Senin 16 Januari 2023, 14:15 WIB

Jaz Rilis Single Move On Tutorial

Basuki Eka Purnama | Hiburan
Jaz Rilis Single Move On Tutorial

Instagram @jaz_hayat
Jaz

 

SETELAH merilis album Transisi, pertengahan 2022 lalu, Jaz kembali merilis single terbaru berjudul Move On Tutorial.

"Setelah album Transisi, yang banyak menghadirkan eksperimen dari segi musik, rasanya lagu ini pas banget untuk menggambarkan bahwa aku move on ke fase berikutnya. Jadi, ini memang transisi perjalanan musik Jaz," ungkap Jaz dikutip dari siaran resmi, Senin (16/1).

"Setiap orang pasti pernah sedih dan tersakiti. Tapi, suatu saat, rasa sakit hati itu akan hilang dan digantikan oleh sesuatu yang baru. Entah itu dalam bentuk seseorang atau situasi yang baru. Untuk mengingatkan akan hal itulah, lagu Move On Tutorial ini lahir," imbuhnya.

Baca juga: Jaz Hayat akan Gelar Showcase di Bandung pada 15 Juli

Proses pembuatan single ini sendiri tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Jaz cukup menjalani workshop sekali dengan Kaleb J sebagai pencipta Move On Tutorial.

Kemudian, proses pembuatan lagu ini dilanjutkan dengan rekaman, dan kemudian memasuki tahap mixing dan mastering. Total pengerjaannya memakan waktu satu bulan.

Diakui Jaz, dari beberapa lagu ciptaan Kaleb J yang ditawarkan kepadanya, lagu ini langsung membuatnya jatuh cinta.

"Awalnya, aku ditanya, lagu seperti apa yang sedang aku dengarkan belakangan ini dan aku kasih beberapa judul lagu. Dari situ, mereka menangkap gaya musik seperti apa yang aku suka dan memberikan lagu ini," ujar Jaz.

"Musik dan temanya memang aku banget, tapi ada sedikit perubahan dari lagu-lagu yang terdahulu karena beat-nya terdengar seksi dan menghentak. Serunya kerja sama dengan teman baru adalah nuansa segar yang dihadirkan. Treatment audio dan sound-nya terasa lebih modern," lanjutnya.

Meski waktu pengerjaannya tergolong cepat, bukan berarti karya ini lahir dengan mudah. Jaz sempat menghadapi kendala teknis.

"Awalnya, aku pikir, rekaman single ini akan mudah. Paling hanya memakan 2-3 jam. Ternyata, karena kendala teknis, rekaman harus dilakukan berulang-ulang. Dari yang semangat, lama-lama jadi mulai terasa berat. Di situlah tantanganku, menjaga mood agar tetap bisa menyanyikan lagu ini dengan baik," kata Jaz.

"Tapi, karena dikelilingi vibe baru, aku jadi merasa senang. Proses rekaman single ini juga jadi momen untuk belajar karena aku jadi dapat banyak hal baru dan masukan dari para musisi yang membantuku di sini. Di tengah obrolan kami, aku bisa belajar tentang formula penulisan lagu dan bagaimana pemilihan judul yang catchy dan unik. Ini jelas pengalaman yang berkesan," sambungnya.

Single terbaru Jaz, Move On Tutorial, sudah bisa didengar di platform musik digital sejak 23 Desember 2022 lalu. (Ant/OL-1)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

MI/USMAN ISKANDAR

Polda Metro terapkan penjagaan berlapis saat konser Dewa 19 di JIS

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:23 WIB
Selain itu 100 personel Satpol PP, 471 petugas pengamanan, 475 kru dan 170 petugas medis serta disiapkan 10 unit ambulans gawat...
Dok Eventori.

Memasuki Tahun Ketiga Eventori Universe Semakin Banyak Berkolaborasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 20:21 WIB
Perjalanan Eventori dalam tiga tahun terakhir membuahkan beberapa unit bisnis dengan cangkupan yang luas dan semakin merata pada sektor...
MI/HO

Trailer Sudah Ditonton 1,2 Juta Kali, Waktu Maghrib Siap Tayang 9 Febuari

👤Meilani Teniwut 🕔Jumat 03 Februari 2023, 12:30 WIB
Film Waktu Maghrib dibintangi oleh sederet aktor muda dan berbakat, antara lain Aulia Sarah, Taskya Namya, Ali Fikry, Bima Sena, Nafiza...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya