Jumat 16 Juli 2021, 19:56 WIB

Mau Jadi YouTuber Sukses? Simak Tipsnya

Fetry Wuryasti | Hiburan
Mau Jadi YouTuber Sukses? Simak Tipsnya

AFP
Ilustrasi situs berbagi video, YouTube, yang semakin banyak digunakan.

 

ERA digital yang serba instan membuat banyak orang tertarik beralih ke ranah eksistensi virtual, termausk membuat konten YouTube.

Selain bebas menentukan durasi dan tampilan di layar, YouTuber juga bisa menghasilkan uang. Tentu saja, jika penonton video dan yang berlangganan di channel Anda berlimpah.

Lalu, bagaimana rahasia menjadi YouTuber tenar dan berlimpah uang, seperti Raditya Dika atau Atta Halilintar. Berikut adalah tips dan triknya.

Pertama, tentukan satu konsep topik konten yang akan Anda tayangkan dan konsisten pada konsep Anda. Ini akan membuat prioritas konten menjadi jelas. Serta, membuat konten Anda diingat penonton

Topiknya bisa seputar kuliner, review dan cara memasak. Lalu, ada fashion, berupa tutorial, hingga review produk. Selain itu, dapat berupa gaya hidup, yakni cara menabung, tips menata rumah, dokumentasi perjalanan dan ulasan suatu tempat.

Baca juga: Deddy Corbuzier Youtuber Terkaya di Indonesia

Kemudian, tentukan tipe konten, edukasi, hiburan dan lainnya. Saat Anda memutuskan menjadi YouTuber, artinya Anda harus siap untuk bersaing dengan 31 juta akun YouTube lainnya. Tanpa memiliki ciri khas yang kuat, sulit untuk dikenal dan menjadi channel YouTuber yang besar.

Artinya, menentukan niche dan tipe konten spesifik saja belum cukup. Menemukan ciri khas Anda adalah langkah wajib dalam cara menjadi YouTuber. Ciri khas bisa berupa setting ruangan, atribut yang Anda pakai, gaya bahasa, dan lainnya.

Jangan lupa pasang target terukur. Katakanlah, tujuan Anda mendapatkan banyak subscriber. Tentukan targetnya berapa banyak orang dan dalam waktu berapa lama.

Jika target belum tercapai, Anda bisa mengukur apakah upaya Anda belum berhasil atau target Anda terlalu tinggi. Setelah itu, baru tentukan strategi lanjutan. Misalnya, mengadakan giveaway, berkolaborasi dengan YouTuber lain untuk mencapai target tersebut.

Dengan memiliki target, Anda jadi lebih disiplin dan lebih mudah dalam menyusun rencana ke depan. Salah satu kunci cara menjadi YouTuber sukses adalah membuat konten yang unik. Salah satu tipsnya, temukan keahlian Anda yang tidak dimiliki orang lain.

Baca juga: Asisten Rumah Tangga Indonesia di Hong Kong Jadi Youtuber Ternama

Lihat dulu materi YouTuber kompetitor akan membahas materi-materi yang sesuai dengan niche Anda. Dengan mencari referensi dari kompetitor, Anda akan mendapat ide-ide konten yang relevan dan bisa dikembangkan sendiri.

Gunakan platform semacam Social Blade untuk menemukan YouTuber kompetitor dengan mudah. Kemudian, pelajari konten menarik yang mereka miliki dan temukan ide untuk konten Anda yang lebih baik.

Ingat untuk selalu mengecek Google Trends bisa membantu Anda mengetahui topik yang diperbincangkan di YouTube. Tentu akan bisa menjadi sumber inspirasi dalam membuat konten. Anda bahkan bisa melakukan filter berdasarkan lokasi, waktu, hingga kategori sesuai niche Anda

Siapkan Peralatan yang Diperlukan

Peralatan adalah salah satu investasi utama menjadi YouTuber sukses. Pertama siapkan teleprompter layar untuk menampilkan skrip konten. Dengan alat ini, Anda tidak perlu menghafal seluruh isi skrip.

Supaya audio terdengar jernih, gunakanlah mikrofon eksternal. Tujuannya, untuk mengurangi noise yang biasanya masih ditangkap mikrofon bawaan.

Baca juga: Atta Halilintar Resmi akuisisi PSG Pati, Ini Nama Barunya

Pencahayaan yang bagus akan membuat gambar video Anda terlihat lebih jelas. Karena itu, Anda membutuhkan lighting yang sesuai dengan kebutuhan konten Anda.

Misalnya, beauty YouTuber membutuhkan ring lights untuk memperjelas detail riasan di wajah. Sementara travel YouTuber akan lebih cocok menggunakan LED on-camera lights supaya mudah dibawa ke mana-mana.

Selain cahaya, Anda membutuhkan kamera yang tepat supaya hasil gambar yang diambil memiliki resolusi yang bagus. Untuk YouTuber pemula, sangat disarankan untuk menggunakan kamera point-and-shoot. Sebab, lebih praktis, mudah dibawa dan harganya terjangkau.

Aplikasi video editing wajib digunakan oleh setiap YouTuber. Selain untuk menggabungkan hasil gambar, aplikasi video editing juga bisa memberi visual effect yang menarik. Terutama jika, hasil gambar berasal dari kamera ponsel yang sederhana.

Setelah eksekusi dilakukan dan video diedit, promosikan video Anda melalui media sosial. Sebab, pengguna media sosial di Indonesia cukup banyak. Bahkan, jumlah penggunanya mencapai 56% dari total populasi warga Indonesia.

Dengan social media marketing, Anda bisa memaksimalkan media sosial sebagai tempat promosi. Baik di Facebook, Twitter, Instagram, dan platform lainnya. Dengan strategi ini, pengikut Anda di media sosial berpeluang menjadi subscriber YouTube Anda.

Baca juga: Justin Bieber Terlibat Proyek Dokumenter Bersama YouTube

YouTube juga membutuhkan SEO untuk dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang berkualitas. Dengan upaya SEO tersebut, konten Anda akan lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Riset keyword akan membuat Anda mengetahui apa yang sedang disukai viewer. Sehingga, kita bisa menjadikan keyword tersebut sebagai ide konten. Bahkan, bukan mustahil konten Anda mampu meraih peringkat teratas dalam hasil pencarian YouTube karena relevan dengan kebutuhan viewer.

Optimasikan metadata. Metadata yaitu informasi tentang video yang digunakan oleh algoritma YouTube untuk menentukan kategori video. Singkatnya, dari metadata inilah YouTube memberikan rekomendasi ke viewers video yang sesuai dengan topik yang sering dilihat.

Dengan demikian, optimasi metadata yang tepat secara SEO akan membantu peringkat di halaman pencarian YouTube atau Search Engine Result Page (SERP) Google.

Untuk menguji apakah performa SEO YouTube Anda sudah baik, cobalah ketikkan kata kunci yang Anda targetkan. Kemudian, periksa apakah video Anda muncul pada list teratas. Jika belum, maka saatnya untuk melakukan strategi SEO YouTube yang optimal.(OL-11)

 

Baca Juga

AFP/Alberto Pizzoli.

Tom Cruise Perankan Iron Man di Film Doctor Strange 2?

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 19:35 WIB
Yang pasti, kita akan tahu aktor itu muncul sebagai versi varian dari Tony Stark/Iron Man ketika Doctor Strange in the Multiverse of...
DOK Pribadi.

Influencer Galileo Rahan Diskusi Bersama Keluarga Cari Tempat Makan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 19:10 WIB
Seorang influencer Galileo Rahan yang dikenal dengan konten parenting dan keluarga berbagi cerita tetang ritual debat keluarga kecilnya...
ANTARA

Ridwan Kamil Bangga dengan Film "Before, Now &Then"

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 14:45 WIB
Capaian itu dikatakan Ridwan perlu diapresiasi terlebih Pemprov Jabar turut memberikan dukungan dalam produksi film...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya