Kamis 05 Desember 2019, 05:20 WIB

PT Harus Diberi Kemerdekaan Pembelajaran

(Aiw/Bay/H-1) | Humaniora
 PT Harus Diberi Kemerdekaan Pembelajaran

MI/ BARY FATHAHILAH
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan sambutan saat pelantikan Rektor Universitas Indonesia (UI) di Balai Purnomo

 

UPAYA meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di pendidikan tinggi hanya bisa dilakukan melalui kemerdekaan belajar dan menempatkan guru/dosen sebagai penggerak. Kemerdekaan belajar berarti kemerdekaan di setiap jenjang pendidikan yang berarti pemerintah akan memberikan kepecayaan kepada institusi pendidikan, pendidik dimerdekakan dari birokrasi, dan mahasiswa diberi kemerdekaan untuk belajar sesuai keinginan dan kegemaran mereka.

Demikian dikemukakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim di acara pelantikan Rektor UI periode 2019-2024 di Balai Purnomo UI, Depok, Jawa Barat, kemarin. "Lima tahun, kalau mau perguruan tinggi kita bisa semakin relevan, dan berdampak positif kepada mahasiswa, kita harus melakukan perubahan ini," tandasnya.

Nadiem menambahkan, dampak terbesar yang bisa dilakukan perguruan tinggi ialah mencetak mahasiswa sebagai pemimpin masa depan. Sementara itu, guru/dosen penggerak ialah dosen yang lebih banyak belajar dan bertanya kepada mahasiswa daripada memberi ceramah, berinisiatif mencari ilmu baru, dan mencari orang lain yang tepat untuk meningkatkan pembelajaran, serta merasa bangga jika mahasiswa memiliki kemampuan yang melebihi kemampuannya.

"Lima tahun ke depan prioritas utama adalah pada saat mahasiswa keluar dia bisa, sesukses apa dan karakternya seperti apa. Semua keputusan dosen, anggaran, regulasi, kelembagaan, semua harus difilter apa dampak ini kepada mahasiswa kita," ujar Nadiem.

Pada kesempatan itu, Ketua MWA UI Saleh Husin mengaku optimistis Rektor UI Profesor Ari Kuncoro, yang baru saja dilantik kemarin, dapat mengangkat peringkat UI lebih baik lagi menuju world class university. Guna mewujudkan itu, menurut Saleh, Rektor Ari mesti membentuk team work yang baik, solid, kompak, kerja cerdas, dan guyub menjadi satu sinergi yang kukuh guna membawa UI terbang tinggi. (Aiw/Bay/H-1)

Baca Juga

Antara/Rosa Panggabean

Raffi Ahmad tidak Diproses, Pengamat: Muncul Public Distrust

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 17 Januari 2021, 17:20 WIB
Apabila tidak diproses secara hukum, pelanggaran prokes Raffi Ahmad berpotensi mengancam program vaksinasi covid-19 dan menurunkan...
Ist/BRI

BRI Dirikan Posko dan Berikan Bantuan untuk Korban Banjir Kalsel

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Januari 2021, 14:27 WIB
BRI bergerak cepat dengan mendirikan posko dan menyalurkan bantuan awal tanggap darurat bagi para korban banjir di beberapa wilayah...
ANTARA/ akbar Tado

BNPB Beri Dana Stimulan Bagi Rumah Rusak Akibat Gempa Sulbar

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 17 Januari 2021, 14:20 WIB
Kerusakan rumah warga akibat gempabumi menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, pemprov dan pemerintah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya