Kamis 30 Juni 2022, 16:30 WIB

Bertemu Dubes Spanyol, Menhub Tawarkan Proyek di IKN Nusantara

mediaindonesia.com | Ekonomi
Bertemu Dubes Spanyol, Menhub Tawarkan Proyek di IKN Nusantara

Ist
Pertemuan Menhub Budi Karya Sumadi dan Duta Besar Kerajaan Spanyol untuk Indonesia Francisco de Asis Aguilera Aranda di Jakarta.

 

Dalam pertemuan itu turut hadir Muhammad Rapsel Ali, special advisor duta besar, Menhub juga didampingi Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri M.SC., DEA., dan sejumlah pejabat di lingkungan Kemenhub.

Kepada Menhub, Francisco de Asis Aguilera Aranda menawarkan bantuan beberapa proyek-proyek yang bisa dibangun di Indonesia khususnya terkait transportasi, proyek navigasi baik udara maupun laut, serta pembangunan rel kereta cepat.

Baca juga: Dubes untuk Distrik Finansial London Jajaki Peluang Investasi di IKN Nusantara

Khusus kereta cepat, Pemerintah Spanyol saat ini baru saja meluncurkan layanan moda transportasi baru yang terintegrasi dalam jaringan kereta api AVE mereka yang memiliki panjang lebih dari 4.000 km.

Layanan baru ini merupakan layanan kereta berkecepatan tinggi di atas 300 km/jam yang menghubungkan Kota Madrid dan Barcelona.

Spanyol juga merupakan mitra kerja sama dalam pembangunan kereta cepat Makkah Madinah. 

Francisco de Asis Aguilera maupun Menhub menganggap model kereta berkepatan tinggi seperti di Spanyol itu juga sangat cocok diterapkan di Indonesia. Begitu juga dengan proyek-proyek transportasi dan navigasi lainnya.

Budi Karya sendiri mengapresiasi tawaran dari Pemerintah Kerajaan Spanyol itu. Makanya, ia langsung menginstruksikan ke Dirjen terkait untuk segera mengirim infomemo mengenai proyek apa yang bisa dikerjasamakan dengan Spanyol.

“Ini akan kita tindaklanjuti dengan pertemuan intensif lainnya,” kata Menhub.

Pada kesempatan itu, Kemenhub menawarkan proyek di sejumlah daerah di wilayah Indonesia termasuk di antaranya beberapa pelabuhan yang dianggap butuh kerja sama dan investasi.

Secara khusus, Menhub juga menawarkan kepada Pemerintah Kerajaan Spanyol untuk berinvestasi dalam pembangunan di kawasan IKN Nusantara.

Menurut Budi, mereka saat ini masih membutuhkan kerja sama dengan pihak luar untuk pembangunan dan pengembangan kawasan ibu kota negara baru tersebut. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ist

CreaVid Competition untuk Mendukung Industri Kreatif di Tanah Air

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:29 WIB
Lewat kreasi generasi milenial ini, publik diharapkan bisa lebih paham tentang investasi keuangan, agar masyarakat tidak mudah terpedaya...
Dok. Pribadi

Karya Desainer dan Arsitek Indonesia Ikut Warnai Pembangunan Bangsa

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 20:47 WIB
Saat ini Karya Cipta para ahli Indonesia telah mencapai hasil desain yang cukup tinggi dan makin berkualitas dengan dukungan teknologi...
Antara

Erick Sebut Restrukturisasi Garuda Berjalan On The Track

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 20:31 WIB
Menteri BUMN juga meminta Garuda Indonesia untuk memperbaiki kinerja perseroan. Serta, meninggalkan pola lama tidak sehat, yang merugikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya