Selasa 27 September 2022, 12:42 WIB

PUPR Benahi Kawasan Kumuh di Kedaung Tangerang Dengan Dana Rp11 M

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
PUPR Benahi Kawasan Kumuh di Kedaung Tangerang Dengan Dana Rp11 M

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI.
Ilustrasi - Proyek Penataan Kawasan Kumuh Perkotaan di Kawasan Kedaung di Kota Tangerang, Banten.

 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya melakukan penataan kawasan kumuh perkotaan di Kedaung, Kota Tangerang, Banten, melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Penataan Kawasan Kedaung dilakukan sejak Juli 2022 dan ditargetkan selesai pada Desember 2022. Pekerjaan dilakukan oleh PT Andica Parsaktian Abadi sebagai kontraktor pelaksana dan TMC-3 sebagai Konsultan MK dengan biaya sebesar Rp11,17 miliar. “Program KOTAKU merupakan wujud kolaborasi antara Kementerian PUPR dan Pemda dalam memberdayakan warga setempat sebagai pelaku pembangunan,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya, Selasa (27/9).

Kawasan Kedaung terdiri dari dua kelurahan di Kecamatan Neglasari yakni Kedaung Baru dan Kedaung dengan luas kumuh 22,6 hektare (ha) dan luas penanganan kawasan 89 ha.

Permasalahan utama permukiman kumuh Kawasan Kedaung adalah ketidakteraturan bangunan, tidak terpeliharanya dan rusaknya konstruksi drainase, belum ada sistem pengelolaan sampah yang baik, kondisi sistem sanitasi belum sesuai standar teknis, beberapa kondisi jalan lingkungan.

Adapun lingkup pekerjaannya meliputi peningkatan kualitas jalan (jalan beton dan jalan paving), peningkatan kualitas saluran drainase (U-Ditch, box culvert, sumur resapan), penataan gerbang masuk tematik (tematik betawi dan tematik pecinan), serta penyediaan ruang terbuka hijau (RTH) melalui penanaman pohon. (OL-12)

Baca Juga

Antara

Jaga Pasokan Gas Pembangkit, PLN Gandeng Empat Pemasok

👤Insi Nantika Jeluta 🕔Selasa 29 November 2022, 23:27 WIB
Empat perusahaan pemasok gas itu adalah PT Medco E&P Indonesia, PT Medco E&P Tarakan, Husky CNOOC Madura Ltd dan INPEX...
Ist

Usung Konsep Baru, Akemi Kembali Bidik Pasar Indonesia

👤mediaindonesia.co, 🕔Selasa 29 November 2022, 23:11 WIB
Berdasarkan laporan dari The Nielsen Company pada tahun 2021, Akemi tetap menjadi merek perlengkapan tidur paling dikenal nomor 1 di...
Antara/Fikri Yusuf

Pemerintah Siapkan Aturan Kurangi Emisi Karbon untuk Optimalkan Produksi Migas Nasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 22:22 WIB
Penerapan CCS maupun CCUS nanti juga bisa berkembang ke carbon trading yang akan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya