Jumat 22 Juli 2022, 10:25 WIB

Sandiaga Ajukan Kawasan Danau Toba Menjadi KEK

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Sandiaga Ajukan Kawasan Danau Toba Menjadi KEK

MI/Apul Sianturi
Kawasan Destinasi Super Prioritas Danau Toba, Sumatera Utara, diusulkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajukan Kawasan Destinasi Super Prioritas Danau Toba, Sumatera Utara, menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Hal ini disampaikan usai menghadiri rapat pengembangan DSP Danau Toba dengan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi serta pemerintah daerah di sekitar kawasan Danau Toba di Institut Teknologi Del, Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Rabu (20/7).

"Salah satu yang akan kami finalkan adalah konversi Badan Otorita (Danau Toba) menjadi KEK," tuturnya dalam keterangan resmi yang dikutip Jumat, (22/7).

Menparekraf mengatakan dokumen pengajuan KEK ini akan segera diajukan ke Dewan Nasional KEK. Dengan harapan hal ini bisa mempercepat pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Danau Toba.

Serta, sambungnya, bisa memberikan peluang besar bagi para pemodal untuk membuka lapangan usaha kerja yang luas di daerah tersebut.

"Harapannya ini akan membawa kesejahteraan masyarakat dan peningkatan mata pencaharian yang stabil pascapandemi," ungkapnya.

Selain itu, Sandiaga juga meminta perguruan tinggi, yakni Institut Teknologi Del (IT DEL) untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang bisa menunjang pengembangan sektor parekraf di Danau Toba agar semakin maju.

"Pariwisata dan ekonomi kreatif ini menciptakan enam kali lipat lebih banyak menghasilkan lapangan pekerjaan oleh karena itu SDM di sini harus betul-betul bisa berkontribusi," sebutnya. (OL-13)

Baca Juga: Pengelola KEK Tanjung Kelayang Mengaku Kesulitan Mencari ...

Baca Juga

Antara

PLN Bisa Hemat Rp10 M dari Pembelian Listrik PLTM Pantan Cuaca Aceh

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:49 WIB
PLTM Pantan Cuaca berlokasi di Kabupaten Gayo Lues berkapasitas 4,5 MW dengan nilai investasi sebesar Rp 160...
Dok. BEBS

Jalin MoU Dengan WIKA, BEBS Akan Lakukan Pembangunan Infrastruktur di Azerbaijan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:32 WIB
Direktur Utama BEBS Hasan Muldhani mengungkapkan, rencana ekspansi usaha BEBS-WIKA tersebut dalam bentuk Kerja sama Operasi untuk...
ANTARA FOTO/DHemas Reviyanto

BUMN yang Sehat Beri Dampak Besar Bagi Negara dan Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:45 WIB
"Sejak awal, kita berkomitmen melakukan transformasi menyeluruh dengan memperbaiki proses dan fokus bisnis hingga penerapan budaya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya