Selasa 20 September 2022, 15:29 WIB

Pegadaian Ingatkan Masyarakat tidak Mudah Tertipu Rekrutmen Palsu

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Pegadaian Ingatkan Masyarakat tidak Mudah Tertipu Rekrutmen Palsu

Antara
Seorang nasabah berjalan keluar seusai melakukan transaksi di kantor Pegadaian.

 

PT Pegadaian (Persero) mengimbau masyarakat agar cermat dan teliti terhadap informasi rekrutmen atau penerimaan pegawai, yang mengatasnamakan direksi atau pejabat perusahaan.

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Pegadaian Basuki Tri Andayani mengatakan bahwa modus penipuan rekrutmen karyawan dilakukan dengan berbagai cara. 

Tidak hanya melalui sms dan aplikasi berbagi pesan, seperti WhatsApp maupun Telegram, namun juga modus penipuan berkedok undangan penerimaan karyawan, juga biasanya dikirimkan ke calon korban melalui email. Dalam hal ini, menyatakan bahwa yang bersangkutan diterima sebagai karyawan Pegadaian.

Baca juga: Kedok Hadiah Jadi Modus Penipuan Digital Tertinggi

“Biasanya, calon korban akan diminta datang ke kantor Pegadaian dengan menggunakan jasa tour dan travel. Seolah, pelaku membantu menyediakan transportasi dan akomodasi bagi para calon korban agar bisa mengikuti proses rekrutmen,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa (20/9).

Lebih lanjut, Basuki menjelaskan setelah calon korban berhasil dijaring, pelaku akan meminta transfer dengan alasan untuk biaya pengganti transport dan akomodasi tersebut.

“Dalam setiap rekrutmen karyawan yang dilakukan Pegadaian, sama sekali tidak memungut biaya. Pegadaian juga tidak pernah bekerjasama dengan pengelola jasa tour dan travel untuk proses rekrutmen,” imbuhnya.

Baca juga: Pegadaian Ajak Generasi Muda Berinvestasi dengan Menabung Emas

Bagi masyarakat yang mendapatkan informasi atau pesan tersebut, diharapkan segera melakukan konfirmasi ke kantor Pegadaian terdekat, atau menghubungi 1500 569 . Namun jika terlanjur menjadi korban penipuan, agar melapor ke pihak yang berwajib.

Adapun rekrutmen karyawan Pegadaian dilakukan melalui program Management Development Program secara terbuka untuk masyarakat luas. Sedangkan untuk rekrutmen internal, dilakukan dengan program Staff Development Program. 

Informasi tentang rekrutmen karyawan selalu disampaikan melalui media resmi perusahaan. Seperti, website pegadaian.co.id, linkedin PT Pegadaian atau akun media sosial Facebook: pegadaian, Instagram: pegadaian_id, atau Twitter: @pegadaian.(OL-11)
 

Baca Juga

Antara

Bank Mandiri belum Berencana Naikkan Suku Bunga Kredit

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 28 September 2022, 16:35 WIB
Pasalnya, kinerja perseroan sejauh ini, termasuk aspek profitabilitas, masih tergolong positif. Kendati demikian, Bank Mandiri tetap...
AFP

Kebijakan Moneter The Fed Kian Ketat, Perdagangan Aset Kripto Lesu

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 28 September 2022, 16:06 WIB
Pergerakan aset kripto terlihat terpengaruh oleh market saham AS yang berkinerja buruk. Hal itu mengindikasikan investor sedang menghindari...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Erick Thohir: Pendapatan BUMN Tahun Lalu Capai Rp2.292,5 Triliun

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 28 September 2022, 15:53 WIB
Erick Thohir mengatakan peningkatan tersebut berkat transformasi dan restrukturisasi yang telah dilakukan Kementerian BUMN terhadap seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya