Rabu 07 Juli 2021, 15:06 WIB

Dilip Kumar Meninggal, Narendra Modi sampai Akshay Kumar Berduka

Mediaindonesia.com | Hiburan
Dilip Kumar Meninggal, Narendra Modi sampai Akshay Kumar Berduka

AFP/Punit Paranjpe.
Aktor Bollywood Shah Rukh Khan (tengah) tiba untuk memberikan penghormatan di kediaman mendiang aktor Bollywood Dilip Kumar.

 

BERITA meninggalnya Dilip Kumar diumumkan di Twitter oleh teman keluarga, Faisal Farooqui. Ia menulisnya dengan berat hati dan duka yang mendalam. Sejumlah tokoh menyampaikan ucapan belasungkawa.

Perdana Menteri Narendra Modi menyebut Kumar sebagai legenda sinematik. "Dia diberkati dengan kecemerlangan yang tak tertandingi. Kepergiannya menjadi kehilangan bagi dunia budaya kita," cuit Modi.

Superstar Bollywood Akshay Kumar juga menyampaikan dukacita. "Bagi dunia, banyak orang lain yang mungkin menjadi pahlawan. Bagi kami para aktor, dialah pahlawan."

Ajay Devgan turut men-tweet bahwa Kumar merupakan lembaga, aktor abadi, hati sedih. Sutradara Hansal Mehta menyebutnya, "Yang terhebat."

Setelah serangkaian film yang diterima dengan buruk, Kumar mengambil peran yang lebih aktif dalam politik pada 1998 dan bekerja untuk mengakhiri perseteruan antara India dan Pakistan. Pada tahun yang sama dia menerima penghargaan sipil tertinggi di Pakistan sehingga membuat marah nasionalis Hindu.

Dua tahun kemudian ia menjadi anggota parlemen untuk partai Kongres yang saat itu merupakan oposisi. Rumah leluhur Kumar dan aktor-aktor lain di Peshawar terbengkalai  puluhan tahun. Upaya untuk memulihkan rumah bersejarah itu muncul bersamaan dengan kehadiran militansi Islam.

Tidak seperti banyak aktor yang muncul dalam ratusan film, Kumar yang serbabisa dengan hati-hati memilih peran yang menurut standar India hanya meningkatkan statusnya di industri yang sangat kompetitif. Pada 2006 ia menerima penghargaan pencapaian seumur hidup di Penghargaan Film Nasional India sebagai pengakuan atas kontribusinya pada sinema India.

Meski demikian, dia mengaku masih bingung dengan keberhasilannya. "Sejujurnya, saya masih harus mencari tahu bagaimana seorang pemuda pemalu bernama Yusuf Khan menjadi aktor Dilip Kumar," katanya kepada The Hindustan Times dalam wawancara untuk menandai ulang tahunnya yang ke-85.

 

Kumar, yang telah berjuang dengan kesehatan yang buruk dalam beberapa tahun terakhir, menikahi aktris Saira Banu pada 1966. Saat itu sang istri berusia 22 tahun lebih muda darinya. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP

Johnny Depp Sangkal Tuduhan Amber Heard dengan Sebutan Sangat Brutal dan Kejam

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 13:55 WIB
Aktor Johnny Depp kembali ke bangku saksi, Rabu (25/4), untuk menyangkal testimoni mantan istrinya, Amber Heard, dalam kasus...
Instagram @gita_bhebhita

Gita Bhebhita Sebut Kehidupan Pribadinya Mirip dengan Ngeri Ngeri Sedap

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 Mei 2022, 13:30 WIB
Di film Ngeri Ngeri Sedap, Gita berperan sebagai Sarma, satu-satunya anak perempuan dalam keluarga Pak Domu yang bersuku Batak. Sarma...
Instagram @bene_dion

Bene Dion Angkat Keresahan Anak Batak Lewat Film

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 Mei 2022, 13:15 WIB
Ngeri Ngeri Sedap mengangkat dinamika orangtua dan empat anak dalam keluarga Batak dengan permasalahan dan sudut pandang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya