Minggu 29 Mei 2022, 10:12 WIB

Rekomendasi Cicilan Tanpa Jaminan yang Aman, Serta Tips Mengatur Keuangannya

mediaindonesia.com | Ekonomi
Rekomendasi Cicilan Tanpa Jaminan yang Aman, Serta Tips Mengatur Keuangannya

DOK KREDIVO

 

BAGI Anda yang sudah tidak awam dengan dunia per-cicilan, pasti Anda tahu apa itu cicilan tanpa jaminan. Biasanya cicilan tanpa jaminan terkenal dengan KTA dari Bank atau layanan kredit konvensional lainnya.

Namun, di era digital seperti sekarang, mendapatkan cicilan tanpa jaminan sudah mudah berkat fintech yang menyediakan jasa cicilan dan juga pinjaman tunai untuk berbagai kebutuhan, bagi orang-orang yang belum eligible mengajukan pinjaman ke bank.

Akan tetapi, sudah jadi rahasia umum kalau fintech cicilan tanpa jaminan banyak sekali yang ilegal dan menjerat. Terutama dari segi bunga dan penagihannya. Bak mati satu tumbuh seribu, selalu ada cara bagi fintech ilegal untuk mencari konsumen dan menawarkan 'layanannya'.

Oleh karena itu, berikut ada rekomendasi aplikasi cicilan tanpa jaminan yang aman, serta tips mengatur keuangan yang bijak ketika Anda mengambil cicilan.

Kredivo Bisa Menjadi Pilihan
Di antara banyaknya fintech yang menyediakan layanan cicilan tanpa jaminan, Kredivo menjadi salah satu fintech yang tepercaya. Kredivo sudah terdaftar serta diawasi oleh OJK sejak tahun 2018. 

Kredivo sangat aman digunakan, karena Kredivo tidak meminta izin untuk mengakses data-data kontak Anda. Hal ini bisa dilihat di bagian izin yang diminta aplikasi saat Anda mengunduh aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store.  

Hal ini sesuai dengan peraturan yang sudah diterapkan OJK dengan melarang fintech mengakses data kontak nasabah. Ini tentunya adalah salah satu poin plus dari Kredivo terkait keamanan.

Layanan yang Diberikan Kredivo
Kredivo memiliki layanan yang #Sefleksibelitu, mulai dari cicilan 0% untuk pembayaran dalam 30 hari, dan tenor 3 bulan, serta cicilan bunga rendah, hanya 2,6% untuk tenor 6 bulan dan 12 bulan.

Layanan di atas berlaku untuk cicilan yang dilakukan di ribuan merchant online, dan offline, mulai dari Tokopedia, JD.ID, Bukalapak, BliBli, Lazada, Erafone, Digimap, iBox, hingga IKEA.

Selain itu, Kredivo juga memiliki layanan pinjaman tunai, di mana Anda bisa mencairkan sejumlah limit yang Anda dapatkan. Tenang, bunganya juga ringan, mulai dari 2,6%, dengan tenor 3 bulan dan 6 bulan.

Semua layanan di atas bisa Anda nikmati dalam satu aplikasi, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Semua berlaku tanpa DP dan tanpa jaminan apa pun, termasuk untuk pinjaman tunainya. Ditambah, limit yang bisa didapat pengguna akun Premium Kredivo juga cukup besar, lho. Maksimal bisa s/d Rp30 juta. 

#Sefleksibelitu kan, Kredivo?

Atur Keuangan agar Cash Flow Aman 
Di tengah semua kemudahan dan tawaran dari Kredivo sebagai aplikasi cicilan tanpa jaminan, yang paling penting adalah tidak boleh lupa diri dan kemampuan bayar. Dalam artian, aplikasi cicilan tanpa jaminan ini hanyalah sebatas alat pembayaran, bukan uang jajan tambahan. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menggunakannya dengan bijak. Misalnya, sudah ambil 1 cicilan dengan tenor 12 bulan, maka sebaiknya hindari mengambil cicilan baru dalam waktu berdekatan. 

Atur keuangan Anda dengan baik dengan benar, dan ketahui kemampuan bayar Anda setiap bulan. Jika kemampuan bayar Anda hanya Rp500 ribu setiap bulannya, tetapi masih ada limit yang tersedia, jangan gunakan limit tersebut untuk kebutuhan konsumtif. Lebih baik digunakan untuk kebutuhan darurat saja. 

Yang kedua, selalu perhatikan jatuh tempo pembayaran di aplikasi Kredivo. Sama seperti layanan kredit lainnya, keterlambatan pembayaran akan berujung pada denda. Makin sering Anda telat bayar, akan makin banyak uang keluar. Belum lagi ditambah akun berpotensi diblokir dan skor kredit Anda jadi buruk. 

Selamat mencoba, ya.  (OL-10)

Baca Juga

Ist

Dalam Dua Hari, Vaksinasi PMK Tembus 58 ribu dosis

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 08:12 WIB
Direktur Jenderal Peternakan Nasrullah mengatakan pemerintah pusat terus melakukan koordinasi dengan daerah propinsi maupun kabupaten/kota...
Ist/Kementan

Mentan Tinjau Perkembangan Jagung Dua Tongkol di Kabupaten Gowa

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 08:03 WIB
Mentan SYL melihat langsung varietas jagung yang tadinya tumbuh satu tongkol kini menjadi dua...
dok.ist

Dukung UMKM Mataram, Sandiaga Sarankan Program 'Bedakan'

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 06:05 WIB
MENPAREKRAF Sandiaga Uno bersama Yayasan Indonesia Setara (YSI) yang berkolaborasi dengan PT Kokikit Akademi Indonesia dan Bhinneka...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya