah Jakarta Selatan; beberapa Puskesmas di Tangerang; RSU Abdul Moeloek Bandar Lampung; RSUD Kota Bumi; RSUD dan Puskesmas di wilayah Kabupaten Way Kanan; RSUD di Aceh dan beberapa Puskesmas di berbagai daerah.

Dengan semakin meluasnya penyebaran virus covid-19 di seluruh wilayah Indonesia, imbuhnya, Dehawa yang berbasis di Jakarta Selatan itu merasa perlu ikut berkontribusi untuk meringankan tugas pemerintah. Dehawa menggandeng Kantor Hukum Yuking & Co untuk aksi kemanusiaan itu.

Ana Sofa Yuking meyakini bahwa dalam kondisi seperti saat ini, kita merasa perlu saling menguatkan, saling berbagi dengan segenap kemampuan yang kita miliki, demi kepentingan kesehatan kita bersama.

"Dengan berakhirnya wabah virus covid-19 nanti, anak-anak kita bisa kembali bersekolah, para pekerja bisa kembali beraktifitas, Pemerintah bisa kembali fokus menjalankan pembangunan, seluruh umat beragama bisa kembali ke tempat ibadah, dan yang terpenting bumi kita kembali sehat. Aamiin," harapnya. (RO/H-2)

 

Baca Juga

AFP

Kasus Covid-19 Melonjak, Kapolri Evaluasi Penanganan Wilayah

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 22:15 WIB
Seperti diketahui, per Jumat (15/1) kemarin, kasus positif covid-19 di Indonesia bertambah sebanyak 12.818...
Dok. Istimewa

Menparekraf Sandiaga Apresiasi Pengembangan The Mandalika

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 22:04 WIB
Arahan Presiden adalah agar MotoGP 2021 siap dan dapat...
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

AJI: Jurnalis Rentan Alami Kekerasan Seksual Saat Liputan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 21:01 WIB
Ada 34 jurnalis dari berbagai kota yang mengisi survei kami, 25 responden pernah mengalami kekerasan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya