Kamis 27 Oktober 2022, 19:54 WIB

Lakukan Grebek Pasar,  Kontribusi BTN Dukung Agenda G20

Gana Buana | Ekonomi
Lakukan Grebek Pasar,  Kontribusi BTN Dukung Agenda G20

MI/Agung Sastro
Jajaran direksi BTN usai public expose kinerja BTN kuartal III 2022

 

INKLUSI keuangan merupakan salah satu agenda prioritas jaluir keuangan yang diusung oleh Indonesia dalam Presidensi G20 Indonesia 2022.

PT Bank Tabungan Negara (BTN) TBK turut mengambil peranan guna mensukseskan agenda G20 dengan menggelar program Grebek Pasar Tradisional.  Program ini merupakan upaya Bank BTN melakukan penetrasi terhadap masyarakat unbanked dan under-banked.

Seperti diketahui, Bank Dunia belum lama ini menyebut ada sekitar 95 juta penduduk Indonesia yang tidak memiliki rekening di institusi keuangan atau unbanked.  Hanya sekitar 49% dari penduduk dewasa dan 37% dari penduduk termiskin yang memiliki rekening di lembaga keuangan. Tingginya angka unbanked ini membuat Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk meningkatkan inklusi keuangan

Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo mengatakan bahwa salah satu cara meningkatkan inklusi keuangan adalah dengan membuat mereka masuk dalam sistem perbankan. 

Pihaknya menggandeng Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) untuk membuat para pedagang pasar itu melek keuangan.  Adapun jumlah pedagang pasar di Indonesia cukup besar yakni mencapai 17 juta pedagang. 

"Jumlah pedagang pasar itu cukup besar. Mereka ini kita edukasi tentang keuangan. Kita lakukan Grebek Pasar Tradisional.  Jadi ini salah satu kontribusi kita dalam agenda G20," ujar Haru.

Direktur Consumer Bank BTN Hirwandi Gafar menyampaikan,  sasaran inklusi keuangan ini adalah masyarakat, yang memiliki fix income maupun non-fixed income. Adapun edukasi yang diberikan meliputi mengatur financial dan pinjam meminjam.

“Jangan sampai mereka terkena pinjol. Sebab mereka tidak paham pinjol (pinjaman online) itu apa. Program ini telah berjalan di beberapa kota seperti Palembang, Cirebon, Makasar, Banjarmasin dan akan dilanjutkan ke beberapa kota lainnya,” kata dia. (E-1)

Baca Juga

Antara/Muhammad Adimaja

Dana Menumpuk Akibat Serapan Seret, Kemenkeu : Timbulkan Opportunity Lost

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 01 Desember 2022, 00:21 WIB
Pemda diharapkan segera melaksanakan kontrak dan mempercepat proses pengadaan barang dan jasa setelah perubahan...
Dok.Ist

Jasa Interior Ini Banjir Pesanan Sejak  Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 23:30 WIB
Hal lain yang membuat CG Interior lebih unggul adalah manufaktur dari mebel dan perabotan yang dilakukan sendiri di pabrik...
Ist

Ahli Waris Pegawai Lion Group Dapat Santunan JKK Sebesar Rp 448 Juta

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 23:11 WIB
Santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) BPJS Ketenagakerjaaan diterima ahli waris dari karyawan Lion Group yakni istrinya Megawati...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya