Selasa 06 September 2022, 18:35 WIB

Wapres Buka Sidang Pleno XIX AFEBI dan Halal Indonesia Summit 2022 di Palembang

Emir Chairullah | Ekonomi
Wapres Buka Sidang Pleno XIX AFEBI dan Halal Indonesia Summit 2022 di Palembang

Emir Chairullah
Wapres Ma'ruf Amin saat meninjau Mall Pelayanan Publik di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

 

Wakil Presiden Ma’ruf Amin bertolak ke Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) untuk meresmikan pembukaan Sidang Pleno XIX Asosiasi Fakultas Bisnis dan Ekonomi (AFEBI) dan Halal Summit 2022, Selasa. Dalam kunker ini, Wapres beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin dan rombongan menggunakan Pesawat Kepresidenan Boeing 737- 400 TNI AU yang akan lepas landas dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta, menuju Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang pada pukul 13.00 WIB.

Setelah menempuh penerbangan  kurang lebih satu jam, Wapres tiba pada pukul 14.00 WIB dan disambut oleh Gubernur Sumsel Herman Deru, dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Sumsel. Dengan berkendara mobil, Wapres didampingi Gubernur Sumsel beserta rombongan menuju Mal Pelayanan Publik (MPP) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang untuk melakukan peninjauan sekaligus memberikan bantuan kepada warga sekitar.

Sejauh ini, Jumlah MPP yang telah diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sejak 2017 hingga 1 September 2022 sebanyak 67 MPP. MPP Kota Palembang menjadi satu-satunya MPP di Provinsi Sumsel. MPP tersebut diresmikan pada 27 November 2020 dengan menyediakan 373 jenis layanan dari 28 instansi. Di kantor yang berlokasi di Jl. Gubernur H. A. Bastari, 25 Ulu, Jakabaring tersebut, Wapres melihat langsung bagaimana alur pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Terkait prestasi yang telah diraih Pemprov Sumsel di sektor pelayanan publik adalah penghargaan sebagai penyedia pelayanan publik dari KemenPANRB pada 2020 karena DPMPTSP Kota Palembang telah berhasil memenuhi kriteria pelayanan seluruh indikator yang harus dimiliki unit pelayanan publik. Sementara pada 2021 MPP Kota Palembang kembali meraih penghargaan, karena pencapaian hasil optimalisasi Kantor Pelayanan Samsat Unit Pelayanan Teknis Badan (UPTB) Palembang 1.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres juga menyerahkan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) kepada warga. Dalam penyerahan bantuan ini, Wapres didampingi oleh Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Pepen Nazarudin dan Deputi Direktur Wilayah Sumbagsel BPJS Ketenagakerjaan Eko Purnomo.

Adapun bantuan yang diberikan dari Kemensos berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM), Program Keluarga Harapan (PKH), Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) berupa kursi roda eletktrik, wirausaha, serta santunan yatim piatu. Sementara bantuan dari BPJSTK berupa  Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan beasiswa.

Sementara peresmian pembukaan Sidang Pleno XIX Asosiasi Fakultas Bisnis dan Ekonomi (AFEBI) dan Halal Summit 2022 dilakukan keesokan harinya. Selepas acara tersebut, Wapres direncanakan menuju Kantor Bank Sumsel Babel untuk menyaksikan Pengukuhan Pengurus Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) dan Pengurus Wilayah Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Sumsel. Dalam kesempatan ini, Wapres juga akan meresmikan Launching Layanan ZISWAF Mobile Banking dan Smart Booth Masjid. (P-3)

Baca Juga

Antara

PLN Gandeng Jepang dan Tiongkok Kembangkan Teknologi Rendah Karbon

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 26 September 2022, 23:18 WIB
PT PLN (Persero) menggandeng Jepang dan Tiongkok untuk mendorong potensi energi baru terbarukan...
Ist

HUT ke-23, Erha Gelar Pameran dan Diskon Serentak di 11 Lokasi

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 23:08 WIB
Inovasi teknologi perawatan kulit yang ditawarkan Erha Ultimate sudah semakin maju bersamaan dengan kebutuhan konsumen yang...
Antara

PLN Pasok Listrik ke Pulau yang Berbatasan dengan Australia

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 26 September 2022, 22:41 WIB
PT PLN (Persero) menghadirkan listrik di Desa Mbueain, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Pulau Rote, Nusa Tenggara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya