Senin 31 Oktober 2022, 07:51 WIB

Wapres Minta Seluruh Pemda Dukung BPJS Ketenagakerjaan Sukseskan Gernas Perlindungan Pekerja Rentan

mediaindonesia.com | Ekonomi
Wapres Minta Seluruh Pemda Dukung BPJS Ketenagakerjaan Sukseskan Gernas Perlindungan Pekerja Rentan

Ist
Wakil Presiden Ma’ruf Amin mencanangkan Gerakan Nasional Perlindungan Pekerja Rentan.

 

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin mencanangkan Gerakan Nasional Perlindungan Pekerja Rentan. Seluruh pemangku kepentingan diminta untuk aktif menyukseskan gerakan ini agar dapat memberikan manfaat bagi perlindungan pekerja rentan secara nasional. 

“Tentunya pelaksanaan perlindungan pekerjaan rentan di setiap daerah tidak bisa dilakukan sendiri oleh BPJS Ketenagakerjaan, kerja sama para pemangku kepentingan sangat dibutuhkan. Saya minta seluruh pemangku kepentingan berpartisipasi aktif dalam pe­nguatan program jaminan sosial ketenagakerjaan,” tegas Ma’ruf. Melalui gerakan ini, wapres harap pemerintah daerah (pemda) dan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) bersinergi memperluas cakupan kepesertaan.

Hal ini selaras dengan Inpres Nomor 04 Tahun 2022 di mana seluruh Pemimpin Daerah dituntut untuk melakukan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, salah satunya dengan pengurangan beban masyarakat melalui bantuan sosial dan jaminan sosial. 

Pencanangan dilakukan di Istana Wapres dan dihadiri oleh para pemimpin daerah dan pemilik badan usaha yang turut menjadi nominasi Paritrana Award tahun 2021.

Paritrana Award merupakan sebuah ajang penghargaan yang menjadi bukti kepedulian dan kehadiran Negara memastikan kesejahteraan seluruh pekerja Indonesia.
Pemenang 

Paritrana Award yang digelar sejak 2017 tersebut kembali digelar Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama BPJAMSOSTEK yang didukung Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Dalam Negeri. Di tahun kelima penyelenggaraannya, partisipan kian antusias dan inovasi makin beragam.

Proses penilaian Paritrana Award telah dilakukan sejak awal 2022 dengan melibatkan tim penilai yang profesional dan berasal dari berbagai unsur, di antaranya pemerintah, pemberi kerja, serikat pekerja, akademisi serta para ahli di bidang jaminan sosial, ekonomi dan kebijakan publik. Indikator penilaian bagi Pemerintah Daerah meliputi dukungan regulasi, implementasi, cakup­an kepesertaan dan hasil dari wawancara.

Selanjutnya bagi pelaku usaha, aspek yang dinilai meliputi kepatuhan, komitmen digitalisasi, kepedulian jaminan sosial sertai wawancara. 

Berdasarkan keputusan tim penilai, Provinsi Jawa Barat menjadi juara pada kategori Pemerintah Provinsi diikuti Papua Barat dan Provinsi DKI Jakarta. Sedangkan pada kategori Pemerintah Kabupaten/Kota, juara diraih Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, diikuti Pemkab Jember, dan Pemkot Manado.

Untuk kategori Badan Usaha Skala Besar posisi pertama ditempati oleh Bank Jabar-Banten, disusul Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Timur, dan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. Selanjutnya di kategori Badan Usaha Skala Menengah, RSAB Aisyiyah Bojonegoro terpilih sebagai juara, diikuti Perumda BPR Bank Yogya dan Peng­rajin Perak PT Kapit Mas Bali.

Sementara pada kategori Usaha Kecil Mikro (UKM) posisi pertama diberikan ­kepada Toko Roti Bun Delicious, selanjutnya Toko Oleh-Oleh Indang Apang Gallery, dan Es Cendol Elizabeth, serta dipilih juga 31 UKM lainnya yang mewakili tiap-tiap provinsi di Tanah Air.

Penghargaan khusus bagi pemprov serta Badan Usaha Skala Besar dengan coverage kepesertaan dan tingkat kepatuhan tertinggi serta punya inovasi perlindungan pekerja rentan yang berkelanjutan di­serahkan langsung oleh wapres kepada Pemprov Sulawesi Utara dan PT Bank Pembangunan Daerah Bali.

Seraya menutup sambutannya, Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo memberikan apresiasi kepada seluruh peserta Paritrana Award tahun 2021 dan berharap penghargaan ini dapat terus berlanjut.

“Kami mengucapkan selamat kepada para pemenang. Semoga segala upaya kita menjadi ikhitiar yang baik untuk mewujudkan kesejah­teraan seluruh pekerja di Indonesia, khususnya melalui perlindungan pekerja rentan yang tadi sudah dicanang­kan oleh Bapak wapres,” tutup Anggoro. (RO/OL-10)

Baca Juga

Dok. PT Pos Indonesia

PT Pos Indonesia dan Bank Sinarmas Syariah Teken Nota Kesepahaman Penyediaan KUR

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 16:25 WIB
“Alhamdulillah, hari ini kita melakukan penandatanganan MoU antara PT Pos Indonesia dengan Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah. Ini...
Antara

Jokowi Pastikan RI Siap Banding di WTO Soal Ekspor Nikel

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 02 Desember 2022, 16:25 WIB
Presiden Jokowi kembali menegaskan bahwa Indonesia berhenti melakukan ekspor bijih nikel ke Uni Eropa, demi membangun ekosistem hilirisasi...
Ist

Pameran Produk Kebutuhan Ibu dan Anak, IMBEX 2022 Resmi Dibuka

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 16:03 WIB
IMBEX 2022 diikuti lebih dari 240 perusahaan dan menampilkan 500 merek terkenal produk dan jasa ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan anak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya