Headline
Mantan finalis Idola Cilik dan kreator konten juga memilih menikah di KUA.
Mantan finalis Idola Cilik dan kreator konten juga memilih menikah di KUA.
Ketegangan antara Thailand dan Kamboja meningkat drastis sejak insiden perbatasan
Di era digital saat ini, penggunaan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan telah menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan. Salah satu transformasi terbesar terjadi dalam cara kita melakukan transaksi keuangan. Penggunaan digital payment atau pembayaran digital semakin marak dan telah menjadi solusi yang efisien dalam meningkatkan kelancaran transaksi, baik untuk konsumen maupun pelaku bisnis.
Digital payment adalah metode pembayaran yang dilakukan melalui platform elektronik, tanpa perlu menggunakan uang tunai atau cek. Transaksi dilakukan melalui aplikasi perbankan, dompet digital, atau transfer antarbank. Beberapa contoh platform digital payment yang populer di Indonesia antara lain GoPay, OVO, Dana, dan ShopeePay. Perkembangan ini tidak hanya memudahkan konsumen, tetapi juga mendorong inovasi dalam sistem pembayaran yang lebih aman dan cepat.
Salah satu alasan utama meningkatnya adopsi digital payment adalah efisiensinya. Pengguna hanya perlu beberapa klik untuk menyelesaikan transaksi, mengurangi ketergantungan pada uang tunai dan mempercepat proses pembayaran. Digital payment juga memberikan fleksibilitas, karena transaksi dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, tanpa terbatas oleh jam operasional bank atau toko fisik.
Baca juga : Implementasi Seamless Transaction harus Dibarengi dengan Perlindungan Konsumen
Selain itu, digital payment menawarkan keamanan yang lebih baik dengan berbagai fitur seperti verifikasi dua langkah dan enkripsi data. Dalam era yang serba cepat ini, keamanan menjadi prioritas utama dalam bertransaksi. Konsumen merasa lebih aman karena transaksi mereka terlindungi dan dapat dilacak dengan mudah.
Penerapan digital payment juga membawa dampak positif bagi pelaku bisnis. Dengan adopsi sistem pembayaran digital, proses transaksi menjadi lebih efisien, mengurangi risiko kesalahan manusia, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Bisnis dapat dengan mudah memantau aliran kas secara real-time, mempercepat proses rekonsiliasi, dan bahkan meraih peluang baru dengan menawarkan layanan yang lebih luas, seperti pembayaran berbasis langganan atau sistem kredit mikro.
Derasnya inovasi menciptakan sistem pembayaran yang semakin kompleks dan seamless membutuhkan mitigasi risiko yang lebih kuat. Arah transformasi ini juga harus terstruktur, konsolidatif dan berdaya tahan sehingga menjamin fungsi bank sentral dalam proses pengedaran uang, kebijakan moneter, dan stabilitas sistem keuangan.
Baca juga : Membangun Masa Depan Keuangan Digital Indonesia yang Aman dan Inklusif
Digital payment telah membuktikan diri sebagai solusi yang mampu meningkatkan kelancaran transaksi di berbagai sektor. Dengan terus berkembangnya teknologi, diharapkan digital payment tidak hanya memudahkan konsumen dan pelaku bisnis, tetapi juga mendorong inklusi keuangan dan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik. Untuk mencapai itu, tantangan yang ada perlu diatasi dengan kolaborasi semua pihak agar sistem pembayaran digital dapat diadopsi secara menyeluruh dan merata di seluruh Indonesia.
Pengantar:
Media Indonesia mulai Senin, 9 hingga 20 September 2024 menampilkan 10 karya terbaik peserta Generasi Baru Indonesia atau biasa disebut GenBI. GenBI merupakan program beasiswa dari Bank Indonesia untuk para mahasiswa terpilih. (Z-11)
Bank Indonesia mengungkapkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juni 2025 tercatat sebesar US$152,6 miliar atau senilai Rp2.477 triliun.
Sejak awal tahun hingga 3 Juli 2025, modal asing keluar bersih di pasar saham dan SRBI masing-masing sebesar Rp52,95 triliun dan Rp34,72 triliun.
Sistem pembayaran digital QRIS Tap ditargetkan mendukung percepatan digitalisasi pembayaran di Sulawesi Selatan
BANK Indonesia memperkirakan Federal Reserve (The Fed) akan melonggarkan kebijakan moneternya secara bertahap dalam dua tahun mendatang.
nilai tukar rupiah ditutup menguat ke level (bid) Rp16.390 per dolar AS Kamis (19/6), meskipun demikian imbal hasil (yield) Surat Berharga Negara dengan tenor 10 tahun naik
Apindo merespons Keputusan Bank Indonesia (BI) untuk menahan suku bunga acuan di level 5,50%, tingginya suku bunga disebut menjadi penghambat lapangan kerja
Rumah Pendidikan menyediakan layanan spesifik bagi berbagai pemangku kepentingan pendidikan, mulai dari Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan, Ruang Murid, Ruang Bahasa, hingga Ruang Sekolah.
Penetrasi asuransi masih rendah di kisaran 1,4%-2,7%. Kesenjangan perlindungan tetap menjadi tantangan besar, terutama di daerah perdesaan dan terpencil.
Transcosmos Indonesia (TCID), penyedia layanan omni channel contact center dan digital marketing, merayakan 12 tahun kiprahnya di Indonesia.
ADA sejumlah tantangan digitalisasi yang dihadapi oleh dewan kemakmuran masjid (DKM), seperti belum optimalnya pemanfaatan website dan terbatasnya literasi digital pengurus DKM.
DI tengah dunia yang semakin sibuk dan bising, kemampuan untuk mendengarkan menjadi keterampilan yang makin langka dan sering kali diabaikan.
Langkah ini merupakan strategi Aleph untuk memperkokoh posisi sebagai pemimpin transformasi digital yang menghubungkan pasar global dengan kawasan Asia Pasifik.
Copyright @ 2025 Media Group - mediaindonesia. All Rights Reserved