Sabtu 19 November 2022, 04:45 WIB

Industri Podcast Indonesia Tumbuh 5 Kali Lipat dalam Tiga Tahun Terakhir

Basuki Eka Purnama | Hiburan
Industri Podcast Indonesia Tumbuh 5 Kali Lipat dalam Tiga Tahun Terakhir

AFP/Stefani Reynolds
Logo Spotify terlihat di sebuah layar ponsel

 

HAMPIR seribu peserta, termasuk deretan kreator lokal dan penggiat industri, menghadiri Konferensi Podcast pertama Spotify di Asia di Jakarta, Rabu (16/11) lalu untuk membahas bagaimana hubungan antara masyarakat Indonesia dengan podcast berubah serta bagaimana Spotify mempelopori pertumbuhan podcast di Indonesia.

Dalam konferensi yang digelar di The Kasablanka Main Hall tersebut, Spotify mengungkapkan bahwa fitur Video Podcast kini sudah tersedia untuk semua kreator.  

Di awal tahun, Spotify meluncurkan serangkaian Video Podcast Original dan Exclusive untuk memperluas catalog konten dalam platform dan kini, semua kreator podcast dapat memanfaatkan fitur tersebut melalui Anchor, platform podcasting milik Spotify. 

Baca juga: Jumlah Audiens Mentok? Ini Kiat Mendongkrak Podcast

Selama sehari penuh, peserta disuguhi berbagai keynotes, panels, dan workshops yang inspiratif dan diisi berbagai pembicara terbaik di industri.  

Teman Tidur, Kita dan Waktu, BKR Brothers, RAPOT, dan masih banyak lagi datang berdiskusi dan bertukar ide mengenai cara untuk mendorong pertumbuhan podcast di Indonesia kedepannya.

Mulai dari kreator yang membagikan perjalanan podcast mereka, sampai para pakar yang membagikan data dan tren di Indonesia, semua sesi dikemas secara padat dan menyenangkan sepanjang hari. 

Peserta tidak hanya saling berinteraksi dan menikmati berbagai topik menarik, namun juga dapat melihat pengalaman “Merinding di Spotify” hingga menyaksikan Podkesmas tampil secara langsung di atas panggung di depan ribuan penonton. 

Mereka juga dapat mendengarkan semua Podcast Original dan Exclusive di Spotify melalui listening pods yang disediakan bagi seluruh peserta konferensi.

“Kami telah melihat pertumbuhan yang luar biasa di dunia podcast di Indonesia. Sejak peluncuran podcast dalam Spotify di Indonesia pada tahun 2019, kami melihat adanya 5x lipat peningkatan dalam jumlah konsumsi podcast di Spotify,” ungkap General Manager Spotify Asia Pacific Gautam Talwar. 

Gautam menambahkan, sejak 1 November 2022, Indonesia menempati 10 besar negara dengan pendengar podcast Spotify terbanyak secara global. Semua pencapaian ini diperoleh berkat upaya Spotify yang memungkinkan kreator lokal untuk terus berkarya mereka melalui inovasi dan kemudahan akses terhadap keahlian Spotify di industri ini. 

Beberapa inisiatif tersebut mencakup kemitraan dengan Siberkreasi untuk mengadakan kelas-kelas podcasting dan workshop dengan para kreator dan ahli, serta melalui Video Podcast yang kini tersedia melalui Anchor, gratis bagi semua lapisan masyarakat. 

Saat ini, 95% podcast di Indonesia dibuat melalui Anchor, menjadikan Indonesia di posisi teratas di seluruh dunia untuk adopsi penggunaan Anchor dalam pembuatan konten podcast. 

“Kami percaya Indonesia siap untuk pertumbuhan yang lebih besar tahun depan. Bahkan, 1 dari 4 pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap harinya. Kami akan terus memperluas dan mendukung pertumbuhan industri podcast di Indonesia,” ujar Head of Studios Spotify Southeast Asia Carl Zuzarte. 

Zuzarte menambahkan gelaran konferensi podcast pertama se-Asia ini jadi bukti atas komitmen berkelanjutan Spotify pada para kreator dan pendengar di tanah air. 

Dengan koleksi lebih dari 4,7 juta judul podcast secara global, kreator selalu menjadi motor penggerak pertumbuhan platform ini di Indonesia. Dari horor sampai percakapan intim dan pengembangan karakter, kreator Indonesia terus menghadirkan ragam konten kreatif mereka. 

Untuk mempererat hubungan antara kreator dan pendengarnya, Spotify menyediakan fitur terbaru, seperti Q&A dan Polls dan juga membawa pengalaman baru bagi para pendengarnya dalam menemukan konten di dalam platform melalui fitur Music + Talk. Pendengar bisa menjelajahi dan mendengarkan lagu dalam satu episode podcast, sebagaimana mereka mendengarkan sebuah playlist. 

“Sebuah  pengalaman luar biasa buat kami bisa jadi bagian dari perjalanan podcast di Indonesia,” ujar Tsana, kreator Rintik Sedu. yang kini berada di posisi ke-6 podcast secara global setelah peluncuran episode Video Podcast-nya pada 14 Juli lalu. 

“Kami senang mengetahui Spotify memfasilitasi dan terus membawa inovasi untuk para kreator sehingga kami dapat membentuk koneksi yang mendalam dan bermakna dengan para pendengar. Salah satu yang memungkinkan hal tersebut adalah format Video Podcast,” imbuhnya.

Di konferensi ini, Tsana berbincang dalam sebuah sesi bertajuk “Podcast Suara Gen Z” bersama dengan Cape Mikir with Jebung, Kita dan Waktu, dan Karin ‘Awkarin’ Novilda yang dimoderatori Patra Gumala dan Kemal Palevi dari Podcast Ancur. (RO/OL-1)

Baca Juga

Imdb

Ini Sontekan Film Bertema Natal Terbaru 2022

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Rabu 30 November 2022, 16:39 WIB
Bulan Desember paling banyak dikaitkan dengan liburan, natal dan tahun baru. Anda pun dapat menghabiskan waktu dengan keluarga sembari...
ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Weezer Gandeng The Adams untuk Bawakan Anak Sekolah

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 30 November 2022, 12:45 WIB
Vokalis Weezer itu terdengar fasih menyanyikan lagu Anak Sekolah, mengingat ia mengaku telah berlatih berbicara Bahasa Indonesia selama...
AFP/ANGELA WEISS

Hailey Bieber Merasa Berdaya dengan Berbisnis

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Rabu 30 November 2022, 12:30 WIB
"Bagian paling favoritku dalam seluruh proses membangun Rhode ini adalah proses kreatifnya. Aku sangat terlibat dalam proses kreatif...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya