Rabu 27 Oktober 2021, 05:30 WIB

Podcast Makin Digemari, Noice Fasilitasi Konten Kreator Asal Bandung

Basuki Eka Purnama | Hiburan
Podcast Makin Digemari, Noice Fasilitasi Konten Kreator Asal Bandung

MI/Dok Noice
Kegiatan Nongkrong di Noice

 

KONTEN audio seperti podcast, audiobook, ataupun live audio, kian meraih popularitas. Tidak hanya karena kualitas kontennya, tetapi juga dari sisi fleksibilitas yang memungkinkan pendengarnya untuk tetap menikmati konten tanpa harus  melihat layar (screenless) atau sambil melakukan banyak kegiatan sekaligus (multitasking). 

Popularitas konten audio tidak hanya terasa di ibu kota, tetapi juga di berbagai daerah dan kota di Indonesia, termasuk Bandung. 

Platform konten audio streaming lokal Noice, mencatat Bandung sebagai salah satu dari 5 kota dengan pendengar podcast terbanyak di platform tersebut dengan lebih dari 250,000 pengguna hingga saat ini berasal dari Bandung. 

Baca juga: Dylan Pearce Rilis Single Terbaru Berjudul Visions

Noice menghadirkan berbagai vertikal seperti podcast, radio, audiobook dan yang terbaru adalah fitur live audio, dengan mengusung fitur interaktif yang memungkinkan kreator untuk dapat berkomunikasi langsung dengan pendengarnya. 

Hal lain yang membuat Noice berbeda adalah konten dengan cita rasa lokal yang menjadi unggulan di berbagai daerah. Noice berkolaborasi dengan konten kreator di berbagai daerah, termasuk Bandung, untuk menciptakan konten dengan dialek lokal serta mengangkat topik yang relevan dengan wilayah tersebut. 

Chief Business Officer (CBO) Noice Niken Sasmaya mengatakan, "Bandung selalu memiliki daya tarik spesial bagi industri kreatif  di Indonesia,  yang terlihat dari menjamurnya radio lokal dan podcast asli Bandung." 

"Di tengah banyak tantangan yang terjadi untuk media lokal, data kami mencatat kota ini menjadi salah satu kota dengan pertumbuhan konten kreator sekaligus pendengar podcast terbanyak di tanah air. Melihat potensi yang menjanjikan ini, kami ingin merangkul konten kreator asal Bandung, termasuk radio-radio favorit warga Bandung untuk dapat menjangkau audience secara lebih luas dengan memanfaatkan teknologi dan fasilitas yang kami hadirkan di Noice. Bersama-sama kita akan kembangkan ekosistem konten audio di kota Bandung," lanjutnya.

Sebagai perusahaan anak bangsa, Noice sangat memahami karakteristik konten yang sesuai dengan masyarakat Indonesia pada umumnya. Hal itu ditunjukkan dengan genre konten menarik asal daerah yang dibawakan dengan dialek lokal terus berkembang. 

"Konten-konten yang menjadi favorit pendengar Noice mencakup genre komedi, horror, hobi, hingga cerita lokal. Banyak perantau rindu kampung halaman dan ketika mereka mendengar podcast dari kota asalnya di Noice, mereka merasa relate dan terkoneksi secara emosional, merasa pulang ke kota tersebut. Inilah alasan kenapa kami ingin merangkul lebih banyak lagi konten kreator lokal, khususnya Bandung, untuk berkarya dan membangun komunitasnya di Noice," jelas VP of Content Noice Thomas Raditya.

Berbagai konten hyperlocal bercita rasa lokal yang memiliki kekhasan tersendiri telah menarik perhatian besar dari Paranoice, sebutan untuk pengguna Noice, yang multikultural dari berbagai pelosok negeri. 

Para konten kreator di Bandung yang telah berkarya di Noice misalnya, banyak mengangkat topik seputar sejarah, olahraga sepak bola, kuliner, gaya hidup, problem sosial, hingga kebiasaan-kebiasaan khas warga kota kembang. 

Konten itu terbukti tidak hanya menarik minat pendengar untuk menjelajah beragam konten yang tersedia di Noice, tetapi juga menumbuhkan loyalitas mereka terhadap konten dan kreator yang mereka sukai. Hal ini juga didukung dengan adanya fitur interaktif yang menghadirkan pengalaman unik bagi pendengar untuk dapat berinteraksi dengan kreator dan Paranoice lainnya.  

Podcaster Noice Exclusive Balik Bandoeng Fiqie Melano mengatakan, "Platform Noice menawarkan konsep yang berbeda bagi kami untuk berkreasi. Kami diberikan keleluasaan untuk mengangkat topik, konsep lokal Bandung, dan dialek Sunda sebagai medium menyampaikan pesan melalui podcast, sehingga kami merasa lebih dekat dengan pendengar. Apalagi yang dibahas dalam podcast kami adalah Persib Bandung, Maung Bandung yang merupakan kebanggaan wargi bandung. Dengan penggunaan bahasa lokal dan mengangkat topik terkini di Bandung, topik podcast kami  terasa lebih hidup dan mengena." 

Selain Balik Bandoeng, beberapa podcast di Noice yang mengangkat topik tentang Bandung antara lain BDG Podcast, BGST (Bandung Ghost Story), Cerita Teh Fidy, The Soleh Solihun Interview, Podcast Keren, Rompies Daddies, Podcast Subjective, dan Minggulibur Podcast. 

Demi mendukung komitmen untuk menghadirkan rumah konten audio terlengkap di Indonesia, Noice menyediakan fasilitas studio beserta tim produksi untuk mendukung kreator yang ingin berkreasi membuat konten original di Noice. 

Fasilitas itu rencananya tidak hanya tersedia di Jakarta tetapi juga di beberapa kota besar lainnya di Indonesia. Fasilitas itu memungkinkan para konten kreator untuk memproduksi konten menarik bercita rasa lokal khas Bandung. 

Konten kreator juga dapat memanfaatkan Noice Live sebagai fitur live audio terbaru dari Noice dalam membangun komunitas pendengar loyal mereka pada daerah masing-masing. 

Di Noice Live, kreator bisa berinteraksi langsung dengan pendengar melalui kolom komentar dan bahkan bisa diangkat sebagai pembicara dan mengobrol langsung dengan kreator favorit. 

Selain itu, para kreator juga akan didukung dari segi promosi oleh tim Marketing Noice, sehingga mereka bisa menjangkau basis pendengar yang lebih luas. 

"Dukungan bagi para konten kreator berupa fasilitas produksi, promosi hingga teknologi yang tersedia di platform Noice kami harapkan bisa memberi kemudahan bagi para kreator untuk mengembangkan bakat dan potensinya di industri konten audio serta membuka lapangan kerja baru sehingga memberikan dampak positif terhadap kemajuan ekonomi yang lebih luas. Kami dengan tangan terbuka siap berkolaborasi dan mendukung kreativitas para konten kreator lokal di Bandung," tutup Niken. (RO/OL-1)

Baca Juga

ANTARA/HO

Kincir Waktu 1, Novel Teranyar Akmal Nasery Basral

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:00 WIB
Kincir Waktu 1 menjadi novel ke-22 bagi Akmal Nasery...
ANTARA/Sony Pictures Animation

Trailer Perdana Spider-Man: Across the Spider-Verse Dirilis

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Desember 2021, 11:30 WIB
Cuplikan video itu ditutup dengan pengungkapan judul Spider-Man: Across the Spider-Verse, bersama dengan subtitle kejutan Part...
AFP/Amy Sussman/Getty Images

BTS akan Istirahat Panjang Selepas Tur di LA

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Desember 2021, 11:00 WIB
Istirahat panjang tersebut merupakan yang kedua kalinya bagi BTS, setelah yang pertama pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya